Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang Lain

Salah kamu sendiri, atau salah orang lain?

Dalam sebuah diskusi, pendapat dari semua pihak bisa sangat berharga demi terpecahnya suatu masalah. Namun, terkadang pendapatmu sama sekali tidak dihargai dan bahkan diabaikan oleh orang lain.

Meski terdengar menjengkelkan, sedikitnya ada lima alasan mengapa pendapatmu sama sekali gak pernah dihargai oleh orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini, yuk.

1. Kamu mengutarakan pendapat di waktu dan tempat yang salah

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang LainPexels.com/Christina Morillo

Pada dasarnya, kita gak bisa berharap bahwasanya pendapatmu akan selalu diterima dalam situasi dan kondisi apa pun. Mengutarakan pendapat memang sangat penting, namun waktu dan tempat harus diperhatikan dengan baik.

Penempatan yang salah bisa membuat pendapatmu tidak dihargai orang lain. Bukan masalah pendapatmu yang tidak baik, tapi bagaimana cara kamu menempatkan pendapat itu sendiri.

2. Kamu berpendapat dengan cara yang tidak sopan dan kasar

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang LainPexels.com/nappy

Secara garis besar, bagaimana cara kita berpendapat juga punya aturan tersendiri. Kita tidak bisa memberikan pendapat dengan cara yang tidak sopan atau bahkan tergolong kasar.

Pendapatmu tidak dihargai mungkin karena cara penyampaiannya masih salah dan tidak tertata dengan baik. Pendapatmu bisa saja sangat penting, namun cara penyampaiannya juga tidak boleh disepelekan begitu saja.

Baca Juga: Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapat

3. Pendapatmu menyinggung atau menyalahkan salah satu pihak yang sifatnya sensitif

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang LainPexels.com/fauxels

Dalam diskusi, saling bertentangan antara pendapat yang satu dengan pendapat yang lainnya merupakan hal yang wajar terjadi. Meski begitu, masih ada aturan main dan batasan yang tidak boleh kita lewati begitu saja.

Jika pendapatmu tidak pernah dihargai, ada kemungkinan bahwasanya pendapat tersebut menyinggung atau menyalahkan salah satu pihak yang sifatnya sensitif. Artinya, pendapatmu melewati batas dan wajar sekali jika orang lain tidak menghargainya sama sekali.

4. Berpendapat dengan cara menyela pembicaraan orang lain tanpa permisi

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang LainPexels.com/Jopwell

Dalam sebuah diskusi, sudah sepantasnya jika tiap orang mau melontarkan pendapatnya masing-masing. Meski begitu, tiap orang akan bergilir berpendapat sesuai aturan yang sudah ditentukan.

Jika pada akhirnya kamu berpendapat dengan cara menyela pembicaraan orang lain tanpa permisi, pantas sekali jika pendapatmu tidak dihargai sama sekali. Kamu menganggap pendapat diri sendiri mungkin sangat penting, namun orang lain juga berpikir hal yang sama tentang pendapatnya.

5. Pendapatmu tidak berdasar dan jauh dari konteks yang sedang dibicarakan

5 Alasan Mengapa Pendapatmu Gak Pernah Dihargai oleh Orang LainPexels.com/RF._.studio

Pada hakikatnya, hal terpenting dari sebuah pendapat adalah isi dari pendapat itu sendiri. Pendapat harus berdasar dan sesuai dengan konteks yang sedang dibicarakan, tidak boleh asal-asalan, atau bahkan melenceng dari topik yang seharusnya.

Jika kamu keluar dari konteks permasalahan, pendapatmu benar-benar tidak akan dihargai sepenuhnya oleh orang lain. Memberikan pendapat memang sangatlah mudah, namun membuat pendapat yang satu frekuensi bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh.

 

Itu dia deretan alasan mengapa pendapatmu gak pernah dihargai oleh orang lain. Memberikan pendapat memang terdengar sangat mudah, namun untuk bisa membuat pendapatmu dihargai butuh tata cara dan usaha yang ekstra dan tidak sembarangan.

Baca Juga: 6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamu

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya