Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta Pribadi

Bisa membahayakan diri sendiri, lho!

Dalam menjalani hidup, harta merupakan sesuatu yang sangat bernilai dan bahkan menjadi dambaan banyak orang. Makanya, kamu sering kali sedikit mengumbar harta sebagai bentuk kepemilikan dan juga lambang keberhasilan.

Meski demi kepuasan diri sendiri, sedikitnya ada lima alasan kamu gak harus mengumbar urusan yang menyangkut harta pribadi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak mudah dinilai sombong dan pamer kekayaan

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta PribadiPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, mengumbar harta gak selamanya dilakukan sebagai upaya untuk pamer dan merendahkan orang lain. Ada juga yang hanya untuk sebatas kesenangan diri sendiri dan tidak ada niatan lain.

Namun, mengumbar segala urusan yang menyangkut harta pribadi bisa menggiring opini masyarakat pada hal yang lebih buruk, kamu bisa dinilai sebagai orang yang sombong dan suka pamer kekayaan secara terang-terangan.

2. Menjaga harta kamu sebaik mungkin tanpa mengundang banyak kejahatan

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta PribadiPexels.com/Gustavo Fring

Pada umumnya, segala urusan yang menyangkut harta pribadi sangatlah berisiko, kamu bisa menjadi target perampokan atau pencurian akibat dari banyaknya informasi harta yang mereka dapat hasil dari perilaku kamu yang suka mengumbar.

Cobalah untuk lebih baik lagi dalam menjaga harta yang kamu miliki saat ini. Mengumbar hanya akan mengakibatkan hal buruk, bahkan kamu bisa kehilangan segalanya akibat tidak bijak dalam menjaga hal paling berharga dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Mengumbar Rencana Hidupmu ke Orang Lain

3. Sudah sepantasnya untuk menjadikan harta pribadi sebagai urusan yang privasi

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta PribadiPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, kepemilikan harta bukan suatu hal yang bisa dikonsumsi publik dengan secara terang-terangan. Bukan hanya sebatas demi keamanan, tapi juga sudah sepantasnya jika harta dijadian sebagai urusan yang lebih privasi.

Harapan kamu dalam mengumbar harta mungkin agar terlihat lebih hebat. Sayangnya, sebagian besar orang tidak berpikiran semacam itu, bahkan sudah jauh menyimpang dari apa yang sebenarnya harus dilakukan.

4. Lebih menghargai usaha yang telah kamu lakukan dalam mendapatkan harta tersebut

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta PribadiPexels.com/Andrew Neel

Pada hakikatnya, mengumbar harta tidak termasuk menghargai apa yang kamu punya saat ini, bahkan terkesan sangat menyepelekan karena betapa mudahnya memamerkan harta yang kenyataannya sangat sulit untuk didapatkan.

Harta pribadi memang sangat bernilai bagi hidupmu, namun usaha kamu selama ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Hargailah sedikit usaha yang kamu lakukan, paling tidak jauhi  mengumbar harta yang bisa berakibat buruk kedepannya.

5. Tidak mudah cepat puas dan merasa paling kaya sendiri

5 Alasan Kamu Gak Harus Mengumbar Urusan yang Menyangkut Harta PribadiPexels.com/Kuncheek

Pada dasarnya, tujuan kamu mengumbar harta mungkin hanya sebatas bentuk apresiasi untuk diri sendiri. Sayangnya, tanpa sadar hal tersebut akan membuat kamu cepat merasa puas dan merasa paling kaya sendiri.

Jadi, ada baiknya kamu tidak mengumbar segala hal yang berkaitan dengan harta pribadi. Harta tetaplah harta, semuanya akan ada habisnya jika kamu merasa puas terlalu dini.

Itu dia deretan alasan kamu gak harus mengumbar urusan yang menyangkut harta pribadi. Meski niat awal kamu hanya untuk memuaskan diri sediri, jika hasilnya buruk maka tidak akan ada gunanya sama sekali.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kurangi Rasa 'Useless' pada Diri Kamu Akibat Media Sosial

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya