Comscore Tracker

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media Sosial

Bisa membahayakan diri kamu, lho!

Ada yang suka bermain media sosial? Hampir semua orang yang mengikuti perkembangan zaman menggunakan media sosial, entah itu untuk hiburan, sekadar mengisi waktu luang, atau bahkan untuk bisnis sekalipun.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang tidak perlu kamu unggah atau sebarkan di akun media sosial kamu? Memang akun media sosial kamu sepenuhnya adalah hakmu, namun ini juga untuk kebaikan diri kamu sendiri.

Berikut ini ada beberapa hal yang tidak perlu kamu unggah di akun media sosial, dampaknya bisa sangat buruk pada diri kamu sendiri, lho!

1. Pamer kekayaan terutama dalam bentuk uang tunai

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media SosialPexels.com/Pixabay

Pamer kekayaan dalam bentuk uang tunai di media sosial bisa sangat berbahaya lho, kamu bisa menjadi sasaran empuk bagi para perampok yang memang sudah mengetahui kamu mempunyai uang yang sangat banyak.

Tentu kasus semacam ini sudah terjadi kepada beberapa orang, bahkan ada yang terluka sangat parah hanya karena mereka memamerkan kekayaannya di media sosial dan tidak tahu konsekuensinya.

2. Membuat status bersifat sara atau menghina suatu kelompok atau instansi

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media SosialPexels.com/fauxels

Meskipun akun media sosial kamu milik pribadi, namun kamu tidak boleh mengunggah status yang bersifat sara atau bahkan menghina suatu kelompok atau instansi karena itu sudah diatur dalam UU ITE.

Jika kamu melanggar UU ITE, bisa jadi orang yang merasa terhina akan melaporkan kamu ke pihak yang berwajib dan bukan tidak mungkin kamu bisa masuk penjara hanya karena status semacam itu.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Semua Momen Bahagia Harus Dibagikan di Media Sosialmu

3. Unggah foto yang bisa mengadu domba banyak orang

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media SosialPexels.com/Adrianna Calvo

Sebagai penggguna media sosial yang bijak, kamu harus bisa memilah ketika ingin mengunggah foto terutama yang sensitif. Masalahnya adalah kamu bisa mengadu domba banyak orang hanya gara-gara salah upload foto yang nantinya bisa terjadi kericuhan.

Makanya baik disengaja atau tidak, kamu harus teliti dan segera hapus foto tersebut jika memang terlanjut terunggah.

4. Membuat status sedih atau keluh kesah kamu

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media SosialPexels.com/bruce mars

Ada yang sudah menjadi langganan untuk mengunggah status sedih atau keluh kesah kamu dalam hidup? Itu adalah hal yang tidak perlu kamu umbar di media sosial, karena kebanyakan orang akan menertawakan kamu daripada bersimpati.

Mungkin kamu pikir mereka akan memberikan saran yang baik atau memberikan simpati lebih terhadap kamu, namun faktanya orang akan masa bodo atau bahkan menertawakan kamu yang sedang tidak baik-baik saja.

5. Unggah sesuatu yang bersifat penting atau pribadi

5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media SosialPexels.com/fauxels

Media sosial memiliki batasan-batasan tertentu, kamu tidak boleh mengunggah beberapa berkas atau barang pribadi yang bersifat rahasia karena hal tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Makanya kamu harus teliti mana yang boleh dan mana yang tidak, hal ini bisa merugikan diri kamu sendiri yang di mana data rahasia kamu dimiliki orang lain dengan sangat mudahnya.

Itulah beberapa hal yang tidak perlu kamu unggah di akun media sosial kamu, selalu teliti sebelum mengunggah dan hapus jika sudah terlanjur.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Sesekali Perlu Puasa Bersosial Media

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You