Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimu

Punya nilai lebih, nih!

Orang yang berada dalam situasi sulit biasanya akan mencari saran dari orang-orang terdekatnya, yang mana saran tersebut dijadikan sebagai sumber referensi dalam menilai atau menyimpulkan suatu hal. 

Namun, menjadi orang yang bisa dimintai saran tidak terbentuk begitu saja. Nyatanya, sedikitnya ada lima alasan orang-orang mulai gak sungkan lagi meminta saran demi saran darimu. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading

1. Saran yang kamu berikan selalu tepat sasaran

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimuilustrasi rasa puas (pexels.com/Christina Morillo)

Kita tidak bisa memastikan dengan pasti apakah saran yang kita berikan benar atau salah, namun banyak orang yang memang tidak pernah serius dalam memberikan saran sehingga semuanya tidak pernah berhasil. 

Namun, beda halnya jika kamu memberikan saran dengan baik dan bahkan tepat sasaran, orang lain akan memberikan kepercayaan dan tidak sungkan lagi untuk meminta saran darimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lain

2. Cara kamu memberikan saran sangat mudah dimengerti

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimuilustrasi orang memberi saran (pexels.com/Tima Miroshnichenk)

Dalam memberikan saran, orang pada umumnya akan bertindak bijak dan bahkan menggunakan kata-kata yang tidak dimengerti secara umum, alhasil saran tersebut tidak pernah sampai dengan sempurna. 

Namun, lain cerita jika cara kamu memberikan saran sangat mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun, konteks awal dari saran tersebut benar-benar tersalurkan dengan baik. 

3. Saran yang kamu berikan tidak menjerumuskan maupun menyudutkan

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimuilustrasi saran yang baik (pexels.com/fauxels)

Kita tidak bisa membantah bahwa ada begitu banyak orang yang merasa benar sendiri karena sebuah saran yang diberikannya, bahkan sifatnya menyalahkan dan juga menyudutkan. 

Jika kamu berhasil menghindari hal ini, saran yang kamu berikan akan diterima dengan baik. Tentu tidak ada ketersinggungan dalam hal ini, saran kamu benar-benar berguna dan jelas maksudnya. 

4. Kamu orang yang bisa dipercaya dan mampu menjaga rahasia

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimuilustrasi privasi yang terjaga (pexels.com/cottonbro)

Orang yang meminta saran bukan hanya tentang persoalan umum banyak orang, tapi bisa juga dalam bentuk privasi yang harus dijaga kerahasiaannya. 

Jika kamu bisa memberikan saran sekaligus menjaga kerahasiaan orang lain, tentu kamu akan menjadi orang yang dapat dipercaya dan meminta saran darimu bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. 

5. Kamu memberikan saran dengan ikhlas tanpa ada niat terselubung

5 Alasan Mengapa Orang Gak Sungkan Meminta Saran Darimuilustrasi orang memberi saran (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Di zaman sekarang ini, sebuah saran belum tentu murni hanya sebatas saran, banyak dari mereka yang punya niat terselubung dan punya maksud lain di balik bantuan tersebut. 

Makanya, orang sangat menghargai mereka yang memberi saran tanpa ada niat lain yang sifatnya merugikan. Rasa kepercayaannya menjadi begitu tinggi, tidak ada keraguan untuk kembali meminta saran darimu. 

 

Setiap orang berhak meminta saran kepada siapa pun itu. Namun, kamu sendiri menjadi orang yang sangat dipercaya untuk dimintai saran, khususnya karena beberapa alasan di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang Lain

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya