Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi Tangguh

Biar gak gampang menyerah!

Memiliki kepribadian yang tangguh tidak terbentuk begitu saja, ada proses dalam bentuk kebiasaan yang dapat mengubah pribadi kamu menjadi tangguh dan pantang menyerah dalam menggapai sesuatu.

Namun banyak orang yang tidak sadar betapa sederhananya dalam mendapatkan hal tersebut, sedikitnya ada lima kebiasaan sederhana yang akan mengubah kamu menjadi pribadi tangguh. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1. Sering mencoba sesuatu yang baru meski banyak dihampiri kegagalan

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi TangguhPexels.com/Andrew Neel

Membentuk pribadi yang tangguh butuh sesuatu yang dapat dijadikan sebagai media pelatihan dalam menempa diri, artinya pelatihan tersebut harus berjalan di luar ekspektasi dan belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan kebiasaan yang baru secara terus menerus meski mendapatkan kegagalan yang berulang. Secara tidak sadar, ini akan menjadikan kamu lebih tahan banting dan tidak mudah goyah akibat dari kegagalan yang beruntun.

2. Lebih banyak mengerjakan sesuatu yang sulit dibanding yang mudah

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi TangguhPexels.com/Pixabay

Membiasakan diri dalam menghadapi sesuatu yang sulit bukan pilihan buruk, ini akan menjadikan kamu pribadi yang benar-benar tangguh dan pantang menyerah dalam melakukan sesuatu.

Dalam hal ini, sesuatu yang mudah tidak pernah di lirik atau bahkan tidak tertarik sama sekali. Kebiasaan ini akan menempa diri kamu secara tidak langsung dan menjadi pribadi yang tangguh bukan sesuatu yang mustahil lagi.

Baca Juga: 6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? 

3. Selalu berpikir positif tentang apa yang akan terjadi ke depannya

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi TangguhPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang selalu berpikir positif ke depannya tidak pernah menyerah hanya karena banyak hambatan, dia percaya bahwa akan ada jalan lain untuk bisa mencapai sesuatu yang dia inginkan sebelumnya.

Maka dari itu, kamu sendiri harus membiasakan berpikir positif dalam berbagai situasi dan kondisi. Berpikir positif akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tangguh, yang mana tingginya tingkat kepercayaan pada keberhasilan membuat kata "Menyerah" tidak terucap lagi.

4. Selalu belajar dari setiap kesalahan tanpa henti

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi TangguhPexels.com/ThisIsEngineering

Kebiasaan menganalisis setiap kesalahan merupakan ciri dari orang yang memiliki kepribadian tangguh. Setiap kesalahan menjadi pembelajaran untuk dirinya sendiri agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi ke depannya.

Jika kamu membiasakan hal ini, percayalah bahwa menyerah bukan lagi opsi pertama yang kamu pilih. Memang sudah seharusnya jika setiap masalah dijadikan pembelajaran ke depannya, ini akan mengubah pandangan kamu pada setiap kegagalan yang terjadi.

5. Percaya akan kemampuan diri sendiri

5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi TangguhPexels.com/Andrea Piacquadio

Hanya sedikit orang yang membiasakan dirinya percaya pada kemampuannya sendiri, yang mana tidak ada keraguan sedikit pun dalam dirinya untuk berhenti mencoba apa yang sedang dia lakukan.

Percaya pada kemampuan diri sendiri memang sangat penting untuk membuat seseorang tetap tangguh, tidak mudah goyah, dan tahan banting. Makanya kamu harus membiasakan hal ini, percaya pada kemampuan diri sendiri menjadi kunci untuk menjadi orang yang tidak mudah menyerah begitu saja.

Itu dia deretan kebiasaan sederhana yang mungkin tidak kamu sadari bisa mengubah kepribadian menjadi lebih tangguh. Tidak semudah kedengarannya memang, tapi patutlah untuk kamu coba dalam membiasakannya.

Baca Juga: 5 Karakter Pria Tangguh ala Hong Dae Young di KDrama 18 Again  

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya