Comscore Tracker

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi Lho

Awas, nanti ketagihan!

Korupsi dan koruptor, adalah kata yang banyak dipahami warga Indonesia. Hal ini karena sudah banyak terjadi dan bahkan beberapa kasus korupsi besar-besaran pernah terjadi di Indonesia.

Namun bagaimana jika kamu juga melakukan korupsi yang tanpa kamu sadari? Meskipun bersifat kecil, hal ini tidak boleh kamu jadikan kebiasaan yang nantinya akan menjerumuskan kamu ketika dewasa nanti.

Berikut ini ada beberapa hal kecil yang ternyata sudah termasuk korupsi tanpa kamu sadari, jika sudah tahu silahkan stop kebiasaan buruk tersebut dari sekarang.

1. Korupsi uang kembalian, kamu tidak mengembalikan uang lebih saat ibu kamu menyuruh membeli barang ke warung sewaktu masih kecil

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi LhoPexels.com/Breakingpic

Hampir semua anak pernah disuruh oleh ibunya untuk membeli sesuatu ke warung terdekat, tentu untuk minta dibelikan bumbu masakan atau barang dapur lainnya.

Namun ketika ada uang kembalian, hampir semua anak akan mengambilnya dan tidak mengembalikannya lagi tanpa memintanya terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk karena itu juga sudah termasuk korupsi.

Jadi sebagai seorang ibu harusnya memberikan pelajaran yang baik pada anaknya, jangan sampai mengambil hak orang lain tanpa memintanya terlebih dahulu sehingga kebiasaan ini tidak terbawa hingga dia dewasa.

2. Mengambil uang hasil iuran tanpa bilang-bilang hanya karena kamu yang mengumpulkannya

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi LhoPexels.com/Pixabay

Mungkin kejadian hal semacam ini sering terjadi, bahkan sudah dianggap tidak aneh karena memang sangat wajar dan tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Namun tahukah kamu bahwa mengambil sedikit uang hasil iuran tanpa memberitahu orang yang bersangkutan hanya karena kamu yang mengumpulkannya sudah termasuk korupsi?

Memang kamu yang mengumpulkannya, namun kamu tidak bisa mengambil hak orang lain tanpa ada kesepakatan sebelumnya. Jika kamu mau meminta jatah, kamu harus membuat persetujuan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Korupsi di Mana pun, Jangan Tergoda!

3. Mengganti nota pembelian untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi LhoPexels.com/cottonbro

Tindakan curang yang sering dilakukan oleh beberapa orang, mengganti nota pembelian dengan menuliskan harga barang yang jauh lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan.

Tentu hal kecil semacam ini sudah bisa dikatakan sebagai korupsi, kamu mau mendapatkan uang lebih banyak dengan memanipulasi nota pembelian yang harusnya jauh lebih murah menjadi sangat mahal.

4. Menggunakan uang kas sekolah untuk keperluan pribadi walaupun untuk hal yang sangat kecil

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi LhoPexels.com/VisionPic .net

Banyak orang yang menganggap bahwa hal ini sangat sepele, menggunakan uang kas sekolah untuk keperluan pribadi meskipun hanya untuk hal kecil seperti membeli pulpen, pensil, atau bahkan penghapus.

Tentu ini juga sudah dikatakan sebagai korupsi, walaupun dalam bentuk yang lebih kecil. Namun kebiasaan kecil ini tidak boleh kamu lanjutkan, masalahnya adalah uang 10 juta juga terlihat sangat kecil jika di antara 500 juta, paham?

5. Menggunakan uang hasil sedekah untuk keperluan pribadi meskipun hanya sebatas membeli permen

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi LhoPexels.com/Suraphat Nuea-on

Jika kamu dipercaya oleh orang untuk mengumpulkan uang sedekah dan memberikannya kepada masyarakat kurang mampu, kamu tidak memiliki hak sedikitpun atas uang tersebut meskipun hanya untuk membeli permen.

Mungkin kamu akan mendapatkan jatah tersendiri jika membuat persetujuan terlebih dahulu, jika tidak ada kamu tidak boleh mengambilnya. Mungkin hal ini terlihat sangat kecil, namun dampaknya bisa sangat besar di kemudian hari.

Itulah beberapa hal kecil yang ternyata sudah termasuk korupsi tanpa kamu sadari, jangan diulang atau jangan pernah mencoba selagi kamu tahu bahwa itu sangat salah.

Baca Juga: 10 Hal Sepele Ini Tanda Kamu Sudah Melakukan Korupsi!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Indra Zakaria

Just For You