Comscore Tracker

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas Sikapmu

Kebanyakan dari mereka enggan bicara secara langsung!

Dalam menjalani hidup, sikap yang kita lakukan kadang kala tidak disukai atau diterima dengan baik oleh orang lain. Meski begitu, banyak dari mereka yang enggan untuk bicara atau bahkan mengutarakan ketidaksukaannya.

Meski begitu, kamu bisa melihat dari berbagi tanda yang terjadi, seperti lima hal yang menandakan orang terdekatmu sangat terbebani atas sikapmu berikut ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak lebih jauh lagi.

1. Terlalu sering menegur setiap tindakan yang kamu lakukan

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas SikapmuPexels.com/Armin Rimoldi

Pada dasarnya, teguran dari orang lain bisa mengandung banyak makna. Teguran tersebut bisa berupa saran yang meluruskan, atau sebagai bentuk ketidaksukaannya terhadap sikap yang kamu tunjukan.

Orang yang terlalu sering menegur setiap tindakan yang kamu lakukan bisa menjadi pertanda bahwa dia benar-benar sangat terbebani atas sikapmu. Meski dengan cara yang halus dan terselubung, bukan berarti dia tidak kesal dan geram terhadapmu.

2. Berusaha menghindar sejauh mungkin karena merasa tidak nyaman

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas SikapmuPexels.com/Anete Lusina

Pada hakikatnya, ketidaksukaan sangat berpengaruh pada kenyamanan itu sendiri. Biasanya hal ini terjadi ketika sikap yang dilakukan sangat berlebihan atau terlalu membebani orang sekitar.

Jika orang terdekatmu berusaha menghindari sejauh mungkin, artinya dia tidak menyukai sikapmu dan kenyamanannya sangat terusik. Bukan maksud tidak menerima sikap kamu apa adanya, tapi kenyamanan sangat penting dalam menjalani hidup ini.

Baca Juga: Jangan Ngaku Sahabat Kalau Kamu Lakukan 5 Hal Ini Padanya

3. Sering menyinggung perbaikan diri yang secara spesifik tertuju padamu

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas SikapmuPexels.com/Budgeron Bach

Dalam mengutarakan ketidaksukaan, orang biasanya menggunakan kata yang menyinggung agar mudah disadari. Jika hal ini dilakukan oleh orang terdekatmu, ada kemungkinan dia sangat terbebani atas segala sikapmu.

Singgungan yang diberikan biasanya berdasar pada perbaikan diri dan sejenisnya, dia ingin kamu mengubah sikapmu sekalipun tanpa bicara secara langsung.

4. Lebih banyak berkomentar tentang sikapmu baik di belakang maupun secara langsung

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas SikapmuPexels.com/Armin Rimoldi

Pada dasarnya, ketidaksukaan juga bisa dilakukan dengan cara mengomentari segala bentuk sikap yang kamu tunjukan, baik yang diutarakan secara langsung maupun secara sembunyi-sembunyi di belakangmu.

Merasa risi akan sikap yang kamu tunjukan mungkin memberikan beban yang begitu berat, makanya dia melakukan hal tersebut sebagai bentuk ketidaknyamanan atau protes meski cara yang dilakukannya bisa sangat salah.

5. Sulit diajak kerja sama atau mengerjakan sesuatu secara bebarengan

5 Hal yang Menandakan Orang Terdekatmu Sangat Terbebani atas SikapmuPexels.com/Gabby K

Secara garis besar, kerja sama dengan orang terdekat bukan hanya sebatas tentang kepercayaan, tapi juga kenyamanan dalam membangun relasi itu sendiri.

Pada akhirnya, orang terdekat yang sulit diajak bekerja sama bisa terjadi akibat dari merasa terbebani atas segala sikap yang kamu tunjukan. Meski tidak dikatakan secara langsung, ini menjadi pertanda bahwasanya kamu harus segera melakukan introspeksi diri.

Itu dia deretan perihal yang menandakan orang terdekatmu sangat terbebani atas sikapmu. Jika kamu tidak segera sadar akan hal ini, cepat atau lambat, orang terdekatmu akan mulai menjauh perlahan demi perlahan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Masalah Kepercayaan Terhadap Orang Lain

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya