Comscore Tracker

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalam

Akan lebih banyak pertengkaran dibanding persahabatan? 

Inti dari sebuah pertemanan adalah mengenal satu sama lain, kita semua tahu itu. Namun, gak semua orang benar-benar mengenal temannya lebih jauh lagi, bahkan hanya sebatas tahu dia dari luarnya saja. 

Nyatanya, hal ini sebenarnya gak baik buat hubungan pertemanan ke depannya, bahkan sedikitnya ada lima sisi buruk jika kamu tidak mengenal teman sendiri secara mendalam. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Akan terjadi banyak kesalahpahaman yang merugikan

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalamilustrasi teman berpelukan (unsplash.com/adrianna geo)

Tidak mengenal teman sendiri secara mendalam artinya tidak tahu sifat atau sikap asli teman yang sebenarnya. Hal ini bisa berdampak fatal jika dibiarkan, karena akan terjadi banyak kesalahpahaman yang merugikan. 

Alhasil, hubungan pertemananmu makin ke sini kian memanas. Makanya, penting sekali memahami teman secara keseluruhan, tentu agar lebih mudah untuk saling mengerti satu sama lain. 

2. Mudah curiga sekalipun itu pada teman kamu sendiri

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalamilustrasi teman curiga (unsplash.com/Sophia H. Gue)

Sebuah kecurigaan muncul di saat kamu tidak tahu apa yang sedang terjadi, kamu hanya menebak menurut akal dan logika yang bahkan sifatnya bisa menyalahkan. Jika hal ini terjadi di dalam pertemananmu, saling mencurigai satu sama lain bisa saja terjadi. 

Nyatanya, hal ini berawal dari ketidaktahuan kamu pada sikap, sifat, dan juga perilaku teman secara keseluruhan. Kamu hanya bisa menerka, dan tak jarang jika itu sifatnya sangat negatif. 

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Jadi Teman yang Kehadirannya Selalu Dirindukan, Mau?

3. Tidak bisa membantu dengan maksimal di saat temanmu dalam situasi sulit

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalamilustrasi persahabatan (unsplash.com/Devin Avery)

Bukan hanya tertuju pada sikap, tidak mengenal teman secara mendalam juga membuat kamu tidak tahu menahu tentang kondisi pertemanan sendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin jika temanmu sangat tertutup jika bicara soal kesulitan dan permasalahan hidup. 

Alhasil, kamu tidak bisa membantu dengan maksimal di saat temanmu dalam situasi sulit. Apa yang mereka rasakan kita tidak pernah tahu, bahkan di saat dia sedang membutuhkan bantuan sekalipun. 

4. Pertemananmu jadi tidak sedekat yang kamu bayangkan

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalamilustrasi contoh (unsplash.com/Jonas Weckschmied)

Jika kita bicara tentang pertemanan, ekspektasi kita selalu mengarah pada kedekatan yang seru dan menyenangkan. Namun, semua itu hanya sebatas harapan kamu saja, apalagi kamu tidak pernah tahu teman secara mendalam. 

Nyatanya, pertemananmu jadi tidak sedekat yang kamu bayangkan. Masih ada pembatas yang membuat kehidupannya masih sangat tersembunyi, apalagi kamu tidak pernah coba untuk mendalaminya. 

5. Sulit untuk saling terbuka tentang segala hal

5 Sisi Buruk jika Kamu Tidak Mengenal Teman Sendiri secara Mendalamilustrasi teman duduk bersama (unsplash.com/Sammie Chaffin)

Keterbukaan dalam hubungan pertemanan mungkin menjadi yang paling menyenangkan, kita bisa berbagi keluh kesah tentang kehidupan dan saling memberi support yang bisa membantu mengembalikan semangat. 

Namun, semua itu hanya sebatas harapan di saat kamu tidak mengenal teman secara mendalam. Tidak akan ada keterbukaan di saat temanmu masih tertutup, apalagi hanya sebatas tahu saja. 

 

Hanya sebatas mengenal saja memang sudah bisa dianggap teman. Namun, masih sangat kurang jika hanya sebatas tahu, apalagi tidak mengenalnya secara mendalam. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kenal dan Dekat dengan Teman-teman Pasanganmu

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya