Comscore Tracker

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle Game

Ternyata seru juga, lho

Ada yang pernah bermain puzzle game atau teka-teki? Mungkin untuk sebagian orang, game jenis ini bisa memperburuk suasana. Selain susah, juga butuh konsentrasi yang tinggi untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Namun, di balik game teka-teki, ada berbagai macam manfaat, bahkan bisa membuat kamu jauh lebih pintar dari sebelumnya. Pernah mendengar ucapan "bermain sambil belajar"? Di situlah fungsi dari game teka-teki. Berikut ini beberapa keuntungan lain bermain game teka-teki. Bisa bikin cerdas, lho!

1. Melatih logika seseorang

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle GamePexels.com/Magda Ehlers

Game teka-teki memang erat hubungannya dengan logika. Para pemain dipaksa untuk menggunakan logikanya agar permainan tersebut bisa terpecahkan. Tentu, makin ke sini, logika kamu akan semakin baik karena bermain puzzle game.

Walaupun sangat melelahkan dan bikin pusing, secara tidak sadar, game teka-teki memiliki manfaat yang sangat besar untuk otak kamu. Logika seseorang bisa jauh lebih baik hanya karena sebuah game. Bukankah itu luar biasa?

2. Melatih kamu untuk pantang menyerah

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle GamePixabay.com/StartupStockPhotos

Sebuah puzzle game tidak selamanya mudah untuk dipahami cara kerjanya. Makanya, butuh kerja keras untuk menyelesaikan setiap teka-teki yang ada. Tentu, hal tersebut butuh kerja keras dan kesabaran, apalagi setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Namun, kita bisa mengambil manfaat dari hal ini. Orang yang bermain puzzle game cenderung pantang menyerah untuk memecahkan sebuah masalah. Berawal dari game teka-teki sederhana, bisa membawa manfaat positif bagi hidup kamu ke depannya. Sangat untung, bukan?

Baca Juga: Selamat Hari Puzzle Sedunia! Ini 10 Fakta Uniknya yang Perlu Kamu Tahu

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle GamePixabay.com/Free-Photos

Sebenarnya, banyak sekali orang di luar sana yang tidak memiliki rasa percaya diri. Sebagian merasa dirinya bodoh dan tidak pernah berhasil dalam melakukan sesuatu.

Namun, semua itu bisa dilatih dengan sebuah game sederhana, yaitu puzzle game atau teka-teki. Setiap berhasil menyelesaikan sebuah teka-teki, mereka merasa bisa melakukan sesuatu sekalipun itu hal rumit.

Apa pun itu, akan berhasil jika kita mulai dari hal kecil, salah satunya dari sebuah puzzle game. Bukan tidak mungkin, kepercayaan diri seseorang meningkat drastis setelah berhasil menyelesaikan game puzzle. Mereka merasa dirinya punya kemampuan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

4. Menambah wawasan dan pengetahuan

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle GamePexels.com/Pixabay

Banyak game teka-teki yang diadaptasi dari permainan sederhana yang ada di dunia nyata, salah satunya teka-teki silang. Teka-teki silang bisa membuat seseorang menjadi lebih berwawasan dan punya banyak pengetahuan. Kok bisa, ya?

Setiap soal biasanya diambil dari pengetahuan umum yang sudah tentu benar, baik dari soal atau jawabannya. Itu sebabnya, apa pun pertanyaannya, sudah tentu memiliki jawaban yang sesuai dengan kenyataan.

5. Menghabiskan waktu luang jauh lebih bermanfaat

Pusing, tapi Bikin Cerdas! Ini 5 Keuntungan Bermain Puzzle GamePexels.com/bruce mars

Tidak sedikit orang yang salah dalam menghabiskan waktu luang. Setidaknya, kamu harus mencari kegiatan yang benar-benar bermanfaat bagi hidup kamu. Namun, apakah bermain game itu menghabiskan waktu luang yang bermanfaat?

Ada yang bilang ya, ada juga yang tidak. Namun, bermain game teka-teki sudah pasti bermanfaat. Setidaknya, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan berharga sekaligus menyenangkan.

Itulah beberapa keuntungan lain bermain game teka-teki. Yakin, kamu tidak mau mencoba genre game yang satu ini?

Baca Juga: 9 Game Mobile Puzzle yang Wajib Kamu Coba, Siap Jadi Makin Pintar?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya