Comscore Tracker

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang Lain

Perlu pembenahan diri?

Ketika melakukan kesalahan, orang terdekatmu pastinya akan membenarkan dan juga memberi saran atas apa yang menurut dirinya benar. Dalam hal ini, nyatanya gak semua orang benar-benar peduli akan saran tersebut, bahkan mengacuhkannya begitu saja.

Karena sifatnya bisa sangat penting dan juga krusial bagi hidupmu, sedikitnya ada lima tips buat kamu yang gak pernah bisa menerima saran dari orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Bukan pikiranmu untuk bisa lebih menerima saran dari orang lain

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang LainUnsplash.com/Amy Hirschi

Kita tidak bisa membantah bahwa setiap orang punya pola pikir dan daya pikirnya masing-masing, ada yang mau terbuka dan ada juga yang tertutup. Nyatanya, orang yang tidak bisa mendapat saran dari orang lain punya pemikiran yang tertutup dan ingin selalu merasa benar sendiri.

Dalam hal ini, yang harus kamu lakukan hanyalah membuka pikiran untuk bisa lebih menerima saran dari orang lain. Pemikiran kamu harus dibuka selebar-lebarnya, tentu demi menampung segala pendapat yang masuk dalam bentuk sebuah saran.

2. Lebih banyak belajar tentang segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang LainUnsplash.com/LinkedIn Sales Solutions

Adanya sebuah saran dari orang lain mengartikan ada perbedaan sudut pandang atas suatu kejadian. Jika menurut orang lain salah, mereka akan memberi saran karena pendapatnya mengatakan bahwa hal tersebut harus dibenarkan.

Pada akhirnya, kamu harus bisa lebih banyak belajar tentang segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Menerima saran dan masukan sangat berguna bagi hidupmu, tentu demi menciptakan cara pandang yang lebih luas.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Kritik Keras tanpa Bikin Kita Merasa Berkecil Hati

3. Positive thinking bahwasanya orang yang memberi saran untuk membantu, tidak merendahkan

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang LainUnsplash.com/LinkedIn Sales Solutions

Sulit menerima saran biasanya terjadi karena merasa direndahkan, kamu seakan-akan orang yang sangat disalahkan atas sebuah kejadian sehingga pemikiranmu jadi negatif dan terus negatif.

Padahal, kamu harus positive thinking bahwasanya orang yang memberi saran hanya sekadar membantu, tidak bermaksud merendahkan. Kamu seharusnya mengapresiasi bantuan tersebut, perannya bisa sangat penting lho.

4. Hindari pemikiran untuk hidup sendiri dan bisa serba sendiri

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang LainUnsplash.com/Rosie Fraser

Tidak menerima saran artinya ada penolakan untuk mendapat masukan dari orang lain. Padahal, kamu harusnya menghindari pemikiran untuk hidup sendiri dan bisa serba sendiri, kamu pasti akan membutuhkan orang lain.

Terimalah saran dan masukan yang kamu terima, jangan terlalu mengabaikannya. Ini bisa menjadi bentuk kepedulian dan kebersamaan orang lain, hidup tidak harus selamanya benar sendiri.

5. Gunakan saran orang lain hanya sebatas referensi, tidak perlu mengambil sepenuhnya

5 Tips Buat Kamu yang Sulit Menerima Saran dari Orang LainUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu merasa saran dari orang lain sangatlah berseberangan dengan pola pikirmu, cobalah untuk menggunakan saran orang lain hanya sebatas referensi, tidak perlu mengambil sepenuhnya.

Kamu harus bisa mendapatkan banyak informasi yang mungkin akan sangat berguna untukmu ke depannya. Saran dari orang lain mungkin tidak akan berguna untuk sekarang, tapi kita tidak tahu ke depannya akan seperti apa.

Sebuah saran mungkin tidak akan berdampak besar bagi hidupmu, namun bukan tidak mungkin jika sebuah saran bisa menjadikanmu pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritik

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya