Comscore Tracker

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannya

Biar gak merugikan diri sendiri secara terus-menerus

Hidup memang kita yang jalanin, gak perlu terlalu mementingkan pandangan buruk orang yang sifatnya merugikan. Namun, nama baik harus tetap kita jaga, jangan terlalu abai akan baik buruknya pandangan orang lain. 

Nyatanya, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab yang jelas, karena sedikitnya ada lima alasan pentingnya menjaga nama baik untuk hidupmu kedepannya. Keep reading ya biar tahu lebih lengkapnya. 

1. Menjaga nama baik sama dengan menjaga interaksi mu dengan orang sekitar

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannyailustrasi orang berbincang-bincang (pexels.com/RODNAE Production)

Manusia adalah makhluk sosial yang senang berinteraksi dengan orang lainnya. Namun, menjaga hal ini ini harus benar-benar kamu perhatikan, apalagi dalam konteks menjaga nama baik. 

Hal ini memang benar-benar tidak boleh dianggap sepele. Menjaga nama baik sama dengan menjaga interaksi mu dengan orang sekitar, kamu bisa tetap bersikap seperti biasanya karena nama baikmu tidak tercoreng. 

2. Tidak membuat orang lain selalu berpikiran negatif tentang dirimu

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannyailustrasi sekelompok orang (pexels.com/fauxels)

Menjaga nama baik sama dengan menjaga pikiran orang lain, yang mana pandangan orang lain terhadapmu tidak akan langsung ke arah yang negatif seperti nama baik yang sudah tercoreng. 

Kita memang tidak bisa mengatur pikiran orang lain untuk selalu berpikiran ke arah yang positif. Namun, paling tidak hal ini meminimalkan timbulnya berburuk sangka secara spontan dan juga  berlebihan. 

Baca Juga: Gak Disadari, Ini 5 Tanda Kamu Masih Menyimpan Citra Diri Negatif

3. Tidak mencemari nama baik keluarga dengan tindakan burukmu

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannyailustrasi keluarga besar (pexels.com/August de Richelieu)

Keluarga menjadi orang terdekat yang bisa ikut tercoreng nama baiknya jika nama baikmu begitu buruk. Hal ini terjadi karena keluarga sebagai penanggung jawab dirimu, dan ini sifatnya sangat umum sekali. 

Pada akhirnya, menjaga nama baik sendiri sama dengan menjaga nama baik keluarga. Jangan sampai tindakan burukmu merugikan orang terdekat secara fatal, apalagi itu ada keluarga kamu sendiri. 

4. Lebih mudah diterima dengan baik di tengah masyarakat

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannyailustrasi kerumunan (pexels.com/Pixabay)

Setiap orang pastinya ingin hidup dengan nyaman di tengah masyarakat. Namun, jangan mengubah keadaan dengan tindakan burukmu yang sifatnya mencemarkan nama baik sendiri. 

Nyatanya, tindakan tersebut bisa membuat orang lain bersikap berbeda dan tidak biasanya. Pikir dengan baik sebelum berbuat sesuatu, atau kenyamananmu bisa terganggu dalam jangka waktu yang sangat lama. 

5. Menciptakan pribadi yang baik secara pandangan maupun kenyataan

5 Alasan Penting Jaga Nama Baik untuk Hidupmu ke Depannyailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Hannah Nelson)

Menjaga nama baik sama dengan menjaga perilaku atau sikap diri sendiri, yang mana kamu lebih berhati-hati dalam bertindak demi menciptakan pandangan yang lebih baik di mata orang lain.

Bukan bermaksud menjaga image, tapi kamu bisa menciptakan pribadi yang baik secara pandangan maupun kenyataan. Ala hasil, sikapmu lebih terkontrol dan tahu mana yang baik dan mana yang buruk. 

Kita tidak bisa memastikan bahwa orang-orang akan memandangmu baik atau buruk menurut cara pandang mereka sendiri. Namun, menjaga nama baik punya peran yang lebih penting, tidak membuat image buruk yang sifatnya merugikan dirimu dan juga orang sekitar. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya