Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap Kesepakatan

Jangan main-main dengan kesepakatan!

Pada dasarnya, setiap kali ada negosiasi, biasanya terjadi sebuah kesepakatan yang sudah disetujui antar kedua belah pihak. Meski ada proses di dalamnya, kesepakatan tidak boleh dianggap remeh begitu saja.

Bukan hanya menciptakan kesepakatan yang lebih baik, tapi juga sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh gegabah dalam membuat setiap kesepakatan yang ada. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kesepakatan harus memenuhi segala aspek yang kamu inginkan dan butuhkan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap KesepakatanPexels.com/fauxels

Dalam setiap kesepakatan, tentu akan ada persetujuan dari kedua belah pihak atau banyak pihak yang bersangkutan. Namun, membuat sebuah kesempatan tidak boleh dengan cara yang terburu-buru atau gegabah.

Kesepakatan harus memenuhi segala aspek yang kamu inginkan dan butuhkan. Paling tidak, kesepakatan tersebut dibuat atas dasar keinginan dan juga kepentingan yang benar-benar berguna untuk diri sendiri.

2. Kesepakatan bisa membuat hidupmu lebih baik dan juga bisa lebih buruk

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap KesepakatanPexels.com/Huy ProShoot

Secara garis besar, kesepakatan bisa membuat hidupmu lebih baik dan juga bisa lebih buruk, itu semua tergantung dari bagaimana cara kamu memutuskan dari setiap negosiasi yang berakhir sebuah kesepakatan.

Pada akhirnya, kita tidak boleh gegabah dengan adanya kesepakatan. Nasib hidup kamu bisa sangat bergantung pada setiap kesepakatan yang telah kamu buat sebelumnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengambil Keputusan Besar dengan Keyakinan

3. Tidak membuat kesepakatan yang intinya masih samar-samar

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap KesepakatanPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, kesepakatan bisa terjadi akibat dari banyaknya negosiasi yang telah dilakukan sebelumnya. Tentu ada inti dari kesepakatan itu sendiri, yang mana hal tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak.

Namun, jangan pernah membuat kesepakatan yang intinya masih samar-samar. Kita tidak boleh gegabah dalam hal ini, inti kesepakatan bisa saja dibuat tidak jelas demi menguntungkan salah satu pihak saja.

4. Kesepakatan harus jauh dari kata merugikan diri sendiri maupun orang lain

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap KesepakatanPexels.com/Tim Samuel

Pada hakikatnya, kita tidak boleh membuat kesepakatan yang gegabah dan tanpa pikir panjang, jangan biarkan kesepakatan tersebut merugikan diri sendiri maupun orang lain yang bersangkutan.

Kesepakatan memang tujuan akhir dari sebuah negosiasi, namun bukan berarti akan selamanya Menghasilkan sesuatu yang baik. Tanpa ada keseriusan di dalamnya, sebuah kesepakatan bisa berdampak buruk kedepannya.

5. Tidak menyesali segala kesepakatan yang telah kamu buat

5 Alasan Kamu Gak Boleh Gegabah dalam Membuat Setiap KesepakatanPexels.com/cottonbro

Membuat kesepakatan tanpa pikir panjang mungkin terdengar sangat percaya diri, namun tindakan tersebut sangat gegabah dan bahkan bisa membuat kamu menyesali segala kesepakatan yang ada.

Pada akhirnya, kesepakatan tidak bisa dianggap main-main, bahkan bukan tidak mungkin jika hal tersebut menjadi sebuah keputusan yang akan kamu sesali seumur hidupmu.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh gegabah dalam membuat setiap kesepakatan. Meski awalnya baik-baik saja, kesepakatan yang tidak dilakukan secara serius bisa berdampak buruk yang berkepanjangan.

Baca Juga: 7 Tips agar Gak Mudah Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya