Comscore Tracker

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang Lain

Curahkan beban di hati, jangan takut dinilai lemah!

Dalam menjalani hidup, kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah demi masalah. Hanya saja, tiap individu memiliki caranya masing-masing dalam menanggapi masalah itu sendiri.

Salah satu contohnya menyembunyikan masalah dari orang di sekitarnya. Padahal, penting bagimu untuk mencurahkan segala beban yang dimiliki. Jangan takut dinilai lemah.

Meski demi kebaikan bersama, sedikitnya ada lima alasan kamu tak perlu menyembunyikan masalah demi masalahmu dari orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Masalah bisa cepat selesai ketika ada banyak saran yang masuk dari orang lain

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang LainPexels.com/Nicole Michalou

Pada dasarnya, saran dari orang lain bisa berperan sangat penting dalam setiap masalah yang kamu hadapi, entah itu saran dari orang yang sudah berpengalaman, orang yang lebih dewasa, atau bahkan saran dari teman terbaikmu sendiri.

Hal ini menegaskan bahwa masalah akan bisa cepat selesai ketika ada banyak saran yang masuk dari orang lain. Bukan hanya sebatas memberi support, tapi juga mencarikan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

2. Menyelesaikannya bersama-sama akan jauh lebih baik, dibanding menyembunyikannya seorang diri

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang LainPexels.com/Anna Shvets

Secara garis besar, gak semua orang benci untuk ikut campur urusan orang lain. Jika kamu punya masalah, cobalah untuk sedikit lebih terbuka pada orang lain. Jika orang tersebut peduli terhadapmu, secara otomatis dia akan mulai membantu.

Nyatanya, menyelesaikan masalah bersama-sama jauh lebih baik dibanding menyembunyikannya seorang diri. Paling tidak, ada orang yang benar-benar peduli dan selalu berada di sisimu baik suka maupun duka.

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkan

3. Menyembunyikan permasalahan hanya akan membuat tumpukan masalah dalam hidupmu

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang LainPexels.com/Pixabay

Pada hakikatnya, masalah yang disembunyikan akan membuat kamu kesulitan untuk sekedar menyelesaikannya. Rasa cemas karena takut ketahuan menambah beban kamu dalam penyelesaian masalah itu sendiri.

Pada akhirnya, menyembunyikan permasalahan hanya akan membuat tumpukan masalah dalam hidupmu. Masalah akan terus berdatangan, sedangkan kamu sendiri malah tidak ada keterbukaan untuk menyelesaikannya satu per satu.

4. Jangan biarkan orang yang peduli terhadapmu merasa sedih atas ketidaktahuannya

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang LainPexels.com/Elijah O'Donnell

Dalam kehidupan yang keras ini, paling tidak ada satu orang yang benar-benar peduli terhadapmu dalam situasi dan kondisi apa pun. Makanya, keterbukaan akan permasalahan harus tetap dilakukan agar orang tersebut tahu kamu sedang dalam kesulitan.

Menyembunyikan masalah hanya akan membuat dirinya sedih atas ketidaktahuannya. Paling tidak, ceritakanlah pada orang-orang yang kamu percayai dan benar-benar siapa membantu atas dasar kepeduliannya.

5. Jangan mempersulit hidup dengan masalah yang terus menerus disembunyikan

5 Alasan Tak Perlu Menyembunyikan Masalahmu dari Orang LainPexels.com/Min An

Pada dasarnya, masalah yang kamu sembunyikan pasti sebuah permasalahan yang menyulitkan, makanya kamu hanya menyimpannya seorang diri. Namun, hal tersebut hanya akan mempersulit hidup kamu saat ini dan kedepannya.

Masalah yang sulit akan bertambah sulit ketika kamu menanggungnya seorang diri, apalagi sampai merahasiakannya dari orang terdekatmu. Bukannya masalah cepat selesai, menyembunyikannya hanya akan memperburuk keadaan.

 

Itu dia deretan alasan kamu gak harus selalu menyembunyikan masalah dari orang lain. Meski banyak sekali risiko atas keterbukaanmu, paling tidak hal tersebut tidak terlalu menyesakkan dan pergerakanmu sedikit lebih bebas.

Baca Juga: Kenali, 6 Cara Orang Menyembunyikan Kesedihan Mereka 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya