Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!

Korupsi akan menghancurkan hidupmu, lho

Sudah mempunyai pemikiran untuk melakukan korupsi? Memang korupsi itu sangat menggiurkan, kamu bisa mendapatkan uang atau sesuatu yang lebih dengan cara yang instan tanpa perlu bekerja keras.

Namun tahukah kamu bahwa itu adalah perbuatan yang salah? Orang yang sudah melakukan korupsi sekalipun tahu bahwa perbuatan tersebut tidak benar, mereka tergoda dengan sesuatu yang melebihi pendapatan mereka sendiri.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh melakukan korupsi di mana pun, dampaknya bisa sangat buruk terhadap lingkungan sekitar dan juga diri kamu sendiri, lho!

1. Kamu akan sangat merugikan orang lain, sesuatu yang kamu ambil itu bukanlah hak kamu sendiri

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!Pexels.com/Artem Beliaikin

Jika kamu melakukan korupsi, pernahkah kamu berpikir panjang bahwa apa yang kamu lakukan akan menimbulkan kerugian kepada orang lain?

Saya kira semua orang yang hidup di dunia ini memiliki hati nurani, mereka tidak mau merugikan orang lain baik disengaja ataupun tidak.

Maka dari itu kamu tidak boleh mengambil hak orang lain dengan cara melakukan korupsi, itu akan sangat merugikan orang lain karena apa yang menjadi hak mereka diambil tanpa mereka ketahui sama sekali.

2. Perbuatan yang lebih buruk daripada pencuri jalanan

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!Pexels.com/Burst

Korupsi yang dilakukan di suatu perusahaan atau pemerintahan sudah pasti dilakukan untuk memperkaya diri sendiri, orang tersebut sudah mendapatkan pekerjaan yang benar-benar bagus untuk sekadar menghidupi kebutuhannya sehari-hari.

Namun, pernahkah terlintas dalam pikiran kamu jika orang yang melakukan korupsi terhadap pekerjaannya lebih rendah daripada seorang pencuri jalanan? Tidak sedikit orang yang sudah mendapatkan jabatan yang bagus namun tetap korupsi, tentu karena mereka menginginkan sesuatu yang lebih.

Berbeda dengan pencuri jalanan, mereka mencuri agar bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari atau hanya sekadar untuk makan saja. Kita kadang sering menghakimi pencuri jalanan secara berlebihan, padahal korupsi yang dilakukan di luar sana jauh lebih sadis dan lebih buruk.

Baca Juga: 10 Hal Kecil Ini Jadi Tanda Kamu Korupsi Sama Diri Sendiri Lho!

3. Jika kamu melakukan korupsi, bisa dipastikan bahwa hidup kamu tidak akan pernah merasa tenang

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!Pexels.com/Download a pic Donate a buck! ^

Korupsi sama halnya dengan mengambil hak orang lain tanpa mereka ketahui, dengan begitu hidup kamu akan diselimuti dengan rasa bersalah karena kamu adalah seorang pencuri.

Mungkin dengan korupsi kamu akan baik dalam hal finansial, namun jiwa kamu akan merasa tidak tenang dalam jangka waktu yang sangat lama.

Jika seorang koruptor tidak merasakan rasa bersalah setelah melakukan hal tersebut, saya kira hati nurani mereka sudah lama hilang ditelan bumi.

4. Kamu bisa masuk penjara karena terjerat kasus hukum

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!Pexels.com/Donald Tong

Perilaku korupsi bisa sangat merugikan banyak orang, makanya sudah ada undang-undang khusus yang mengaturnya sehingga orang yang melakukan korupsi bisa dibawa ke jalur hukum.

Tentu jika kamu melakukan korupsi bukan tidak mungkin untuk bisa masuk penjara, bahkan hukumannya bisa sampai berpuluh-puluh tahun lamanya.

Maka dari itu kamu harus bisa menahan agar tidak mengambil hak orang lain untuk memperkaya diri, hiduplah dengan kerja keras kamu karena itu akan lebih baik dan juga lebih aman.

5. Uang yang kamu dapatkan adalah uang haram

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!Pexels.com/Pixabay

Uang yang didapatkan hasil dari korupsi adalah uang haram, selamanya akan menjadi uang haram sebelum kamu sadar dan mengembalikan uang tersebut ke tempat semula.

Meskipun kamu menjadikannya sebagai modal usaha, uang yang didapatkan dari usaha kamu juga akan tetap haram. Makanya kamu harus mencegah diri kamu sendiri untuk menjadi seorang koruptor karena uang yang didapatkan tidak akan berkah sama sekali.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh korupsi di mana pun, jangan sampai tergoda hanya karena kesenangan sesaat!

Baca Juga: [CEK FAKTA] Tingkat Korupsi di Indonesia Sudah di Stadium 4, Benarkah?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You