Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga Bekerja

Karena menjaga life-work balance memang tak mudah

Banyak wanita setelah menikah tetap memutuskan untuk bekerja, dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Bekerja sambil mengurus urusan rumah tangga, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika masih memiliki anak balita yang butuh diperhatikan. 

Itulah sebabnya mengapa banyak suami yang melarang istrinya untuk bekerja di luar rumah, karena urusan rumah tangga akan terbengkalai. Anak-anak menjadi kurang perhatian, suami kurang terurus dan pekerjaan rumah tangga yang seabrek menjadi terbengkalai.

Perdebatan dan pertengkaran akan lebih sering terjadi, yang akan menjadikan rumah tangga jauh dari kata harmonis. Tapi terkadang tuntutan ekonomi, yang memaksa para ibu rumah tangga mau tidak mau ikut bekerja untuk membantu sang suami memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Untuk meminimalisir terjadinya pertengkaran, berikut ini ada 5 cara yang bisa dilakukan, bagi para ibu rumah tangga yang harus tetap bekerja. Semoga dengan cara yang berikut ini, akan tetap menjaga keharmonisan rumah tangga kalian, jadi harus dicoba ya!

1. Pintar-pintarlah membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga BekerjaIlustrasi ibu dan anak ( unsplash.com/Alexander)

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi para ibu rumah tangga yang bekerja, yaitu mereka harusnya mulai belajar untuk bisa membagi waktu. Pintar-pintarlah membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga, apalagi jika kalian masih punya balita yang butuh perhatian lebih ekstra.

Jangan campur adukkan urusan pekerjaan dengan urusan rumah tangga! Saat kalian berada di rumah, curahkan seluruh perhatianmu pada keluarga terutama untuk anak-anak. Sedangkan saat berada di tempat kerja, fokuskan perhatian pada kerjaan, dengan begitu kalian bisa tetap bekerja tanpa membuat rumah tanggamu hancur berantakan

2. Luangkan waktu sekali dalam sepekan untuk berlibur bersama keluarga

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga BekerjaIlustrasi jalan-jalan ( unsplash.com/ Derek )

Bekerja seharian memang melelahkan, maka dari itu cobalah untuk meluangkan waktu sekali dalam sepekan, untuk berlibur bersama keluarga. Tidak harus liburan yang jauh-jauh ko, cukup jalan-jalan santai bersama suami dan buah hati. Ini menjadi cara paling ampuh untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

Percayalah cara ini, sangat bermanfaat bagi hubungan rumah tangga kalian, karena kesibukan kalian bekerja tentunya akan mengurangi waktu kebersamaanmu dengan keluarga. Dengan berlibur kalian akan kembali menemukan kemesraan, dan hubungan rumah tangga akan kembali hangat kembali.

3. Jangan sungkan meminta bantuan suami saat sedang kerepotan mengurus pekerjaan rumah tangga

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga BekerjaIlustrasi memasak ( unsplash.com/becca)

Tidak bisa dipungkiri, pekerjaan rumah tangga memang begitu berat untuk dikerjakan seorang diri, apalagi jika seorang istri harus tetap bekerja di luar rumah. Untuk itu, jangan sungkan-sungkan ya, untuk meminta bantuan pada sang suami, di saat kalian merasa kewalahan dan kerepotan saat mengerjakan urusan rumah tangga.

Dengan begitu kalian akan bisa saling bekerjasama dalam mengerjakan urusan rumah tangga. sehingga hubungan suami istri akan jauh lebih harmonis lagi, meskipun sang istri sibuk bekerja di luar rumah.

Baca Juga: 7 Prinsip yang Ditanamkan dalam Rumah Tangga agar Awet

4. Mengatur urusan rumah tangga dengan tepat

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga BekerjaIlustrasi masak ( unsplash.com/becca)

Hal yang ditakutkan para suami, ketika memberikan istrinya bekerja yaitu, terbengkalainya semua urusan rumah tangga. Maka dari itu, bagi para istri yang tetap bekerja, buktikan pada suamimu jika kalian mampu mengurus urusan rumah tangga secara tepat. Dari mengurus anak, mengurus pekerjaan rumah, sampai mengurus keuangan, masih bisa kalian lakukan dengan baik.

Buktikan saja jika kalian mampu, menjalani kewajiban sebagai seorang istri meskipun tetap bekerja. Dengan begitu hubunganmu dengan pasangan akan tetap terjaga keharmonisannya.

5. Membangun komunikasi yang lancar dengan anak dan juga suami

5 Cara Menjaga Keharmonisan bagi Ibu Rumah Tangga BekerjaIlustrasi keluarga bahagia ( unsplash.com/Ann

Komunikasi menjadi cara paling penting untuk tetap menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, apalagi bagi para istri yang sibuk bekerja di luar rumah. Sering-seringlah menghabiskan waktu untuk ngobrol bersama dengan anak dan suami, saat kalian sedang berada di rumah. Tinggalkan segala urusan tentang pekerjaan, karena saat di rumah waktumu hanya untuk keluarga. Dengan hal ini akan membuat hubungan kalian semakin hangat, biar pun kalian bekerja.

Bagi para istri yang bekerja di luar rumah, tetap semangat ya! Tidak mudah memang, tapi selagi ada usaha dan kerja keras kalian pasti bisa menjalankan pekerjaan, sebagai ibu rumah tangga yang bekerja. Semoga 5 cara di atas bisa bermanfaat ya.

Baca Juga: 5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah Tangga

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya