Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan Baru

#IDNTimesLife Buat yang sering pindahan, nih!

Pada dasarnya, gak semua orang bisa menetap di tempat yang sama secara terus menerus. Akan ada masa di mana mereka harus berpindah tempat karena berbagai macam faktor, entah itu karena pekerjaan maupun pendidikan.

Ketika semua ini terjadi pada dirimu, sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa membiasakan diri dengan lingkungan baru. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak merasa asing dengan tempat barumu

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan BaruPexels.com/Armin Rimoldi

Ketika kita menempati lingkungan yang baru, tentu kamu tidak akan terbiasa secara langsung dengan situasi dan kondisi yang ada. Butuh penyesuaian diri untuk bisa mendapatkan kenyamanan seperti semula.

Maka dari itu, kamu harus bisa membiasakan diri dengan lingkungan baru agar tidak terasa asing ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Meski tidak akan berjalan secara instan, penyesuaian tetap perlu dilakukan walaupun secara bertahap.

2. Lebih mudah berkomunikasi dengan orang sekitar

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan BaruPexels.com/Helena Lopes

Ketika kita menghampiri lingkungan baru, tentu akan ada orang baru juga di sekitarmu. Maka dari itu, butuh pembiasaan diri untuk bisa mendapatkan kenyamanan dalam berkomunikasi.

Perlu diingat bahwa komunikasi sangat penting dalam penyesuaian dengan orang baru, kedekatan bisa terjalin secara bertahap dengan mempertajam komunikasi yang baik. 

3. Tidak dianggap sebagai orang yang sombong

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan BaruPexels.com/PICHA Stock

Ketika menempati lingkungan yang baru, sudah sewajarnya jika kita mulai membiasakan diri dengan situasi dan kondisi yang ada. Tentu bukan tanpa alasan, pembiasaan ini bisa berdampak positif bagi hidupmu kedepannya.

Salah satu contoh kecilnya adalah tidak dianggap sombong oleh orang di sekitarmu, kamu harus bisa beradaptasi dengan orang sekitar untuk menjalin kedekatan sekaligus tidak menyombongkan diri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

4. Bisa dengan mudah saling membantu bersama lingkungan barumu

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan BaruPexels.com/mentatdgt

Tolong menolong sudah menjadi kewajiban setiap manusia, tidak terkecuali dengan orang baru di sekitarmu. Ketika berhadapan dengan lingkungan baru, pendekatan dengan orang di sekitar sudah sepantasnya dilakukan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam tolong menolong. Pembiasaan diri dengan orang sekitar bisa menjalin kedekatan, kedekatan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengenal dengan baik permasalahan seperti apa yang dialami orang di sekitarmu.

5. Tidak mudah stres karena lingkungan yang kamu tempati tidak seperti biasanya

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membiasakan Diri dengan Lingkungan BaruPexels.com/Andrew Neel

Pada dasarnya, gak semua orang suka dengan lingkungan yang baru, ada beberapa tipikal orang yang mudah stres ketika menempati tempat atau ruang yang terasa asing bagi hidupnya.

Makanya, butuh pembiasaan diri untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Stres biasanya terjadi karena kamu kurang mengenal lingkungan sekitar, makanya butuh penyesuaian diri untuk membuat lingkungan barumu terasa lebih menyenangkan.

Itu dia deretan alasan kamu harus bisa membiasakan diri dengan lingkungan baru. Meski lingkungan yang kamu tempati masih terasa asing, lama kelamaan juga akan terbiasa ketika kamu membiasakannya.

Baca Juga: Hidup Lebih Damai dan Bahagia, 10 Artis Ini Putuskan Pindah ke Bali

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya