Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain Berbohong

Sekali melakukannya, kamu bakalan ketagihan dan sukar berhenti!

Setiap orang tentunya pernah melakukan kebohongan dalam hidupnya, salah satunya untuk melindungi diri dan membela dirinya. Tapi apapun alasannya, yang namanya kebohongan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Tidak hanya merugikan diri sendiri, kebohongan yang kalian lakukan juga akan menyakiti hati orang di sekitar.

Kalian tentunya merasakan sendiri, saat kalian berbohong, maka akan ketagihan untuk melakukan kebohongan yang berikutnya. Karena untuk menutupi kebohongan yang pertama akan ada kebohongan yang selanjutnya.

Selain kebohongan, masih ada deretan hal lainnya yang akan membuat pelakunya ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi. So, ada baiknya untuk tidak melakukan deretan hal berikut ini, ya!

1. Jangan berbohong karena pada akhirnya akan ketahuan juga

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain BerbohongIlustrasi pasangan ( unsplash.com/ force)

Sepandai-pandainya menutupi kebohongan, suatu saat pasti akan ketahuan juga. Maka janganlah berbohong karena pada akhirnya akan ketahuan juga. Lagi pula, satu kebohongan akan membuat kalian terjebak di dalamnya, dan akan sulit terlepas dari kebohongan yang dibuatnya sendiri.

Belajarlah jujur, apapun resikonya. Karena itu lebih baik daripada hidup dalam kebohongan yang akan menyiksa batinmu.

2. Tukang selingkuh

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain BerbohongIlustrasi romantis ( unsplash.com/ Allef)

Tukang selingkuh akan terus ketagihan untuk terus menduakan pasanganya. Mereka akan kesulitan untuk setia pada satu pasangan, karena mereka tidak akan merasa puas pada satu orang saja. Kebiasaan mereka menduaakan pasangan, membuatnya mati rasa dan tidak ada lagi rasa bersalah pada pasangannya. 

Tukang selingkuh beranggapan jika setia itu indah, maka mereka tidak akan merelakan, salah satunya bisa memiliki satu pasangan yang akan membuat mereka jauh lebih bahagia.

3. Tukang pamer

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain BerbohongIlustrasi ngerumpi ( unsplash.com/Ben white)

Sebagian orang akan merasa bangga dan bahagia, saat mereka bisa memamerkan sesuatu yang berharga di lingkungan pertemanannya. Seperti memamerkan tas mahal, barang-barang mewah dan masih banyak hal lainnya yang bisa dipamerkan.

Tukang pamer akan terus merasa ketagihan, untuk menceritakan segala kemewahan yang dimilikinya pada semua orang. Padahal, apa yang mereka miliki sekarang ini, hanyalah titipan yang suatu saat nanti akan diambil oleh sang maha pencipta.

Baca Juga: 5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depan

4. Balas dendam

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain BerbohongIlustrasi bertengkar ( unsplash.com/Eric)

Balas dendam menjadi cara untuk melampiaskan rasa sakit hati. Padahal cara ini akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Gagal balas dendam, akan membuat pelakunya ketagihan untuk melancarkan aksi balas dendamnya.

Balas dendam, menjadi salah satu panyakit hati, yang seharusnya dihindari! Balas dendam tidak ada gunanya, bersihkan hatimu dengan merelakan hati untuk memafkan. 

5. Pemalas yang kerjanya suka menyuruh

5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain BerbohongIlustrasi pasangan ( unsplash.com/ force)

Orang yang pemalas, kerjanya menyuruh-nyuruh orang lain, menjadikan mereka ketagihan untuk malas-malasan. Mengandalkan orang lain, menjadi kebiasaan yang sulit diubah, padahal mereka itu harusnya bisa mengandalkan dirinya sendiri.

Bagaimana bisa sukses, jika hidupnya bermalas-malasan. Yuk, semangat! Jangan jadi orang yang pemalas, ya, agar nantinya hidupmu bisa sukses di masa depan.

Ketagihan untuk melakukan perbuatan baik itu tidak masalah. Namun jika deretan hal di atas yang kalian lakukan, yang ada akan menghancurkan kehidupan kalian sendiri. Sebaiknya hindari hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong 

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya