Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan Orang

Bisa jadi salah tingkah!

Sebagian besar orang pernah mengalami yang namanya gugup atau nervous, terutama di tengah kerumunan orang yang notabene adalah orang asing atau orang tidak dikenal.

Rasa nervous sebenarnya tidak terbentuk begitu saja, ada penyebab lain yang membuat kamu merasa aneh dan tidak biasa. Sedikitnya, ada lima alasan mengapa kamu bisa merasa nervous di tengah kerumunan orang. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu merasa jauh berbeda dari orang lain kebanyakan

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan OrangPexels.com/Pixabay

Manusia pada dasarnya memiliki standar kehidupan normal yang selaras, kita semua bisa membedakan mana yang hidup sebagai manusia biasa atau hidup berada di bawah standar normal.

Sama halnya dengan nervous di tengah kerumunan, kamu merasa berada di bawah standar manusia pada umumnya dan jauh berbeda dari orang lain kebanyakan. Perbedaan antara satu manusia dengan manusia yang lainnya menjadi penyebab utama timbulnya rasa nervous.

2. Kamu mengenakan pakaian yang sedikit menarik perhatian banyak orang

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan OrangPexels.com/Tim Grundtner

Fungsi pakaian sebenarnya tidak hanya sebatas penutup badan dan pelindung diri, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri ketika berada di tengah kerumunan banyak orang.

Pakaian yang menarik perhatian biasanya cenderung membuat kamu sendiri merasa nervous, ada rasa grogi karena menjadi satu-satunya orang yang diperhatikan oleh orang sekitar.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Biar Gak Nervous Saat Presentasi di Kelas

3. Kamu jarang sekali berada di posisi tepat di tengah kerumunan orang

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan OrangPexels.com/Skitterphoto

Tidak semua orang nyaman berada di tengah keramaian, ada yang lebih suka menyendiri dan mengasingkan dirinya dari hadapan publik demi mendapatkan rasa aman.

Hal ini menegaskan bahwa bukan hal aneh jika orang yang jarang berada di tengah kerumunan merasa nervous, belum terbiasa berhadapan dengan orang banyak menyebabkan kegelisahan dan rasa canggung yang begitu besar.

4. Kamu tidak memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi sehingga menimbulkan kegelisahan ketika diperhatikan

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan OrangPexels.com/Pragyan Bezbaruah

Setiap orang tidak butuh alasan mengapa dirinya tidak merasa percaya diri, ada kegelisahan tersendiri yang membuat dirinya merasa nervous ketika berada di tengah kerumunan orang.

Mengendalikan rasa percaya diri memang tidaklah mudah, butuh waktu yang lama untuk bisa menjadikan kamu sebagai pribadi yang tahu bagaimana cara bersikap di hadapan banyak orang.

5. Kamu sendirian di tengah keramaian, tidak ada satu pun orang yang bisa kamu ajak bicara

5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Nervous di Tengah Kerumunan OrangPexels.com/Riccardo Bresciani

Pada umumnya, orang akan bertambah nervous ketika dirinya sendirian di tengah kerumunan banyak orang. Hal ini terjadi karena kamu merasa selalu sendiri sekalipun di hadapanmu penuh dengan orang-orang yang berlalu lalang.

Makanya, sangat tidak disarankan bagi orang yang mudah nervous untuk pergi sendiri ke tengah keramaian. Biasakan untuk membawa teman atau kerabat agar kamu bisa mengalihkan rasa nervous dengan mengobrol atau berbincang kecil.

 

Itu dia deretan alasan mengapa kamu bisa merasa nervous di tengah kerumunan banyak orang. Cobalah untuk lebih membiasakan diri lagi ketika berada di tengah keramaian, rasa nervous hanya akan menyulitkan kamu ketika bepergian dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Baca Juga: Tetap Tenang, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Redakan Nervous!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya