Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-sia

#IDNTimesLife Jauh dari kata sia-sia, malah!

Bagi sebagian orang, keberhasilan merupakan tujuan mutlak dari suatu proses atas kerja keras selama ini, yang mana akhir dari perjuangan tersebut mau tidak mau harus dalam bentuk keberhasilan dan bukan kegagalan.

Hal ini membuat sebuah kegagalan seakan-akan merupakan akhir dari segalanya. Padahal, sedikitnya ada lima alasan kamu gak bisa menganggap sebuah kegagalan sebagai sesuatu yang berakhir sia-sia. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu bisa belajar lebih banyak dari kegagalan dibanding kesuksesan

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-siaPexels.com/Andrea Piacquadio

Secara logika, keberhasilan selalau jauh lebih baik dibanding kegagalan jika dilihat dari berbagai aspek kehidupan. Adanya suatu proses memang bertujuan untuk berhasil, kegagalan merupakan suatu tujuan yang gak terealisasi dengan baik.

Meski kegagalan merupakan hasil terburuk, bukan berarti kita bisa menganggapnya sia-sia. Pada dasarnya, kamu bisa belajar lebih banyak dari kegagalan dibanding kesuksesan, apa yang menjadi kegagalanmu dipelajari kembali dan menemukan hal-hal baru yang gak kamu dapatkan dari satu kali coba langsung berhasil.

2. Banyak poin penting yang gak terlewatkan akibat adanya kegagalan

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-siaPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagian besar orang menganggap bahwa keberhasilan merupakan akhir yang sempurna dari suatu proses. Berhasil melewati kesulitan dan terhindar dari berbagai macam kegagalan di dalamnya.

Meski terdengar masuk akal, ada masa di mana keberhasilan menjadi kurang sempurna tanpa melewati kegagalan. Kita gak bisa menganggap sebuah kegagalan sebagai sesuatu yang sia-sia, banyak poin penting yang tidak terlewatkan akibat adanya kegagalan demi kegagalan.

3. Kegagalan melatih mental untuk tetap kuat dan gak mudah menyerah dengan keadaan

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-siaPexels.com/Andrew Neel

Salah satu poin terbaik dari kegagalan adalah melatih mental untuk tetap kuat dan gak menyerah dengan keadaan. Meski kegagalan bukan tujuan akhir dari sebuah proses, setidaknya ada peningkatan dalam diri kamu yang sangat berguna ke depannya.

Dari sini kita paham bahwa kegagalan bukan sesuatu yang bisa dianggap sia-sia, bahkan bisa dijadikan sebagai pelatihan diri untuk mendapatkan mental yang lebih kuat dan tahan banting.

Baca Juga: 5 Alasan Merayakan Keberhasilan Itu Penting Setelah Lelah Berjuang

4. Kegagalan bisa membuat kamu lebih pandai dalam mencari alternatif penyelesaian

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-siaPexels.com/Burst

Pada dasarnya, kegagalan akan memaksa kamu untuk mencari berbagai macam penyelesaian masalah atas gak tercapainya suatu keberhasilan. Pada akhirnya, kamu akan mengulang kembali proses tersebut dengan berbagai cara yang lebih baru.

Meski terlihat membuang banyak waktu, pada akhirnya kegagalan gak pantas dikatakan sebagai sesuatu yang sia-sia. Pengulangan dengan cara yang lebih baru dapat menciptakan alternatif penyelesaian yang dapat kamu gunakan di masa yang akan datang.

5. Adanya kegagalan bisa membuat keberhasilanmu nanti lebih bermakna

5 Alasan Mengapa Kegagalan bukan Sesuatu yang Bisa Dianggap Sia-siaPexels.com/Daria Shevtsova

Bagi sebagian orang, keberhasilan selalu membawa sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan, tidak ada alasan untuk membuat keberhasilan sebagai bentuk kekurangan atau terlihat menyedihkan.

Namun, pandangan tersebut gak selamanya benar, keberhasilan kadang kala membuat ekspektasi jauh dari realita. Peran dari kegagalan bisa berguna dalam hal ini, membuat keberhasilanmu nanti jauh lebih bermakna karena berhasil melewati kegagalan demi kegagalan.

Itu dia deretan alasan mengapa kegagalan bukan sesuatu yang bisa dianggap sia-sia. Meski kegagalan merupakan bentuk tidak tercapainya sebuah tujuan, bukan berarti gak ada sisi positif yang bisa kita ambil dan pelajari.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Hidup Gak Selamanya Harus Tentang Keberhasilan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya