Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam Hidup

Punya mental tipis?

Dalam menjalani hidup, kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya kenyataan pahit. Meski sudah berusaha hidup sebaik mungkin, kenyataan pahit tidak akan luput menjadi bagian dari kehidupan kita.

Meski suatu saat nanti akan datang, sedikitnya ada lima hal yang akan membuat kamu kesulitan menerima kenyataan pahit dalam hidup. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Baru pertama kali merasakan arti dari pahitnya hidup ini

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam HidupPexels.com/RODNAE Productions

Pada dasarnya, kenyataan pahit memang tidak bisa diterima dengan mudah begitu saja. Namun, bagi orang yang sudah terbiasa dengan kerasnya hidup, kenyataan pahit bukan sesuatu yang asing lagi.

Hal ini menegaskan bahwa orang yang baru pertama kali merasakan arti dari kenyataan pahit akan kesulitan menerimanya. Bukan hanya sebatas tidak mau menerima, tapi memang masih kaget karena ada perubahan yang drastis dalam hidupnya.

2. Masih tidak percaya dengan situasi dan kondisi yang kamu jalani saat ini

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam HidupPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada hakikatnya, tidak ada orang yang sepenuhnya percaya akan pahitnya hidup yang sedang dijalaninya saat ini. Nyatanya, hal ini wajar terjadi, mengingat kerasnya hidup membuat pikiran kita menjadi tidak jernih.

Pada akhirnya, ketidakpercayaan tersebut membuat kamu kesulitan menerima kenyataan pahit dalam hidup. Meski terlihat jelas di depan mata, rasa syok membuat segalanya menjadi kabur dan terasa samar-samar.

3. Kenyataan pahit terjadi di saat kamu sedang berekspektasi tinggi tentang kehidupan

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam HidupPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, tidak ada yang melarang kita untuk berkespektasi tinggi tentang kehidupan. Namun, hal ini bisa mengakibatkan kamu kesulitan menerima kenyataan pahit dalam hidup.

Ekspektasi tinggi mengubah pandangan kamu tentang kehidupan saat ini, yang mana segalanya harus baik-baik saja dan selalu membahagiakan. Pada akhirnya, harapan tetaplah harapan sekalipun kenyataannya sangatlah pahit.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadapi Kesulitan Hidup dengan Ikhlas

4. Kehilangan sesuatu dalam hidup yang terjadi bukan di waktu yang semestinya

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam HidupPexels.com/Masha Raymers

Secara garis besar, segala makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki usia atau batas waktu dalam menjalani hidup. Namun, bukan berarti akan selamanya berakhir sampai batas yang telah ditentukan.

Kadang kala, ada masa di mana kamu kehilangan sesuatu dalam hidup yang terjadi bukan di waktu yang semestinya. Pada akhirnya, kamu akan kesulitan menerima kenyataan pahit karena hal tersebut terjadi di waktu yang tidak tepat.

5. Kenyataan tersebut membuat kamu kesulitan menentukan tujuan hidup kedepannya

5 Hal yang Membuat Kamu Kesulitan Menerima Kenyataan Pahit dalam HidupPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, bukan tidak mungkin jika kenyataan pahit merenggut tujuan hidup kamu selama ini. Kenyataan pahit seperti memotong apa yang kamu impikan atau inginkan dalam pencapaian hidup.

Pada akhirnya, kamu kesulitan menerima kenyataan pahit karena tidak ada alasan yang membuat kamu semangat menjalani hari. Tujuan hidup sangatlah penting, bahkan jika kehilangan bisa membuat kamu merasakan frustrasi.

Itu dia deretan perihal yang membuat kamu kesulitan menerima kenyataan pahit dalam hidup. Meski kamu sendiri tahu bahwa itu nyata, namun masih tidak percaya bahwasanya hal tersebut terjadi pada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Kerugian yang Didapat Jika Sering Mengalah pada Kesulitan Hidup

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya