Comscore Tracker

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendali

Tidak punya batasan dalam hidup? 

Setiap orang pastinya punya kontrol atas dirinya sendiri, yang mana hal ini berfungsi sebagai pengatur kendali diri sendiri agar tidak keluar dari batasan yang sudah ditetapkan. 

Namun, hal ini bukan berarti akan selalu berjalan dengan semestinya, karena sedikitnya ada lima alasan kontrol dalam dirimu begitu buruk dan mudah lepas kendali. Biar tahu lebih lengkapnya, jangan kemana-mana ya. 

1. Kamu tidak pernah berpikiran jauh atas apa yang kamu lakukan saat ini

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendaliilustrasi orang emosi (pexels.com/Hebert Santos)

Kehilangan kontrol akibat dari kontrol yang buruk merupakan kabar yang tidak diharapkan, ada lepas kendali atas dirimu karena tidak berpikiran jauh ke depan dan pikirannya hanya sebatas jangka pendek. 

Hal inilah yang membuat kendali atas diri sendiri benar-benar sudah di luar batasan yang ada, kamu tidak memikirkan bagaimna dampaknya untuk sekarang, besok, dan juga kedepannya. 

2. Hidupmu terlalu mengandalkan emosi yang kenyataannya bisa lepas kendali begitu saja

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendaliilustrasi orang lepas kendali (pexels.com/Liza Summer)

Lepas kendali biasanya terjadi akibat dari emosi yang meluap-luap, yang mana emosimu tidak terkontrol hingga pada akhirnya bertindak buruk dari apa yang seharusnya dilakukan. 

Hal ini biasanya terjadi karena kamu terlalu mengandalkan emosi, segala hal yang kamu lakukan benar-benar berpatok pada emosi semata tanpa melihat dari sudut pandang lainnya. 

3. Terlalu cepat menyimpulkan sesuatu tanpa tahu kebenarannya

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendaliilustrasi wanita menangis (pexels.com/Liza Summer)

Mendengar suatu kabar yang buruk biasanya membuat kamu lepas kendali, yang mana kontrol dalam dirimu lepas begitu saja akibat dari kabar yang tidak mengenakan. 

Padahal, tindakan ini hanya sebatas lepas kontrol yang tidak ada maknanya sama sekali. Jangan terlalu cepat menyimpulkan, apalagi kebenarannya masing benar-benar dipertanyakan. 

Baca Juga: 5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosian

4. Selalu merasa benar sendiri di saat emosimu dikeluarkan

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendaliilustrasi orang marah (pexels.com/Karabo Lengwadi)

Kontrol atas dirimu memang sangat penting untuk diperhatikan, apalagi kamu tipikal orang yang suka merasa benar sendiri di saat emosi sedang dikeluarkan. 

Hal ini bisa berdampak sangat buruk terhadap diri sendiri dan orang sekitar, apa yang kamu rasakan selalu benar, dan lepas kendali tersebut menjadi cerminan bahwa kamu yang paling benar dari siapa pun itu. 

5. Tidak pernah tahu arti di balik pentingnya rasa sabar

5 Alasan Kontrol Dirimu Buruk dan Mudah Lepas Kendaliilustrasi orang emosi (pexels.com/Anna Shvets)

Kontrol diri yang buruk sebenarnya terjadi karena tidak ada kesabaran dalam dirimu yang mampu menahannya, sikapmu lepas kendali karena tidak tahu arti di balik pentingnya rasa sabar. 

Pada akhirnya, apa pun yang kamu lakukan tidak pernah mengandalkan kesabaran dalam diri. Semuanya dengan emosi, bahkan bertindak dengan semaunya. 

Peranan kontrol diri dalam hidup sangatlah penting untuk kita asah, jangan sampai lepas kendali secara sembarangan. Kamu bisa merugikan diri sendiri, dan yang terburuk adalah merugikan orang lain juga. 

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Kamu Kontrol untuk Menjalani Hidup yang Lebih Baik

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya