Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumit

Biar gak salah ambil langkah!

Menghadapi suatu masalah dalam hidup memang bukan perkara yang mudah dan bisa dianggap enteng. Selalu ada masalah yang sulit dipecahkan dan membutuhkan usaha yang lebih ekstra.

Namun, bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja. Di bawah ini, sedikitnya ada lima cara mengatasi permasalahan hidup yang sulit dan juga rumit. Untuk lebih jelasnya, yuk baca ulasannya sampai habis.

1. Memahami situasi permasalahan dengan cermat dan sebaik-baiknya

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumitilustrasi perempuan memfokuskan diri (pexels.com/Anna Shvets)

Di setiap permasalahan yang menyulitkan, selalu ada pemicu di balik itu semua. Untuk menyelesaikannya, kamu harus mencari pemicu utamanya agak masalah bisa diminimalisir atau segera diatasi.

Namun, kamu harus bisa memahami situasi permasalahan dengan cermat dan sebaik-baiknya. Jangan bertindak hanya karena sebatas ego semata, pahami apa yang menjadi langkah paling tepat ke depannya. 

2. Berani ambil keputusan dengan tegas dan tidak ragu

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumitilustrasi perempuan memandangi berkas (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Menyelesaikan permasalahan memang butuh yang namanya akal dan juga kecerdasan untuk mencari jalan keluar terbaik. Namun, jangan lupa untuk bersikap berani dan juga tegas, apalagi ini bukan masalah yang bisa dianggap sepele.

Kamu harus bisa menjadi pribadi yang berani ambil keputusan dengan tegas dan tidak ragu. Nyatanya, suatu keraguan bisa membuat suatu penyelesaian masalah tidak bekerja dengan maksimal. 

3. Tidak sungkan untuk meminta bantuan pada orang terdekat

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumitilustrasi seorang pria memberi ketenangan (pexels.com/SHVETS production)

Dalam hidup, gak selamanya kita bisa memecahkan suatu permasalahan seorang diri. Selalu ada momen di mana bantuan orang lain bisa sangat berguna, bahkan menjadi satu-satunya alasan mengapa masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah.

Maka dari itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada orang lain, khususnya orang terdekat. Meminta bantuan bukanlah tindakan yang memalukan, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pagi Hari Bikin Hidup Lebih Bahagia

4. Berpikiran lebih terbuka untuk menyimulasikan berbagai macam kemungkinan

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumitilustrasi cewek berpikir (pexels.com/Ivan Samkov)

Suatu masalah bisa sangat sulit dipecahkan jika cara kamu berpikir terlalu sempit. Apalagi yang ada di pikiran hanyalah sebuah kegagalan atau jalan buntu, tidak akan pernah ada solusi untuk mengatasinya. 

Cobalah untuk berpikiran lebih terbuka untuk menyimulasikan berbagai macam kemungkinan. Cari jalan keluar menurut versi terbaik dari dirimu dengan minimnya risiko yang berdampak. 

5. Menenangkan diri sebelum mencoba memecahkan permasalahan yang ada

5 Cara Mengatasi Permasalahan Hidup yang Sulit dan Rumitilustrasi pria duduk seorang diri (pexels.com/Markus Spiske)

Ketenangan dalam hidup punya peranan sangat penting dalam berbagai konteks, salah satunya memecahkan suatu permasalahan. Jika kamu bisa bersikap tenang dengan pemikiran yang jernih, semuanya bisa terkendali dengan baik.

Untuk itu, mulailah membiasakan untuk menenangkan diri sebelum mencoba mengatasi masalah yang ada. Jangan biarkan emosi menguasai dirimu, itu hanya akan mempersulit atau bahkan menambah masalah yang lebih baru.

Mendapati permasalahan yang begitu besar dalam hidup memang bukan perkara yang mudah untuk diatasi. Namun, kelima poin di atas bisa kamu coba terapkan, gak ada masalah yang gak bisa diatasi selama ada usaha di dalamnya. 

Baca Juga: 6 Perbuatan yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan Hidup, Hati-hati! 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya