Comscore Tracker

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihan

Bikin stres berat? #IDNTimesLife

Menjalani kehidupan yang keras ini memang tidak ada mudah-mudahnya, bahkan akan ada situasi di mana kamu harus memaksakan diri agar semuanya berjalan dengan seharusnya. 

Namun, meski memaksakan diri itu menjadi bagian dari semangat kamu, bukan berarti akan selamanya baik. Makanya, pahami dengan baik bahwa ada lima tanda jika cara kamu memaksakan diri terlalu over dan berlebihan. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Hasil dari cara kamu memaksakan diri selalu berakhir buruk

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihanilustrasi sebuah kegagalan (pexels.com/Anna Shvets)

Segala sesuatu yang kita paksa tentunya diharapkan bisa menghasilkan suatu hasil yang bagus dan lebih baik dari biasanya, apa yang kamu lakukan sudah sekuat tenaga dan bahkan di luar batasan yang ada. 

Namun, kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang buruk selalu ada. Bahkan, itu menjadi pertanda bahwa cara kamu memaksakan diri terlalu berlebihan, ada yang salah dengan penempatan semangatmu. 

2. Cara kamu memaksakan diri selalu diiringi emosi yang memuncak dan tidak stabil

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihanilustrasi emosi yang memuncak (pexels.com/Craig Adderley)

Sikap memaksakan diri memang tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan emosi yang tidak stabil, apa yang kamu lakukan sedang di luar kebiasaan sehingga tingkat kenyamanan sedang menurun. 

Namun, ada sebuah kesalahan jika cara kamu memaksakan diri diiringi dengan emosi yang memuncak dan tidak stabil. Itu merupakan tindakan yang berlebihan, bahkan bisa mengganggu orang yang ada di sekitarmu. 

Baca Juga: Stop Memaksakan Diri untuk Terlihat Bahagia agar 5 Hal Ini Gak Terjadi

3. Tidak tahu seberapa besar batasan kamu baik dalam bentuk fisik maupun mental

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihanilustrasi kerja keras (pexels.com/Kateryna Babaieva)

Memaksakan diri tidak hanya sebatas melampaui apa yang kamu bisa, karena setiap orang punya batasan maksimalnya tersendiri yang tidak boleh dilewati demi kebaikan bersama. 

Jika kamu tidak tahu seberapa besar batasan kamu dalam memaksakan diri, tentu yang ada malah berakibat buruk karena terlalu over dan berlebihan. Cari tahu seberapa besar ketahanan fisik dan mental kamu, itu akan sangat menantu dalam melewati batasan tersebut. 

4. Tidak punya perhitungan yang matang dan bahkan terkesan gegabah

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihanilustrasi orang bekerja keras (pexels.com/Kateryna Babaieva)

Semangat dalam memaksakan diri kadang kala dibutuhkan dalam menjalani hidup, namun tidak semua situasi mengharuskan kamu untuk bertindak di luar batasan dan bahkan ada kalanya untuk berhenti. 

Tanda jika kamu memaksakan diri terlalu over dan berlebihan adalah tidak tahu kapan harus berhenti, yang mana kamu tidak punya perhitungan yang matang dan sering bersikap gegabah hanya karena ada semangat dalam diri. 

5. Terlalu memaksakan diri secara langsung tanpa ada tahapan demi tahapan di dalamnya

5 Tanda jika Cara Kamu Memaksakan Diri Terlalu Berlebihanilustrasi orang memaksakan diri (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menilai orang yang memaksakan diri secara berlebihan sebenarnya sangat mudah, kamu bisa melihatnya dari cara dia melakukan tindakan tersebut, apakah bertahap atau memang secara langsung. 

Tidak ada tahapan bagi orang yang memaksakan diri terlalu over dan berlebihan, semuanya dilakukan tanpa pikir panjang dan tanpa pemikiran yang matang.

Memaksakan diri secara berlebihan kenyataannya bisa berdampak buruk yang berkepanjangan. Diharapkan, beberapa tanda di atas bisa menjadi pegangan kamu sebelum memaksakan diri terlalu jauh yang memang penuh dengan risiko di dalamnya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Dapat Apabila Suka Memaksakan Cinta dan Perasaan 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya