Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Selalu ada kesedihan di balik senyuman!

Masih banyak orang yang berpikir bahwa orang yang sedang bahagia itu bisa dilihat dari ekspresinya, jika dia tersenyum, sudah pasti kebahagiaan sedang menyelimuti dirinya.

Namun sayangnya tidak semudah itu, sedikitnya ada lima alasan mengapa orang yang terlihat bahagia belum tentu merasa bahagia. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kebahagiaan palsu bisa dibuat untuk menutupi segala kesedihannya

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu BahagiaPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, bukan tidak mungkin jika seseorang membuat kebahagiaan palsu demi menutupi segala kesedihannya. Masih banyak orang yang mampu membuat senyuman di pipinya sekalipun dirinya sedang tidak baik-baik saja.

Meski gak semua orang bisa dan mau melakukannya, senyuman yang dibuat-buat selalu ada di sekitar kita. Meski kelihatannya benar-benar nyata, belum tentu di dalam hatinya merasakan hal yang sama.

2. Mencoba untuk terlihat kuat di depan orang lain sekalipun dirinya sedang bersedih

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu BahagiaPexels.com/Ketut Subiyanto

Sebagian besar orang ingin terlihat kuat dan tahan banting di depan orang lain, bahkan segala macam kesedihannya digantikan dengan senyuman untuk menganggap dirinya sedang bahagia.

Tetap kuat dan tegar dalam kesedihan memang diperlukan, namun pura-pura bahagia bisa membuat kesedihan tersebut tertahan dan terus menumpuk sepanjang waktu. 

Baca Juga: 5 Tips Paling Mudah untuk Meningkatkan Rasa Syukur agar Lebih Bahagia

3. Gak semua orang mau menunjukkan kesedihannya di depan orang banyak

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu BahagiaPexels.com/Ketut Subiyanto

Mengganti kesedihan dengan senyuman bahagia memang terasa sulit, namun sebagian besar orang tetap melakukannya karena mereka tidak ingin menunjukkan kesedihannya di depan orang banyak.

Gak semua orang mau menunjukkan kesedihannya untuk khalayak ramai, ada yang memang berpura-pura bahagia untuk menutupi segala kesedihannya.

4. Selalu menghadapi segala bentuk kesedihan dengan senyuman bahagia

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu BahagiaPexels.com/Andrea Piacquadio

Terlihat bahagia belum tentu benar bahagia, karena masih banyak orang yang menghadapi segala bentuk kesedihan dengan senyuman bahagia.

Semua orang punya beragam macam alasan untuk tetap tersenyum sekalipun sedang bersedih, apa yang menurutnya baik untuk diri sendiri tetap dilakukan sekalipun berbanding terbalik dengan keinginannya sendiri.

5. Tidak ingin mempengaruhi suasana hati orang lain dengan raut wajah kesedihan

5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu BahagiaPexels.com/Fox

Orang pada umumnya menampilkan ekspresi kesedihan di depan banyak orang untuk mendapatkan simpati. Namun, ada juga yang melakukan sebaliknya, mengganti suasana sedih menjadi bahagia.

Pada dasarnya, mereka tidak ingin mempengaruhi suasana hati orang lain dengan raut wajah kesedihan. Dalam konteks ini, kondisi orang lain jauh lebih penting dibanding dirinya sendiri.

Itu dia deretan alasan mengapa orang yang terlihat bahagia belum tentu merasa bahagia. Kita tidak bisa menilai kebahagiaan orang lain hanya berdasarkan ekspresi, bahagia atau tidaknya seseorang hanya bisa diketahui oleh dirinya sendiri.

Baca Juga: Mengapa Orang Lain Selalu Tampak Bahagia Kehidupannya? Ini 5 Alasannya

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya