Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluan

Hanya bisa menunggu?

Segala bentuk kesalahan sudah pasti butuh yang namanya permintaan maaf. Namun, gak semua orang mau meminta maaf duluan, bahkan lebih suka menunggu orang lain untuk mengajukan nya terlebih dahulu. 

Meski kesannya sangat tidak baik, hal ini bukan berarti tanpa ada alasan yang jelas, karena sedikitnya ada lima alasan mengapa kamu sendiri gak pernah mau meminta maaf duluan. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading ya. 

1. Kamu merasa bukan penyebab di balik terjadinya permasalahan tersebut

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluanilustrasi anak bertengkar (pexels.com/Victoria Borodinova)

Banyak dari kita yang merasa bahwa orang yang meminta maaf duluan harus orang yang pertama kali berbuat salah. Meski pada akhirnya kamu terlibat kesalahan, kamu sangat anti meminta maaf duluan. 

Meski begitu, meminta maaf sebenarnya tidak perlu melihat siapa yang salah terlebih dahulu. Kamu harus bisa memberi maaf dan juga meminta maaf secara bersamaan, itu akan membuat hidupmu jauh lebih baik. 

2. Punyak gengsi yang teramat sangat tinggi

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluanilustrasi orang gak mau minta maaf (pexels.com/Malcolm Garret)

Meminta maaf duluan seakan menjadi orang yang sangat rendah harga dirinya, walaupun faktanya tidak seperti itu. Jangan termakan dengan yang namanya gengsi, kamu akan kesulitan dalam meminta maaf. 

Kamu harus bisa menjadi orang yang pemaaf dan mulai meminta maaf duluan. Gak usah gengsi, itu bukan tindakan yang memalukan, apalagi sampai merendahkan harga diri. 

Baca Juga: 5 Situasi yang Memperbolehkanmu untuk Gak Minta Maaf pada Pasangan

3. Belum sepenuhnya memaafkan kesalahannya

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluanilustrasi orang meminta maaf (pexels.com/Alex Green)

Orang yang gak mau memaafkan kesalahan orang lain terlebih dahulu biasanya belum bisa memaafkan secara sepenuhnya, kamu ingin dia meminta maaf duluan demi menuntaskan segala ketidaksukaanmu. 

Pada akhirnya, kamu rela menunggu dia meminta maaf sekalipun akan sangat lama. Masih ada dendam terpendam, tentu sampai dia mau meminta maaf duluan. 

4. Tidak ingin menjadi orang yang paling merasa bersalah

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Permintaan maaf memang ditujukan sebagai bentuk mengakui kesalahan. Namun, meminta maaf duluan seakan membuat kamu yang paling bersalah dalam permasalahan tersebut. Pada akhirnya, kamu tidak pernah mau meminta maaf duluan, tentu karena tidak ingin menjadi orang yang paling merasa bersalah. 

5. Selalu ingin terlihat sempurna di mata orang lain

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Pernah Mau Meminta Maaf Duluanilustrasi dua wanita saling membelakangi (pexels.com/Liza Summer)

Menjadi orang yang memaafkan seakan membuatmu terlepas dari yang namanya kesalahan. Namun, hal tersebut sering dijadikan sebagai alasan buatmu untuk tidak meminta maaf duluan terhadap orang lain. 

Nyatanya, kamu selalu ingin terlihat sempurna tanpa melakukan banyak kesalahan. Makanya, anti sekali meminta maaf duluan, apalagi kamu ingin selalu dipandang baik oleh orang lain. 

 

Banyak alasan yang membuatmu enggan meminta maaf duluan, kita bisa paham akan hal itu. Namun, tidak ada salahnya untuk meminta maaf lebih awal, kamu harus bisa menurunkan rasa gengsi demi kebaikan bersama.

Baca Juga: 5 Keberanian yang Patut Diapresiasi darimu, Bukan Cuma Minta Maaf

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya