Comscore Tracker

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!

Jangan mau jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya

Pada dasarnya, setiap orang pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Meski dampaknya bisa sangat buruk, setidaknya kesalahan bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk tidak melakukan kesalahan kedua kalinya.

Namun sayangnya, gak semua orang berpikiran hal yang sama, sedikitnya ada lima tipikal orang yang gak pernah belajar dari kesalahan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Orang yang merasa dirinya selalu benar

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!Pexels.com/RODNAE Productions

Ketika melakukan suatu kesalahan, orang pada umumnya akan meminta maaf atau setidaknya mengakui kesalahannya. Bukan hanya sebatas suatu keharusan, mengakui kesalahan bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang berharga.

Namun, ada tipikal orang yang merasa dirinya selalu benar, makanya dia gak pernah bisa belajar dari kesalahan-kesalahannya. Padahal, belajar dari kesalahan itu penting, tujuannya agar tidak terjerumus pada kesalahan yang sama.

2. Orang ceroboh yang tidak suka berpikir panjang

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!Pexels.com/Elly Fairytale

Orang yang mau belajar dari kesalahannya cenderung fokus pada kesalahan itu sendiri, dia lebih berhati-hati karena tahu bahwa kesalahan yang dilakukan bisa berdampak buruk di masa yang akan datang.

Namun, ada tipikal orang ceroboh yang tidak suka berpikir panjang. Setiap kesalahannya tidak dipandang serius sehingga pada akhirnya kecerobohannya menimbulkan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Akan Mengganggu Karier, Jaga Jarakmu Ya!

3. Orang yang tidak pernah mendengarkan saran orang lain

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!Pexels.com/RODNAE Productions

Pada saat melakukan kesalahan, masih banyak orang yang peduli dan bahkan memberikan banyak saran agar tidak terulang kembali. Namun sayangnya, gak semua orang bisa menangkap saran-saran tersebut.

Ada beberapa tipikal orang yang tidak pernah mendengarkan saran orang lain. Belajar dari kesalahan seperti hal yang mustahil dilakukan, dia lebih mempercayai dirinya sendiri dibanding orang lain.

4. Orang yang gengsi atas kesalahan yang dilakukannya

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!Pexels.com/CoWomen

Pada dasarnya, setiap kesalahan bisa saja menimbulkan image buruk. Orang-orang cenderung menyembunyikan kesalahan tersebut karena malu atau tidak ingin dipandang buruk orang lain.

Hal ini biasanya terjadi pada tipikal orang yang gengsi atas kesalahan yang dilakukannya. Makanya, orang seperti ini tidak pernah belajar dari kesalahannya akibat gengsi yang begitu tinggi.

5. Orang yang tidak peduli akan benar salahnya suatu kejadian

5 Tipikal Orang yang Gak Pernah Belajar dari Kesalahan, Jangan Ditiru!Pexels.com/RODNAE Productions

Setiap orang harusnya bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, tujuannya agar tahu mana perbuatan yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

Namun, ada saja tipikal orang yang tidak peduli akan benar salahnya suatu kejadian. Pada akhirnya, dia tidak bisa belajar dari kesalahan karena tidak tahu mana yang salah dan mana yang benar pada dirinya.

Itu dia deretan tipikal orang yang gak pernah belajar dari kesalahan. Setiap kesalahan harus segera diperbaiki, jangan biarkan kamu melakukan kesalahan untuk kedua kalinya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengakui Kesalahan Lebih Baik dari Pura-pura Gak Ada Masalah 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya