Comscore Tracker

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinya

Hati-hati terjebak dalam mindset yang menjerumuskanmu!

Setiap orang yang hidup di dunia ini pastinya punya cara hidupnya masing-masing, yang mana gaya hidup antara satu individu dengan yang lainnya tidak akan sama atau bahkan berbeda secara sepenuhnya. 

Namun, perubahan gaya hidup bukan tidak mungkin akan terjadi. Bahkan, sedikitnya ada lima tanda jika gaya hidupmu makin ke sini kian meninggi tiap harinya. Biar tahu lebih jelasnya, keep reading, ya!

1. Pengeluaran semakin membesar seiring dengan kenaikan penghasilan yang kamu dapatkan

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinyailustrasi management keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara kamu menjalani hidup pastinya akan selalu berhubungan dengan yang namanya uang, dimana keuangan kamu harus diposisikan sesuai dengan pemasukan setiap bulannya. 

Namun, jika saja pemasukanmu semakin membesar seiring dengan kenaikan penghasilan yang kamu dapatkan, itu menjadi ciri dari perubahan gaya hidup yang tidak baik. Padahal, kamu bisa menggunakannya untuk hal yang lebih krusial, contohnya menabung atau investasi jangka panjang. 

2. Tanpa sadar kamu suka membandingkan harta kekayaanmu dengan orang lain

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinyailustrasi pamer kekayaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melihat orang yang punya gaya hidup mewah memang bisa membuat kita merasa iri hati, bahkan tidak sedikit orang yang mulai membuat persaingan sengit hanya karena ingin menjadi yang terbaik. 

Namun, membandingkan kekayaan merupakan tindakan yang ceroboh. Gaya hidup kamu akan berubah dari yang tadinya biasa saja menjadi lebih boros hanya karena sebatas persaingan dan tidak ingin kalah soal gaya hidup. 

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

3. Selalu membeli sesuatu atas dasar keinginan semata, bukan kebutuhan

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinyailustrasi orang berbelanja (pexels.com/Alexandra Maria)

Gaya hidup seseorang biasanya bisa ditentukan berdasarkan bagaimana cara dia membelanjakan sesuatu, apakah membeli atas dasar kebutuhan atau hanya sebatas keinginan semata. 

Jika kamu selalu membeli sesuatu atas dasar keinginan semata, artinya gaya hidupmu akan terus menerus menaik setiap harinya. Padahal, keinginan harus dijadikan opsi kedua dan kebutuhan jauh lebih penting dari segalanya. 

4. Lupa bagaimana caranya bersyukur hingga apa yang kamu miliki selalu terasa kurang

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinyailustrasi orang banyak belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gaya hidup yang berubah dan menaik secara drastis tidak akan terjadi begitu saja, sudah pasti ada pemicu pasti di balik itu semua. Salah satu contohnya adalah lupa bagaimana caranya bersyukur. Apa yang kamu inginkan akan selalu merasa kurang, dan itu secara perlahan akan menaikkan gaya hidupmu ke depannya. 

5. Menjadikan pamer kekayaan sebagai bagian dari hidupmu dan bahkan suatu keharusan

5 Tanda Jika Gaya Hidupmu Semakin Meninggi Setiap Harinyailustrasi pamer kekayaan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memiliki sesuatu yang luar biasa dalam hidup tidak hanya ingin sebatas menjadi kebanggaan tersendiri, tapi juga orang lain harus tahu apa yang menjadi kebanggaanmu. 

Pada akhirnya, pamer menjadi salah satu medianya. Namun, menjadikan pamer kekayaan sebagai suatu keharusan bisa berdampak buruk, gaya hidupmu bisa berubah dan akan selalu menaik agar bisa dipuji orang. 

Tidak ada salahnya memang jika kita ingin punya gaya hidup yang lebih baik dibanding sebelumnya. Namun, tetap perhatikan masa depan, karena gaya hidupmu saat ini sangat berpengaruh pada kehidupan yang akan datang. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Hentikan Kebiasaan Self-Reward, Bisa Bikin Boros!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya