Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang Lain

Gak mau ribet?

Dalam hidup, pertikaian sering kali menghasilkan dendam yang berkepanjangan dan bahkan turun temurun. Meski dianggap awam keberadaannya, nyatanya gak semua orang benar-benar mau menaruh rasa dendam terhadap seseorang atau kelompok.

Meski emosi dan rasa tidak terima membuat segalanya tidak terkontrol sepenuhnya, sedikitnya ada lima hal yang membuatmu gak pernah mau merasa dendam pada orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu percaya bahwa tidak ada balas dendam yang berakhir membahagiakan

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang LainPexels.com/Mikhail Nilov

Secara garis besar, belas dendam artinya membalas keburukan dengan keburukan lainnya. Dalam hal ini, kamu ingin pihak lainnya merasakan kesulitan yang sama atau bahkan lebih dari apa yang kamu terima selama ini.

Namun, balas dendam sudah dipastikan akan berakhir buruk. Nyatanya, kamu gak pernah mau membalas dendam karena percaya bahwa tidak ada balas dendam yang berakhir baik dan membahagiakan.

2. Sebuah kesalahan harus berakhir permintaan maaf, bukan saling membalas dendam

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang LainPexels.com/cottonbro

Pada dasarnya, kita sering kali mengabaikan keberadaan kata maaf dalam sebuah pertikaian demi pertikaian. Padahal, perannya sangatlah penting dalam menghentikan rantai balas dendam yang berkepanjangan.

Dalam hal ini, kamu sama sekali gak pernah mau menyimpan rasa dendam terhadap siapa pun itu. Sebuah kesalahan harus berakhir permintaan maaf, bukan saling membalas dendam satu sama lain.

Baca Juga: Jangan Dendam, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Ketika Dihujat Orang Lain

3. Kamu tahu bagaimana sulitnya berdampingan dengan orang yang punya dendam terhadapmu

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang LainPexels.com/cottonbro

Dalam hidup, balas dendam merupakan suatu hal yang sangat mengerikan dan bahkan membahayakan jiwa seseorang. Dalam hal ini, kamu sama sekali tidak pernah mau membalas dendam, efeknya bisa sangat buruk.

Nyatanya, kamu sendiri tahu bagaimana sulitnya berdampingan dengan orang yang punya dendam terhadapmu. Rasa takut dan cemas selalu ada, kamu tidak ingin orang lain merasakan kesulitan yang sama.

4. Menyimpan rasa dendam terlalu membuang banyak waktu berharga dalam hidup

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang LainPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, sebuah dendam tidak akan pernah bisa menghasilkan manfaat sama sekali. Bahkan, yang ada hanyalah sebuah kebencian yang mendalam dan perannya bisa sebagai pemicu timbulnya perkara baru.

Pada akhirnya, menyimpan rasa dendam terlalu membuang banyak waktu berharga dalam hidup. Kamu sendiri tidak ingin mengalami hal ini, apalagi waktu sudah sepantasnya untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

5. Rasa dendam hanya akan mempersempit ruang lingkupmu

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Mau Menyimpan Dendam pada Orang LainPexels.com/Vanessa Garcia

Pada dasarnya, pertikaian demi pertikaian sering kali terjadi di dalam sebuah circle pertemanan atau ruang lingkup yang sama. Dalam hal ini, balas dendam bukan cara terbaik untuk menyelesaikan segala urusan.

Nyatanya, balas dendam sangat memungkinkan untuk membuat ruang lingkupmu semakin menyempit. Tidak ada perdamaian di antara keduanya, pertemanan sekalipun akan hilangan jika sudah saling membalas satu sama lain.

Meski apa yang kamu terima sangat menyakiti hati, bukan berarti balas dendam menjadi satu-satunya jalan dalam menyelesaikan semuanya. Percaya deh, menyimpan dendam itu rasanya gak enak!

Baca Juga: Susah Memaafkan, Ini 5 Zodiak yang Suka Menyimpan Dendam

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya