Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa Sekarang

#IDNTimesLife Jangan hanya masa depan doang, lho!

Pada umumnya, setiap orang sangat memerhatikan bagaimana kehidupannya di masa yang akan datang. Hanya saja, mereka terlalu fokus pada masa depan itu sendiri, dan bahkan melupakan kehidupannya di masa sekarang.

Meski mempersiapkan masa depan itu sangatlah penting, sedikitnya ada lima alasan di balik penting memfokuskan diri pada kehidupanmu di masa sekarang. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Apa yang kamu lakukan di masa kini juga berpengaruh untuk masa yang akan datang

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa SekarangUnsplash.com/Austin Distel

Secara garis besar, kebanyakan orang terlalu ambil pusing bagaimana kehidupannya di masa yang akan datang. Padahal, apa yang kamu lakukan di masa kini juga berpengaruh untuk masa depanmu nanti.

Pada akhirnya, memfokuskan diri pada kehidupanmu saat ini bukanlah pemikiran buruk. Bahkan, hal ini akan sangat berpengaruh besar bagaimana cara kamu menjalani hidup dalam beberapa tahun kedepan.

2. Cukup melakukan yang terbaik tanpa perlu ambil pusing apa yang akan terjadi kedepannya

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa SekarangUnsplash.com/awar kurdish

Pada dasarnya, setiap orang harus bisa menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Nyatanya, memfokuskan diri di masa sekarang sangatlah penting, kamu cukup melakukan yang terbaik tanpa perlu ambil pusing apa yang akan terjadi ke depannya.

Dalam hal ini, kamu harus bisa membiarkan hidup layaknya seperti air yang mengalir. Fokuskan apa yang menjadi prioritasmu di masa sekarang, biarkan semuanya berjalan seperti semestinya.

3. Memberi kebahagiaan instan meski sifatnya hanya sementara

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa SekarangUnsplash.com/Angelo Pantazis

Secara garis besar, masa depan yang cerah merupakan kebahagiaan mutlak bagi setiap orang. Hanya saja, kamu tidak perlu menunggu masa depan untuk bisa bahagia, bahkan bisa dilakukan di masa sekarang ini.

Kamu hanya perlu memfokuskan diri di masa sekarang dengan sebaik-baiknya, memberi kebahagiaan secara instan meski sifatnya hanya sementara. Jika kamu bisa bahagia dalam menggapai masa depan, itu jauh lebih mudah dijalani dibanding terlalu ambil pusing memikirkan apa yang akan terjadi kedepannya.

Baca Juga: Disukai Banyak Orang, 5 Aroma Ini Terbukti Meningkatkan Kebahagiaan

4. Lebih mudah mengontrol diri agar tetap fokus pada tujuan yang sudah ditetapkan

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa SekarangUnsplash.com/Dylan Ferreira

Dalam hidup, kontrol diri merupakan hal krusial yang sering dianggap sepele banyak orang. Padahal, perannya sangat penting agar kamu tetap konsisten dalam mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Makanya, memfokuskan diri di masa sekarang bukan sesuatu yang bisa dianggap buruk. Kamu hanya perlu menjadi orang yang paham bagaimana cara kontrol diri, gak melupakan apa yang menjadi tujuan kamu selama ini.

5. Gak membuat hidupmu hanya berfokus pada pemikiran dibanding tindakan

5 Alasan Pentingnya Memfokuskan Diri pada Kehidupanmu di Masa SekarangUnsplash.com/Daniel Chekalov

Pada dasarnya, masa depan hanya sebatas rencana dan pemikiran bagaimana kamu akan hidup kedepannya, sedangkan masa kini merupakan realita yang harus kamu jalani saat ini. Dalam hal ini, memfokuskan diri di masa sekarang memiliki peran yang sangat penting.

Nyatanya, kamu harus membuat hidupmu lebih banyak bertindak dibanding pemikiran semata. Masa depan memang sangat penting, namun kamu juga harus fokus di masa sekarang agar hidupmu tidak berantakan dan hanya sebatas ada pemikiran saja.

Itu dia deretan alasan di balik pentingnya memfokuskan diri pada kehidupanmu di masa sekarang. Masa depan memang sangat penting untuk kehidupan kamu di masa yang akan datang, namun bukan berarti kamu bisa melupakan bagaimana cara menjalani hidup yang baik di masa sekarang.

Baca Juga: 5 Kalimat Bijak yang Mampu Membantumu Merasakan Kebahagiaan Hidup

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya