Comscore Tracker

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang Lain

Menjalani hidup jauh lebih enteng?

Secara garis besar, sudah menjadi hukum alam jika kita merasa iri hati pada orang yang lebih berjaya dibanding diri kamu sendiri. Hanya saja, merasa iri bisa menjadi bumerang bagi hidupmu, bahkan dampaknya bisa sangat buruk.

Makanya, hal tersebut harus segera kamu hentikan, karena sedikitnya ada lima sisi positif yang bisa kamu ambil jika mulai berhenti merasa iri hati pada orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Hidupmu jadi tidak punya banyak beban pikiran

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang LainUnsplash.com/Xavier Mouton Photographie

Pada dasarnya, iri hati bisa menjadi respon alami di saat hidupmu merasa paling bawah dibanding orang lain. Hanya saja, tindakan tersebut sangat tidak baik bagi pola pikirmu, bahkan bisa memberi beban lebih.

Nyatanya, berhenti merasa iri pada orang lain punya nilai positif yang jauh lebih berguna bagi hidupmu, kamu jadi tidak punya banyak beban pikiran yang bisa bikin stres dan gak mood berkepanjangan.

2. Lebih mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang LainUnsplash.com/Tania Mousinho

Pada umumnya, setiap orang tidak bisa sepenuhnya berhenti merasa iri pada orang lain. Apa yang orang lain dapatkan harus kamu dapatkan juga, itu sudah menjadi bagian dari kehidupan yang kamu jalani saat ini.

Hanya saja, berhenti merasa iri akan menghasilkan dampak positif yang jauh lebih baik dan punya nilai lebih. Kamu bisa lebih mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini, rasa syukur itu penting sekali untuk ditanam dalam diri.

3. Tidak menimbulkan permusuhan hanya karena ketidaksetaraan

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang LainUnsplash.com/Trung Thanh

Pada hakikatnya, iri hati akan selalu melibatkan orang lain yang mungkin dirinya sendiri tidak tahu sedang terlibat. Hanya saja, rasa iri hati yang kamu miliki bisa mengganggu atau bahkan merugikan orang lain.

Makanya, berhenti merasa iri bisa sangat membantu dalam hal ini. Paling tidak, kamu tidak menimbulkan permusuhan hanya karena ketidaksetaraan yang sebenarnya tidak ada manfaatnya sama sekali.

Baca Juga: 5 Tips Membuang Rasa Iri Terhadap Kesuksesan yang Diraih oleh Teman

4. Sadar bahwa ternyata iri hati hanya sebatas buang-buang waktu

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang LainUnsplash.com/Tim Mossholder

Dalam menjalani hidup, jika kita ingin mendapatkan apa yang orang lain raih, tentu harus ada banyak usaha di dalamnya. Hanya saja, iri hati membuat usaha tersebut menjadi tertunda, bahkan kamu jadi terlalu fokus pada pencapaian orang lain.

Pada akhirnya, berhenti merasa iri akan menyadarkanmu bahwa merasa iri itu sebenarnya hanya sebatas buang-buang waktu saja. Prioritasmu seperti melihat keberhasilan orang lain, tidak memfokuskan diri pada usahamu untuk mendapatkan hal tersebut.

5. Lebih memerhatikan urusan pribadi dibanding orang lain

5 Manfaat jika Kamu Mulai Berhenti Merasa Iri pada Orang LainUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Pada dasarnya, manusia yang hidup di dunia ini punya urusan dan kesibukannya masing-masing. Jika orang lain jauh lebih baik atau bahkan berada di atas kehidupanmu saat ini, merasa iri hanya akan mencampuri segala urusan orang lain.

Pada akhirnya, berhenti iri menjadi satu-satunya jalan terbaik. Hal ini bisa berdampak jauh lebih positif, kamu akan lebih memerhatikan urusan pribadi dan lebih peduli atas keadaanmu saat ini.

Itu dia deretan sisi positif jika kamu mulai berhenti merasa iri hati pada orang lain. Iri hati memang bisa timbul begitu saja tanpa kita sadari, namun kita harus punya kontrol lebih agar kehidupanmu jauh lebih positif dan bermanfaat kedepannya.

Baca Juga: 8 Cara Untuk Menghilangkan Rasa Iri Pada Orang Lain

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya