Comscore Tracker

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekit

Iri malah bikin sakit hati, lebih baik kamu jadikan motivasi

Kita semua pastinya pernah melihat seseorang yang punya nilai keberuntungan tinggi, saat dirinya terus menerus mendapatkan kebaikan atau sesuatu yang punya nilai berharga dalam hidup.

Namun, tanpa sadar kita sering kali merasa iri hati secara berlebihan atas segala keberuntungan yang orang lain peroleh. Padahal, di bawah ini ada lima alasan kamu gak boleh terlalu iri hati pada keberuntungan orang lain. Biar tahu lebih lengkapnya, yuk, baca ulasannya sampai habis.

1. Itu sudah menjadi bagian dari rezekinya saat ini

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekitilustrasi cewek dan cowok mendapat hadiah (pexels.com/EKATERINA BOLOV)

Di saat ada keberuntungan yang datang pada orang di sekitarmu, jangan terlalu ambil pusing atau bahkan sampai merasa iri hati. Nyatanya, itu sudah menjadi bagian dari rezekinya saat ini.

Setiap orang sudah punya keberuntungannya masing-masing, dan itu sudah menjadi bagian dari keberuntungannya. Jika kamu merasa iri hati, itu hanya akan membawa beban pikiran yang berlebih.

2. Kamu harus mencari keberuntunganmu sendiri dengan berusaha

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekitilustrasi pria memberi hadiah (pexels.com/Any Lane)

Dasarnya, keberuntungan tidak hanya akan datang begitu saja, tanpa sebab yang jelas. Nyatanya, kamu harus mencari keberuntunganmu sendiri dengan melakukan lebih banyak usaha.

Hal tersebut jauh lebih baik, dibanding merasa iri hati atas keberuntungan orang lain. Iri hati tidak akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, bahkan bisa berakhir keburukan yang merugikan.

3. Tidak ada untungnya mempermasalahkan keberuntungan orang lain

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekitilustrasi cewek dan cowok saling berhadapan (pexels.com/Ron Lach)

Jika bicara soal keberuntungan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana mendapatkannya. Namun, yang pasti adalah keberuntungan setiap orang berbeda-beda, kita gak perlu iri atas yang diraih seseorang.

Tidak ada untungnya mempermasalahkan apa yang sebenarnya tidak perlu dijadikan masalah. Atau kasus terburuknya, kamu akan mendapati keburukan hanya karena rasa iri hati semata.

Lebih baik, kamu jadikan motivasi, ya, untuk mengggapai yang kamu inginkan atau impikan. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

4. Belajar menilai nasib baik orang lain dengan penuh kebahagiaan

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekitilustrasi perempuan memberi buket bunga (pexels.com/Amina Filkins)

Segala bentuk keberuntungan orang lain adalah kebaikan, mendapatkan segala sesuatu yang sebenarnya gak bisa didapatkan setiap waktu. Cara pandang kita akan keberuntungan harus diperbaiki lagi jika masih ada iri hati.

Lebih baik kita belajar, bagaimana menilai sebuah keberuntungan orang lain. Kamu harus menilainya dengan penuh kebahagiaan, berharap bahwa kamu juga akan mendapatkan kemudahan yang sama.

5. Agar tidak membuatmu bertindak jahat hanya karena iri

5 Alasan Gak Boleh Iri sama Keberuntungan Orang Lain, Nyelekitilustrasi perempuan menatap ikan di akuarium (pexels.com/Khoa Võ)

Perasaan iri hari dasarnya tidak hanya sampai di pikiran semata, tapi juga bisa melalui tindakan. Jika kamu melihat keberuntungan orang lain, jangan biarkan rasa iri hati tersebut menguasaimu.

Jangan sampai iri hati tersebut membuatmu bertindak jahat dan dapat merugikan orang lain. Padahal, tidak ada yang salah dengan pencapaian orang lain, itu sudah menjadi bagian dari keberuntungannya saat ini.

Di saat kita melihat keberuntungan orang lain, ada perasaan kita juga ingin mendapatkan hal yang sama. Namun, kelima poin di atas menegaskan bahwa iri hati secara berlebihan bisa berdampak buruk tanpa kamu sadari.

Baca Juga: 5 Strategi Sederhana Mengubah Rasa Iri Hati Menjadi Motivasi 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya