Comscore Tracker

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang Lain

Jangan buru-buru ambil kesimpulan!

Dalam hidup, wajar sekali jika ada orang yang suka dan tidak suka dengan hidup kita. Hanya saja, dijauhi orang lain rasanya seperti kita yang menjadi penjahat, bahkan membuat kita sendiri merasa tidak nyaman.

Makanya, demi mengantisipasi terjadinya hal yang lebih buruk lagi, sedikitnya ada lima sikap positif yang bisa kamu ambil di saat dirimu dijauhi orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Introspeksi diri untuk tahu apa yang sebenarnya salah denganmu

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Ben White

Pada dasarnya, merasa dijauhi orang lain bisa diartikan sebagai hilangnya kenyamanan dalam diri seseorang. Dalam hal ini, kamu harus tahu apa yang salah denganmu sampai-sampai harus dijauhi orang lain.

Pada akhirnya, sikap yang perlu kamu ambil hanyalah introspeksi diri. Paling tidak, kamu tahu apa kesalahanmu sampai-sampai orang lain tidak mau lagi mendekat dan sudah waktunya juga untuk perbaikan diri.

2. Mencari tahu dengan baik apa yang sebenarnya sedang terjadi

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Devin Avery

Secara garis besar, orang yang mulai menjauh darimu biasanya terjadi begitu saja tanpa tahu apa penyebabnya. Dalam hal ini, kamu harus mulai bertindak agar hal tersebut tidak terjadi secara terus menerus.

Nyatanya, kamu harus mencari tahu dengan baik apa yang sebenarnya sedang terjadi. Paling tidak, kamu bisa lebih mudah mencari jalan keluarnya agar sama-sama tidak merugikan satu sama lain.

3. Pandai memposisikan diri jika memang mereka tidak ingin bergaul denganmu

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Ismail Hamzah

Pada dasarnya, kita tidak bisa memaksakan kehendak orang lain jika memang mereka ingin menjauh darimu. Dalam hal ini, sikap terbaik yang bisa kamu lakukan hanyalah memposisikan diri.

Kamu harus bisa memposisikan diri jika memang mereka tidak ingin bergaul denganmu. Apa pun alasannya, tidak boleh ada paksaan yang berujung menitikberatkan.

4. Lebih sadar akan perbedaan pandangan orang lain tentang segala hal

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Matheus Ferrero

Dalam hidup, kita tidak pernah tahu dengan pasti mana yang benar dan mana yang salah, setiap orang punya alasannya tersendiri. Dalam hal ini, dijauhi orang lain bukan berarti kamu orang baik atau orang jahat.

Pada akhirnya, kamu harus lebih sadar diri akan perbedaan pandangan orang lain tentang segala hal. Jangan memaksa untuk merasa benar sendiri, apalagi sampai memaksa orang lain untuk selalu merasa bersalah.

Baca Juga: 5 Kelakuan Buruk yang Membuatmu Kerap Dijauhi, Bikin Orang Jengkel!

5. Mencoba untuk meminta maaf jika memang ada kesalahan yang tidak disengaja

5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang LainUnsplash.com/Becca Tapert

Pada dasarnya, kita gak perlu merasa hidup diri sendiri selalu merasa benar dan benar. Ada masanya, kita melakukan suatu kesalahan yang dilakukan secara tidak sengaja dan terjadi di luar kendali kita.

Pada akhirnya, di saat kamu dijauhi orang lain, cobalah untuk sekedar meminta maaf jika mana ada kesalahan yang tidak disengaja. Jangan menunggu orang lain untuk menyadarkanmu, atau kamu akan merasa menjadi yang terburuk.

Itu dia deretan sikap positif yang bisa kamu ambil di saat dirimu dijauhi orang lain. Meski dijauhi orang lain itu rasanya gak enak, bukan berarti kamu boleh bersikap di luar batas dan merasa benar sendiri.

Baca Juga: Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya