Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan Apresiasi

Karena memang gak mudah!

Kejujuran atau kebohongan merupakan dua opsi atau pilihan yang dimiliki setiap orang ketika berada dalam situasi tertentu. sebagian besar orang sangat menyarankan untuk selalu berkata jujur, namun gak semudah yang kita bayangkan.

Hal ini memberikan pandangan yang berbeda terhadap kejujuran, sedikitnya ada lima alasan mengapa setiap kejujuran akan selalu mendapatkan apresiasi dari orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Gak semua orang bisa berkata jujur di segala situasi dan kondisi tertentu

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan ApresiasiPexels.com/Matheus Bertelli

Setiap orang sudah sepantasnya selalu berkata jujur dan mengedepankan kebenaran, namun situasi dan kondisi yang menyulitkan tidak akan membuat semua orang berpikiran hal yang sama.

Ada situasi dan kondisi yang membuat kejujuran bisa sangat merugikan diri sendiri. Makanya, orang lain sangat mengapresiasi kejujuran karena gak semua orang mau berkata jujur di saat dia tahu bahwa itu sangat merugikan diri sendiri.

2. Kejujuran hanya dimiliki orang yang punya tanggung jawab

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan ApresiasiPexels.com/Ketut Subiyanto

Kejujuran biasanya erat hubungannya dengan tanggung jawab, kamu merasa ada kewajiban untuk berkata jujur dan tidak menutupi kesalahan yang dapat merugikan orang lain.

Tidak heran jika orang lain akan memberikan apresiasi terhadap orang yang mau berkata jujur, setidaknya dia berani untuk bertanggung jawab atas informasi yang dia punya dan menguak kebenaran yang ada.

3. Kejujuran merupakan bentuk pembenaran dari suatu kesalahan

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan ApresiasiPexels.com/Matheus Bertelli

Suatu kesalahan akan tetap menjadi salah ketika kejujuran tidak pernah diungkapkan. Berkata jujur menjadi sesuatu yang sangat penting dalam hal ini, karena fungsinya untuk membenarkan kesalahan sebelumnya.

Kejujuran merupakan bentuk pembenaran dari suatu kesalahan, sudah sewajarnya jika orang lain mau mengapresiasi hasil dari kejujuran karena kenyataannya, ini gak mudah sama sekali.

Baca Juga: Demi Kebaikan, 5 Zodiak Ini Berprinsip Kejujuran Paling Blak-blakan

4. Mau terbuka dengan berkata jujur sekalipun telah melakukan kesalahan

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan ApresiasiPexels.com/Matheus Bertelli

Berkata jujur setelah melakukan kesalahan merupakan bentuk keterbukaan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang ada. Dia berani terbuka dengan semua orang tentang kesalahannya sekalipun dirinya akan dirugikan.

Orang sangat mengapresiasi hal ini karena dia berani terbuka atas kesalahan yang telah dilakukan. Tentu gak semua orang bisa melakukan hal yang sama, membuka diri tidak semudah yang kita bayangkan.

5. Berani keluar dari zona nyaman hanya untuk membenarkan suatu kebohongan

5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan ApresiasiPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam kondisi tertentu, kebohongan kadang Kala membuat kita terbebas dari masalah yang ada. Kejujuran bisa ditimpa dengan kebohongan dan semuanya terjaga dengan baik.

Namun, orang yang berani keluar dari zona nyaman untuk membenarkan sesuatu yang salah merupakan tindakan yang luar biasa. Tidak heran jika orang-orang sangat mengapresiasi hal ini, tindakannya begitu di luar dugaan.

Itu dia deretan alasan mengapa setiap kejujuran akan selalu mendapat apresiasi dari orang lain. Meski kadang kala bisa merugikan diri sendiri, kebenaran tetaplah di atas segalanya.

Baca Juga: 5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang Jujur

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya