Comscore Tracker

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangat

Jalan hidupmu benar-benar berat? 

Kita semua sadar bahwa menjalani hidup ini tidak akan selamanya berjalan dengan baik dan aman, akan ada masa di mana hidupmu penuh dengan tekanan demi tekanan dari berbagai macam sisi. 

Namun, bukan hanya sebatas tekanan biasa, sedikitnya ada lima tekanan dalam hidup yang dapat membuat dirimu kembali patah semangat. Baca sampai habis, yuk!

1. Hubungan percintaan yang tidak ada kejelasan sama sekali

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangatilustrasi toxic relationship (pexels.com/Andres Ayrton)

Setiap orang pastinya butuh yang namanya kasih sayang, khususnya dari orang terkasih yang sangat dicintainya. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan, bahkan menjalin hubungan tidak sesederhana itu. 

Pada akhirnya, hubungan percintaan yang tidak ada kejelasan sama sekali dapat membuat dirimu kembali patah semangat. Hal ini terjadi karena ada tekanan dalam hidupmu, yang mana semua itu berawal dari kurangnya kasih sayang. 

2. Karier yang menggantung dan tidak ada pergerakan

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangatilustrasi orang mengeluh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Peran sebuah karier dalam hidup sangatlah besar, segala hal yang kamu butuhkan dalam hidup bisa terpenuhi jika karier yang kamu miliki sangat baik dan cemerlang. Namun, semua itu bisa kebalikannya, karier yang tidak ada kejelasan sangat berpotensi memberikan tekanan hidup. 

Alhasil, kamu kembali patah semangat karena karier yang kamu miliki menggantung dan tidak ada pergerakan. Tekanannya memang sebesar itu, apalagi kamu melihat orang lain yang punya karier jauh lebih baik darimu. 

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Tekanan di Tempat Kerja agar Tetap Profesional

3. Masa depan yang masih samar-samar

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangatilustrasi orang bekerja (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang pastinya menginginkan masa depan yang lebih baik dibanding kehidupannya saat ini. Namun, masa depan bukanlah sesuatu yang bisa kita pastikan dengan pasti, ada begitu banyak risiko yang bisa membuatmu merasa gagal. 

Tekanan semacam ini tentu bisa membuat kamu kembali patah semangat, masa depan yang masih samar-samar dan tidak ada kejelasan kadang kala membuatmu frustrasi dan lebih banyak mengeluh. 

4. Masalah hidup yang datang kian bertambah banyak

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangatilustrasi orang tidak semangat (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan. Namun, masalah tersebut kadang kala datang tiada henti, yang pada akhirnya memicu tekanan hidup. 

Dan hal ini juga yang membuatmu kembali patah semangat. Banyak permasalahan yang menitikberatkan hidupmu, itu membuat tekanan yang benar-benar menyulitkan. 

5. Kepercayaan yang dikhianati begitu saja

5 Tekanan dalam Hidup yang Dapat Membuat Dirimu Patah Semangatilustrasi pengkhianatan (pexels.com/Keira Burton)

Pengkhianatan dalam hidup memang bukan hal aneh lagi di telinga kita, karena banyak sekali konteks pengkhianatan yang bahkan bisa membuat tekanan besar bagi hidupmu. 

Hal inilah yang menjadi pemicu di balik kembalinya patah semangat dalam hidupmu. Kepercayaanmu yang terjaga selama ini dikhianati begitu saja, dan ini memberikan beban tersendiri. 

 

Kehidupan yang kita jalani saat ini memang dipenuhi dengan banyak tekanan, namun beberapa tekanan di atas sangat mempengaruhi hidupmu dan bahkan menjadikan dirimu kembali patah semangat. 

Baca Juga: 5 Tips Survive dari Tekanan Pekerjaan, Biar Kehidupanmu Seimbang!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya