Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat Hebat

Malah jadi tambah buruk!

Pada dasarnya, manusia cenderung ingin terlihat hebat dibanding manusia lainnya. Adanya persaingan dan juga perbedaan kedudukan membuat siapapun ingin selalu berada di posisi paling atas.

Untuk menjadi hebat, banyak orang yang menggunakan emosi dan amarahnya agar terlihat lebih percaya diri dan punya kekuasaan. Namun, sayangnya hal ini gak baik karena sedikitnya ada lima alasan mengapa kamu gak perlu menggunakan emosi untuk terlihat hebat. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Lebih cenderung dinilai pemarah di banding pemberani

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat HebatPexels.com/Moose Photos

Banyak orang yang menganggap bahwa emosi yang membara bisa membuat dirinya terlihat hebat, ada keberanian untuk mengekspresikan suasana hatinya yang sedang panas-panasnya.

Namun, kenyataannya tidak semanis itu. Orang yang suka emosi cenderung dinilai pemarah dibanding pemberani, bahkan orang takut untuk mendekat karena seorang pemarah memiliki image yang buruk.

2. Emosi kamu bisa benar-benar tidak terkontrol dengan baik

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat HebatPexels.com/Andrea Piacquadio

Penggunaan emosi hanya untuk terlihat hebat di depan orang lain merupakan ide yang buruk, kamu bisa lepas kendali atau emosi kamu benar-benar sudah berada di luar jangkauan.

Hal ini menegaskan bahwa kita tidak boleh bermain-main dengan emosi, apalagi digunakan untuk sebatas menunjukan kehebatan. Kehebatan sebenarnya tidak bisa diukur dengan emosi, tapi dengan prestasi yang bisa kamu raih.

3. Emosi kamu bisa menimbulkan keributan yang cukup besar

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat HebatPexels.com/Prince Photos

Pada hakikatnya, merasa hebat dengan emosi yang membara bisa membuat orang lain merasa tertantang, kamu bisa menimbulkan keributan yang cukup besar dan bahkan bisa terjadi perkelahian.

Jika di awal kamu hanya sebatas menunjukan kehebatan, lain cerita jika ada orang yang merasa tersinggung atas sikap kamu. Tanpa sadar, akan terjadi sebuah keributan yang cukup besar hanya karena alasan sepele.

Baca Juga: 5 Perilaku Menyebalkan Pengendara di Tanah Air yang Bikin Emosi, Huh!

4. Kamu bisa memiliki banyak musuh karena semua orang membencimu

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat HebatPexels.com/Andrea Piacquadio

Menunjukan kehebatan sebenarnya tidak boleh dengan emosi, orang lain bisa memberikan penilaian yang berbeda seperti kamu sedang berlagak sombong atau mau merendahkan orang lain.

Hal ini bisa menimbulkan dampak yang begitu besar, kamu bisa memiliki banyak musuh karena semua orang membencimu. Bukannya terlihat hebat, kamu hanya akan jadi target orang lain karena merasa tersinggung atas apa yang telah kamu lakukan.

5. Kamu memanfaatkan sekaligus merugikan orang lain untuk kepentingan pribadi

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Menggunakan Emosi untuk Terlihat HebatPexels.com/Pixabay

Menggunakan emosi untuk terlihat hebat sudah sepantasnya disebut memanfaatkan keadaan. Kamu juga bisa sekaligus merugikan orang lain atas dasar kepentingan pribadi.

Bukannya terlihat hebat, kamu sudah sangat merugikan banyak pihak, termasuk diri sendiri. Ada orang yang tersinggung, ada yang ikut emosi, dan ada juga yang merasa dibebankan.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu gak perlu menggunakan emosi untuk terlihat hebat. Gunakan cara yang lebih baik jika ingin dinilai hebat, emosi hanya akan membawa keburukan bagi diri sendiri maupun orang sekitar.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam Diri

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya