Comscore Tracker

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percaya

Terlalu sering dianggap berbohong?

Setiap orang berhak untuk percaya atau tidak percaya terhadap dirimu, tidak ada yang bisa memaksakan itu semua. Namun, mendapat kepercayaan orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting, bahkan sifatnya bisa sangat krusial. 

Makanya, jika kamu belum mendapat kepercayaan yang sebesar harapanmu, di bawah ini sedikitnya ada lima saran buatmu yang kesulitan meyakinkan orang lain untuk percaya. Biar gak ada kesalahpahaman yang berujung mis informasi, yuk baca sampai habis. 

1. Selalu mengedepankan kejujuran tanpa ada kebohongan dalam hidupmu

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percayailustrasi orang berbincang (pexels.com/RODNAE Productions)

Di lihat dari sisi manapun, kejujuran merupakan inti dari kepercayaan orang lain. Orang akan percaya jika kamu bisa bersikap jujur, dan itu merupakan hal yang sangat mutlak.

Makanya, jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan orang lain, kamu harus selalu mengedepankan kejujuran tanpa ada kebohongan di dalamnya. Lambat laun, orang lain akan mulai percaya, sekalipun kamu sendiri tidak menyatakan itu sebuah kejujuran. 

2. Selalu bersikap terbuka tanpa ada yang perlu disembunyikan 

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percayailustrasi orang saling terbuka (pexels.com/Christina Morillo)

Orang lain akan sangat percaya terhadapmu jika dia tahu semuanya, tahu tentang kebenaran yang ada sehingga mereka bisa memantapkan diri untuk bisa sepenuhnya percaya. 

Makanya, kamu harus selalu bersikap terbuka tanpa ada yang perlu disembunyikan. Hal ini akan mendorong orang lain untuk percaya, percaya bahwa kamu memang dapat dipercaya tanpa ada fakta yang tertinggal. 

3. Jangan terlalu acuh pada pandangan buruk orang lain terhadapmu

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percayailustrasi orang menatap sinis (pexels.com/William Fortunato)

Kita memang harus bersikap apa adanya tanpa perlu ada yang yang disembunyikan, termasuk tindakan yang orang lain gak suka. Namun, jangan terlalu abai akan hal ini, atau orang lain gak akan sepenuhnya percaya padamu. 

Meyakinkan orang lain untuk percaya akan sangat sulit jika pandangan orang lain terhadapmu begitu buruk. Cobalah untuk mulai memperbaiki sikap dan membangun pandangan yang lebih baik, itu jauh lebih mudah dalam menciptakan kepercayaan orang lain.

Baca Juga: 5 Penyebab Orang-orang Cenderung Menjauhi Kamu, Perlu Evaluasi Diri

4. Jangan pernah memaksa orang lain secara berlebihan untuk percaya padamu

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percayailustrasi tiga orang berbincang (pexels.com/August de Richelieu)

Rasa percaya sejatinya datang dari hati, bukan dari paksaan. Apa yang mereka percayai berasal dari pandangan dia terhadap dirimu secara keseluruhan, hatinya lah yang menentukan untuk percaya atau tidak. 

Dan juga, jangan pernah memaksa orang lain secara berlebihan untuk percaya padamu. Hasilnya bisa sangat kebalikannya, dia merasa risi dan tidak menaruh harapan lagi untuk sekedar percaya. 

5. Selalu beri alasan yang kuat untuk bisa membuat orang lain percaya

5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percayailustrasi dua orang duduk berhadapan (pexels.com/mentatdgt)

Kepercayaan memang datangnya dari hati, namun mereka juga butuh alasan untuk percaya. Makanya, buat kamu yang kesulitan dipercaya orang lain, buatlah alasan yang kuat untuk membuat mereka percaya secara sepenuhnya. 

Jangan hanya berdiam diri dan menunggu orang lain percaya, mereka butuh sesuatu yang bisa menjalankan akal logikanya untuk bisa percaya setidaknya menurut akal sehat. 

Peran dari rasa percaya orang lain terhadapmu bisa sangat besar dan juga krusial. Lima saran di atas diharapkan bisa membantumu dalam membangun kepercayaan yang baru atau kepercayaan lama yang sempat hilang. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Sering Bikin Orang Asing Heran

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya