Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam Kehidupan

Terlalu menyepelekan hidup?

Pada dasarnya, setiap orang harus bisa mengalami kemajuan dan perkembangan seiring berjalannya waktu, khususnya dari berbagai sisi kehidupan yang sifatnya penting dan krusial.

Namun, bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan bebas hambatan, bahkan sedikitnya ada lima hal yang membuatmu kesulitan maju dan berkembang dalam hidup. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak memiliki ambisi sebagai pendorong untuk tetap maju dan berkembang

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam KehidupanPexels.com/Pixabay

Secara garis besar, tidak ada perkembangan dan kemajuan selama tidak ada kemauan. Untuk melangkah ke arah yang lebih baik, paling tidak harus ada ambisi atau dorongan di dalamnya.

Tidak memiliki ambisi sama saja seperti jalan di tempat, menjalani hidup begitu saja tanpa ada keinginan untuk maju dan berkembang ke depannya.

2. Terlalu fokus menjatuhkan orang lain karena merasa iri hati dan dengki

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam KehidupanPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, di mana ada kemajuan dan perkembangan, di situ ada iri hati dan dengki. Kadang kala, manusia ingin selalu menjadi yang terbaik di banding orang lain di sekitarnya.

Namun, hanya sebatas fokus pada iri hari dan dengki saja tidak akan membawa pengaruh baik, bahkan hal itu bisa membuatmu kesulitan untuk maju dan berkembang dalam kehidupan.

Baca Juga: 5 Perilaku Sabotase Diri yang Dapat Membuat Hidupmu Sulit Maju

3. Selalu menginginkan segalanya secara instan dan cepat

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam KehidupanPexels.com/Andrea Piacquadio

Secara logika, kemajuan dan perkembangan harus didasari pada suatu proses di dalamnya, apa yang membuatnya maju dan berkembang sebagai bentuk hasil dari proses itu sendiri.

Namun, kamu akan merasa kesulitan untuk maju dan berkembang jika selalu menginginkan segalanya secara instan dan cepat. Semua bentuk kemajuan selalu didasari pada suatu proses yang memang menguras banyak waktu dan tenaga.

4. Tidak memiliki pendirian dan prinsip hidup sebagai pegangan

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam KehidupanPexels.com/Andrea Piacquadio

Demi mencapai kemajuan dan perkembangan yang signifikan, setiap orang harus memiliki pendirian dan juga prinsip hidup sebagai pegangan. Bukan hanya sebatas pegangan semata, tapi juga pertahanan untuk tetap berada di jalur yang sama.

Adanya perkembangan dan kemajuan selalu didasari pada pendirian dan prinsip itu sendiri. Tanpa adanya kedua hal tersebut, tidak ada pencapaian yang dituntaskan secara matang dan sempurna.

5. Terlalu takut dengan kenyataan dan kegagalan dari berbagi sisi kehidupan

5 Hal yang Membuatmu Kesulitan Maju dan Berkembang dalam KehidupanPexels.com/Andrea Piacquadio

Mendapati perkembangan dan kemajuan tidak hanya sebatas sulit dan penuh perjuangan, tapi juga butuh banyak pengorbanan dan harus menerima kenyataan bahwa kegagalan bisa terjadi kapan saja.

Terlalu takut dengan kegagalan hanya akan menyulitkanmu untuk maju dan berkembang. Pada akhirnya, kamu tidak pernah memulai apa yang menjadi suatu proses kemajuan itu sendiri.

Itu dia deretan perihal yang membuatmu kesulitan maju dan berkembang dalam kehidupan. Cobalah untuk introspeksi diri untuk menemukan berbagai macam kendalanya, kemajuan dan perkembangan sangat diperlukan dalam kehidupan yang keras ini.

Baca Juga: Ini Dampaknya Kalau Sering Ngaret, Sulit Maju!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya