Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang Keberhasilan

Manusia tetap butuh yang namanya kegagalan

Setiap orang sangat membanggakan keberhasilan, kita semua tahu itu. Berhasil merupakan hasil akhir terbaik yang kita peroleh setelah melakukan proses yang cukup panjang dan memakan banyak waktu. Namun sayangnya, keberhasilan ini tidak luput dari kegagalan yang beruntun.

Tapi tunggu dulu, bagaimana jika kegagalan memiliki peran penting dalam setiap keberhasilan yang terjadi? Sedikitnya ada lima alasan mengapa hidup gak selamanya harus tentang keberhasilan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak kaget ketika menghadapi kegagalan yang jauh lebih besar

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang KeberhasilanPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam setiap keberhasilan, kita tidak pernah mempermasalahkan tentang besar kecilnya kemenangan yang sudah diperoleh. Keberhasilan tetaplah keberhasilan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan sama sekali.

Namun berbeda dengan kegagalan, besar atau kecilnya tingkat kegagalan sangat berpengaruh pada tingkat stres kita. Makanya kegagalan dalam hidup itu terkadang diperlukan, tujuannya agar tidak kaget ketika menghadapi kegagalan yang dampaknya jauh lebih besar.

2. Ada poin lebih di balik keberhasilan yang dilalui kegagalan

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang KeberhasilanPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap kali ada kegagalan, di situ pasti ada pengulangan berulang kali demi mendapatkan gelar keberhasilan. Pengulangan tersebut sangat penting dalam keberhasilan itu sendiri, ada poin penting yang bisa kamu ambil secara tidak sadar.

Banyak poin lebih yang bisa mengubah keberhasilan kamu menjadi lebih baik, salah satu contohnya adalah keterampilan dalam menganalisis suatu masalah. Tanpa kegagalan, kamu tidak akan bisa memecahkan suatu masalah dengan mudah dan cepat. Ingat, guru terbaik adalah pengalaman.

Baca Juga: Sebelum Menyalahkan Keadaan karena Kegagalan, Renungi Dulu 5 Hal Ini

3. Menempa diri untuk menjadi pribadi yang lebih tahan banting

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang KeberhasilanPexels.com/cottonbro

Kita semua pasti ingin selamanya mendapat keberhasilan tanpa ada kegagalan sama sekali, namun sayangnya hidup tidak seindah yang kamu bayangkan. Akan ada kegagalan dalam setiap hal yang kamu lakukan, meski kamu sudah berjuang sekuat tenaga.

Karena hidup ini sangatlah keras, memiliki pribadi yang tahan banting sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan hal tersebut, kegagalan demi kegagalan yang dilewati akan menempa pribadi kamu menjadi lebih kuat dan tentu saja tahan banting.

4. Keberhasilan jauh lebih indah ketika sebelumnya dihampiri kegagalan

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang KeberhasilanPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam melakukan suatu hal, keberhasilan adalah tujuan dan hasil akhir yang ingin diperoleh. Meski tujuannya sama, jalan yang ditempuh tiap orang berbeda-beda. Ada yang mencoba sekali dan langsung berhasil, ada juga yang mencoba dan gagal berulang kali, namun hasilnya tetap saja berhasil.

Dalam hal tersebut, keberhasilan yang sebelumnya dihampiri banyak kegagalan akan jauh lebih indah daripada sekali mencoba langsung berhasil. Hal ini terjadi karena tiap kegagalan menyadarkan kamu bahwa keberhasilan tidak hanya sebatas menang dan mencapai tujuan, tapi ada perjuangan yang yang berat di balik itu semua.

5. Kegagalan menjadi bukti bahwa kemampuan kamu masih belum layak

5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang KeberhasilanPexels.com/Retha Ferguson

Mencoba untuk introspeksi diri ternyata tidak semudah yang kita kira, butuh sesuatu yang menyadarkan kita bahwa "Kamu belum layak". Namun kegagalan bisa dimanfaatkan untuk lebih mudah dalam introspeksi diri lho.

Kegagalan demi kegagalan menjadi bukti bahwa kemampuan kamu masih belum layak, butuh peningkatan untuk mencapai keberhasilan yang sebelumnya kamu inginkan. Kegagalan tidak hanya sebatas kekalahan, tapi juga dorongan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Itu dia deretan alasan di balik hidup yang gak selamanya tentang keberhasilan. Meski keberhasilan adalah tujuan akhir, hambatan demi hambatan akan selalu ada dan harus kamu jalani dengan sepenuh hati.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Menyerah, Kegagalan Bukanlah Akhir Kisah!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya