Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka Hati

Gak baik, lho!

Dalam hidup, kita sering kali merasa bahwa yang lemah akan selalu dikendalikan dan yang kuat akan dengan mudah mengendalikan. Dalam konteks ini, mengendalikan orang lain merupakan tindakan yang buruk dan bahkan berdampak negatif.

Bukan hanya sifatnya yang merugikan, sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh sembarang mengendalikan orang lain sesuka hati. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Jangan mengambil kesempatan dalam kesulitan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka HatiPexels.com/Mikhail Nilov

Pada dasarnya, di saat kamu bisa mengendalikan orang lain, artinya ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Dalam hal ini, kamu gak boleh mengambil kesempatan dalam kesulitan orang lain.

Mengendalikan orang lain mungkin akan sangat menguntungkanmu, namun jangan melakukan sesuatu yang di luar batasan yang ada, kesulitan orang lain tidak sepantasnya untuk dimanfaatkan sesuka hati.

2. Jangan memanfaatkan orang lain hanya demi kepentingan sepihak

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka HatiPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, kehidupan yang baik biasanya didasari pada saling memanfaatkan dan saling menguntungkan satu sama lain. Namun, mengendalikan orang lain sudah berada di luar konteks yang saling menguntungkan.

Nyatanya, mengendalikan orang lain sama saja seperti memanfaatkan orang lain hanya demi keuntungan sepihak. Bukan hanya buruk dalam bersikap, tapi kamu juga dapat merugikan orang lain secara sadar maupun tidak sadar.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lain

3. Biarkan orang lain untuk memilih jalan hidupnya masing-masing

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka HatiPexels.com/cottonbro

Pada umumnya, setiap orang punya cara atau jalannya sendiri dalam menjalani hidup. Dalam hal ini, kamu harus bisa memberikan kebebasan penuh dengan cara tidak ada campur tangan dalam kehidupannya, apalagi sampai berniat untuk mengendalikannya.

Nyatanya, kamu harus membiarkan orang lain untuk memilih jalan hidupnya masing-masing. Meski niat awal kamu baik sekalipun, mengendalikan orang lain sesuka hati bukan perkara baik.

4. Kamu bisa mendapat karma atau balasan yang mungkin jauh lebih buruk

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka HatiPexels.com/cottonbro

Pada dasarnya, mengendalikan orang lain mungkin terasa menyenangkan dan bahkan memberi kepuasan diri. Namun, jangan lupakan keberadaan karma dalam hidup, apalagi sampai mengabaikannya.

Jika kamu terus menerus mengendalikan orang lain sesuka hati, karma buruk akan selalu menakutimu. Cepat atau lambat, kamu juga akan merasakan betapa mengerikannya dikendalikan orang lain sesuka hati.

5. Jangan jadikan orang lain sebagai wujud pelampiasanmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengendalikan Orang Lain Sesuka HatiPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, mengendalikan orang lain tidak hanya sebatas sebuah keinginan untuk sekedar mempermainkannya, tapi juga sebagai wujud pelampiasan atas kehidupan yang begitu sulit.

Dalam hal ini, jangan pernah menjadikan orang lain sebagai wujud pelampiasanmu. Carilah pelampiasan yang lebih baik, jangan jadikan manusia lainnya sebagai bagian dari penghantar amarahmu.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh sembarang mengendalikan orang lain sesuka hati. Tindakan buruk akan selalu berakhir buruk, berhenti dari sekarang atau kamu akan mendapat karma buruknya. 

Baca Juga: Hindari! 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Mood Kamu Terjun Bebas 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya