Comscore Tracker

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan Kecil

Bikin stres?

Pada dasarnya, setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan demi kesalahan semasa hidupnya. Namun, ada beberapa tipikal orang yang memang sangat menghindari kesalahan sekecil apa pun itu.

Meski sudah menjadi kewajaran jika seseorang melakukan suatu kesalahan, sedikitnya ada lima hal yang menandakan kamu mudah terganggu dengan kesalahan kecil dalam hidup. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Terlalu berlebihan dalam meminta maaf

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan KecilPexels.com/fauxels

Secara garis besar, setelah melakukan kesalahan memang sudah sepantasnya untuk melakukan permintaan maaf. Namun, kamu sendiri cenderung berlebihan dalam meminta maaf, bahkan terlalu over untuk sebatas kesalahan kecil.

Meski terkesan aneh, hal ini biasanya terjadi akibat dari kamu yang mudah terganggu dengan kesalahan kecil. Meski kesalahannya tidak seberapa, rasa tidak enak membuat dirimu mencoba sebaik mungkin dalam meminta maaf.

2. Hidup tidak pernah tenang di saat melakukan kesalahan demi kesalahan kecil

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan KecilPexels.com/cottonbro

Pada umumnya, sebuah kesalahan memang bisa membuat hati sendiri merasa tidak nyaman. Namun, kamu sendiri merasakan hal yang sama di saat melakukan kesalahan kecil yang sifatnya tidak fatal.

Dalam hal ini, nyatanya kamu tipe orang yang mudah terganggu dengan kesalahan kecil. Hidup tidak pernah merasa tenang di saat melakukan kesalahan, termasuk kesalahan yang tergolong sepele dan tidak berdampak besar.

3. Memberikan ganti rugi yang lebih dari seharusnya

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan KecilPexels.com/C Technical

Dalam hidup, memberikan kompensasi di saat melakukan kesalahan merupakan tindakan yang wajar, apalagi sifatnya merugikan orang lain. Namun, kamu sendiri sering kali memberikan ganti rugi yang lebih dari seharusnya.

Hal ini terjadi karena kamu sangat terganggu dengan kesalahan kecil. Meski kesalahannya tidak seberapa, kompensasi yang lebih dari cukup diharapkan bisa membantu menenangkan diri.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Justru Terjadi Saat Kamu Punya Pasangan!

4. Tidak pernah menunda kata maaf meskipun hanya sehari

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan KecilPexels.com/Huy ProShoot

Di saat melakukan kesalahan, gak semua orang bisa dengan mudah langsung meminta maaf. Namun, berbeda dengan diri kamu sendiri, bahkan tidak pernah menunda kata maaf meskipun hanya sehari.

Hal ini terjadi karena kamu sangat mudah terganggu dengan kesalahan demi kesalahan kecil yang terlihat sepele. Meski dampaknya tidak terlalu besar bagi orang lain, kata maaf sangat berperan penting untuk memutus kesalahpahaman.

5. Selalu perfeksionis dalam segala hal

5 Hal yang Menandakan Kamu Mudah Terganggu dengan Kesalahan KecilPexels.com/Ron Lach

Pada dasarnya, orang yang ingin hidupnya selalu perfect dalam segala hal biasanya mudah terganggu dengan hal sepele, termasuk kesalahan kecil yang tidak seberapa.

Nyatanya, hidup yang berada di luar kebiasaan sangat mengganggu di pikiran. Meski kesalahannya tidak terlalu besar, sikap yang perfeksionis selalu berhasil membuat hidupmu jauh dari kesempurnaan.

Itu dia deretan perihal yang menandakan kamu mudah terganggu dengan kesalahan kecil. Meski segala kesalahan harus bisa membuat dirimu merasa bersalah, bukan berarti bisa terlalu berlebihan dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Tanda Keseimbangan dalam Hidupmu Mulai Terganggu, Ambil Jeda Yuk! 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya