Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu Sendiri

Biar gak bimbang ... #IDNTimesLife #ANGPOIN

Setiap orang pastinya punya caranya masing-masing dalam menentukan pilihan hidup. Hanya saja, sebagian orang masih saja ada yang bimbang atas pilihan hidupnya sendiri. 

Meski wajar, bukan berarti kita boleh bimbang untuk jangka panjang. Untuk itu, simak lima cara mengatasi ketidakpercayaan pada pilihan hidupmu sendiri. Lebih jelasnya, yuk, simak ulasan di bawah ini. 

1. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu SendiriUnsplash.com/Mohamed Al Masry

Dalam hidup, sebenarnya kita memiliki banyak opsi untuk memilih demi kebaikan hidup kamu sendiri. Jika bingung, cobalah melakukan riset terlebih dahulu dan pastikan pilihan kamu merupakan pilihan yang paling terbaik. 

Hal ini dilakukan bukan hanya sebatas mendapatkan pilihan yang paling tepat buatmu, tapi juga menghilangkan ketidakpercayaan pada diri kamu sendiri. 

2. Lebih yakin bahwa memilih jauh lebih baik dibanding tidak sama sekali

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu SendiriUnsplash.com/Jonas Leupe

Memilih dalam hidup memang tidak bisa kita anggap remeh. Banyak hal buruk yang bisa terjadi kapan saja saat pilihan hidupmu melenceng dari yang seharusnya. 

Namun, kamu harus lebih yakin bahwa memilih jauh lebih baik dibanding tidak sama sekali. Tidak ada yang namanya pilihan yang sempurna. Kamu hanya perlu mengantisipasi segala macam risiko di dalamnya. 

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Hidup Orang Indonesia Terasa Belum Lengkap

3. Tidak ada yang namanya pilihan buruk selama kamu melihatnya secara positif

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu SendiriUnsplash.com/Candice Picard

Merasa pilihan hidupmu buruk memang tidak ada salahnya. Kamu bisa sekalian introspeksi diri dan memperbaiki apa yang sebelumnya menjadi kesalahan. Namun, segala pilihan dalam hidupmu tidak akan luput dari kekurangan. 

Bahkan, tidak ada yang namanya pilihan buruk selama kamu melihatnya secara positif. Yakinlah bahwa pilihan hidupmu sudah benar. Pikiran negatif hanya akan memosisikan diri kamu dalam kesalahan selamanya. 

4. Jangan terburu-buru dalam memilih karena ketidaksabaranmu

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu SendiriUnsplash.com/Mimi Thian

Pilihan hidup sifatnya sangatlah krusial. Kita tahu itu. Hanya saja, masih banyak orang yang terburu-buru dalam memilih, bahkan tidak melakukan perbandingan sama sekali. 

Padahal, kamu harus bisa mengendalikan segala ketidaksabaranmu. Orang yang sabar itu lebih baik dalam memilih karena segala hal yang diputuskannya benar-benar dipikirkan secara matang. 

5. Meningkatkan kepercayaan diri dalam mengambil setiap keputusan

5 Cara Mengatasi Ketidakpercayaan pada Pilihan Hidupmu SendiriUnsplash.com/Andre Hunter

Secara logika, melawan ketidakpercayaan bisa kamu lakukan dengan cara meningkatkan kepercayaan. Tentu, dalam konteks ini adalah kepercayaan diri. Kamu harus sepenuhnya percaya pada setiap keputusan yang kamu buat. 

Mengambil keputusan dalam membuat pilihan hidup memang tidak sesederhana itu. Namun, kepercayaan diri harus bisa kamu tingkatkan demi menghilangkan keraguan saat mengambil keputusan.

Itu dia deretan cara mengatasi ketidakpercayaan pada pilihan hidupmu sendiri. Buang jauh-jauh rasa bimbang dalam dirimu. Hidup harus bisa memilih tanpa ada keraguan sama sekali. 

Baca Juga: 7 Gaya Hidup yang Bisa Meningkatkan Risiko Terserang Depresi

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya