Comscore Tracker

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lain

Meski dicoba berulang kali? 

Setiap orang pastinya punya dorongan untuk mengubah sifat buruk orang lain, yang mana hal itu dilakukan agar tidak merugikan dirinya sendiri maupun orang sekitar.

Namun, mengubah orang lain tidak semudah yang kita bayangkan, bahkan akan lebih banyak penolakan dibanding penerimaan.

Tentu hal ini terjadi bukan tanpa sebab yang jelas, karena di bawah ini sedikitnya ada lima alasan kamu gak pernah bisa mengubah sifat buruk orang lain. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading. 

1. Mengubah sifat hanya bisa dilakukan oleh dirinya sendiri

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lainilustrasi dua orang saling menatap (pexels.com/Sarah Chai)

Perubahan sifat mungkin bisa saja terjadi akibat adanya dorongan dari orang lain, memberi penjelasan secara rinci dampak buruk dari sifat yang dimilikinya.

Namun, semua itu bisa terjadi bukan karena sebatas pengaruh dari luar, harus ada kemauan diri sendiri. Pengaruh orang lain hanya sebatas pendorong, bukan penentu. 

2. Cara kamu menyampaikannya terlalu menyudutkan

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lainilustrasi pria memegang papan skateboard (pexels.com/Artem Podrez)

Menilai sifat buruk orang lain secara terang-terangan bukanlah pilihan yang tepat. Mungkin tujuan kamu menyampaikannya sangat baik, tapi itu bisa dinilai lebih ke arah menyudutkan. 

Kamu gak akan pernah bisa mengubah seseorang jika cara penyampaiannya kurang tepat, yang ada malah dia merasa tersinggung dan berbalik memarahimu. Cobalah untuk atur kembali kata yang ingin diucapkan, itu punya pengaruh yang cukup besar.

3. Kamu dinilai terlalu mencampuri urusan orang lain

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lainilustrasi cewek memakan makanannya (pexels.com/Adrienn)

Dasarnya, banyak orang yang ingin hidup hanya berdasarkan penilaiannya sendri, tidak mau memperdulikan apa yang orang lain katakan. Meski itu merupakan sifat yang buruk, tidak ada yang berhak untuk berkomentar.

Tipe orang semacam ini lah yang sulit untuk diubah, apa yang menjadi kepribadiannya adalah hak yang tidak perlu dicampuri orang lain. Meski niat dan tujuanmu adalah demi kebaikan, gak semua orang mau melihatnya dari sisi yang positif.

Baca Juga: Sadar Punya Sifat-Sifat Buruk? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

4. Sifat buruk yang ia miliki adalah keras kepala

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lainilustrasi cewek bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Banyak sekali macam sifat buruk yang punya dampak negatif dalam hidup, salah satunya adalah keras kepala. Meski itu adalah bentuk kepribadian seseorang, tidak ada salahnya untuk diubah secara perlahan.

Namun, mengubah atau bahkan hanya sekedar menasihati orang keras kepala bukan perkara mudah. Ia akan tetap teguh dengan pendiriannya, apa yang menjadi ucapan orang lain atas dirinya bisa dianggap omong kosong belaka.

5. Cara penyampaianmu tidak pernah serius

5 Sebab Kamu Gak Pernah Bisa Ubah Sifat Buruk Orang Lainilustrasi dua cewek berbincang (pexels.com/Julia Larson)

Kebanyakan dari kita memilih jalur bercandaan untuk mengubah orang lain, yang mana hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya ketersinggungan dan juga membawa suasana jauh lebih santai.

Namun, poin penting yang kita utarakan kadang kala tidak pernah sampai. Cara penyampaian yang tidak serius membuat hal itu dianggap candaan biasa, tidak memiliki arti apa pun.

Kita semua pastinya ingin melihat orang yang ada di ruang lingkupmu memiliki kepribadian baik dan membuang segala yang bersifat negatif. Namun, kelima poin di atas menegaskan bahwa gak semudah itu mengubah sifat seseorang, butuh usaha lebih yang tidak hanya sebatas bicara 'Sekedar mengingatkan'.

Baca Juga: Sifat Buruk yang Ternyata Bisa Mendatangkan Hal Positif, Penasaran?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya