Comscore Tracker

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu Menikah

Menyembuhkan trauma adalah hal yang utama

Gagal menikah menjadi trauma terbesar dalam hidup seorang perempuan. Tentu, butuh bertahun-tahun atau bahkan sampai seumur hidup untuk menyembuhkan luka ini.

Memulai memikirkan pernikahan yang baru setelah sebelumnya gagal, menjadi tantangan tersendiri bagi kaum perempuan. Meskipun sebagiannya mampu mengalahkan diri sendiri dengan bangkit dari rasa traumanya dan berhasil menikah dengan pilihannya.

Ternyata, bukan hanya trauma masa lalu yang membuat perempuan ragu untuk menikah. Setidaknya ada 5 alasan lain yang membuat perempuan ragu untuk menikah. Apa saja?

1. Ragu tidak bisa berkarier lagi setelah menikah

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu Menikahilustrasi bekerja (unsplash.com/krakenimages)

Perempuan tentu berbeda dengan laki-laki. Setelah menikah, mereka tidak bisa leluasa dalam hal berkarier. Tentu akan ada batasan yang membuat mereka kesulitan untuk tetap berkarier.

Mengurus anak dan suami harus menjadi prioritas utama. Belum lagi sebagian dari laki-laki juga akan melarang pasangannya untuk tetap bekerja setelah menikah.

Apalagi anggapan tentang kodrat perempuan untuk berada di dapur, inilah yang menjadikan sebagian perempuan ragu untuk menikah. Mereka ingin menikah, tapi takut tidak bisa berkarier lagi.

Tak usah ragu, kalian bisa menikah dan masih tetap bisa berkarier, kok. Selagi suami memberi izin, kalian juga harus memberikan bukti jika mampu menjalankan tugas rumah tangga dengan baik.

2. Takut mengalami perceraian

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu Menikahilustrasi sedih (unsplash.com/jd massion)

Kasus perceraian yang terus mengalami peningkatan dari tahun ketahuan menjadikan sebagian perempuan ragu untuk menikah. Padahal dibandingkan perceraian, masih banyak rumah tangga yang berhasil mempertahankan hubungan mereka dengan baik.

Harusnya perceraian tidak membuatmu ragu, melainkan dijadikan pelajaran berharga. Cari tahu beberapa kasus perceraian dan alasan apa yang membuat para pasangan memutuskan bercerai? Dengan begitu, kalian bisa mengambil pelajaran dari mereka.

Baca Juga: 5 Kenikmatan yang Hanya Dimiliki Perempuan yang Belum Menikah, Syukuri

3. Adanya rasa takut ditinggal pasangan setelah mengalami perubahan penampilan

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu Menikahilustrasi bekerja dari rumah (unsplash.com/Charles)

Mengurus anak, suami, dan semua pekerjaan rumah lainnya membuat para perempuan kadang lalai menjaga penampilannya. Terlihat kucel, tidak terurus, ditambah lagi badan yang semakin tak terkendali menjadikan sebagian suami tega meninggalkannya.

Rasa takut ditinggal pasangan setelah tidak secantik dan semenarik sebelumnya, menjadi keraguan tersendiri untuk kaum perempuan. Padahal mereka bisa menyiasatinya dengan cara melakukan perawatan sendiri di rumah.

Perawatan dengan bahan alami bisa menjadi alternatif. Intinya, jangan jadikan pekerjaan rumah dan mengurus anak menjadi beban. Terhindar dari stres akan membuat kalian lebih fresh dan penampilan pun bisa tetap menarik.

4. Merasa tidak cocok dengan keluarga pasangan terlebih calon mertua

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu Menikahilustrasi keluarga cuek (unsplash.com/ les Anderson)

Anak dan orangtua kandung saja akan banyak mengalami ketidakcocokan, apalagi dengan calon mertua. Merasa tidak cocok dengan keluarga pasangan, terlebih calon mertua menjadikan sebagian perempuan kadang ragu untuk menikah.

Cocok tidak cocok itu butuh proses, kalian hanya perlu beradaptasi dengan keluarga pasangan. Lambat laun, rasa canggung juga perlahan bisa hilang, karena kalian seperti memiliki keluarga baru.

5. Kesulitan finansial

Selain Trauma, Ini 5 Alasan Lain yang Membuat Perempuan Ragu MenikahIlustrasi menghitung uang (unsplash.com/Artem)

Sebagian perempuan merasa ragu menikah lantaran takut kekurangan finansial. Semua butuh yang namanya uang, apalagi setelah menikah yang akan lebih banyak pengeluaran.

Persoalan finansial ini membuat sebagian perempuan ragu untuk menikah, lantaran biasanya akan lebih banyak pengeluaran ditimbang pemasukan.

Ragu itu manusiawi, tapi buanglah jauh-jauh rasa keraguanmu yang berlebihan. Menikah adalah hal yang sakral. Begitu juga yang dirasakan oleh perempuan. Oleh karena itu, mereka juga butuh sosok yang bisa menjadi pelindung saat sudah menikah.

Baca Juga: 5 Jenis Penyesalan yang Sering Dialami Perempuan pasca Menikah

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya