Comscore Tracker

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!

Bersama kita bisa pulihkan keuangan keluarga dan Indonesia

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun sudah memasuki skala darurat. Dampaknya, beberapa sektor industri di Indonesia pun mulai banyak yang 'mandek' hingga kesulitan untuk survive di tengah masa pandemik. 

Namun, para pencari nafkah tidak bisa selamanya bergantung dari hal-hal tersebut. Sebagai masa depan keluarga, pastinya kamu sangat ingin membantu keuangan di rumah. Nah, berikut ini cara yang dapat kamu upayakan agar dapat membantu ekonomi keluarga kala PPKM.

 

1. Menulis di IDN Times

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi menulis di IDN Times (unsplash.com/Icons8 Team)

Menulis artikel adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan di masa pandemik ini. Gak cuma mengasah kemampuan menulis dan merangkai kata, kegiatan ini kalau diseriusin bisa dihargai dengan uang lho. Di antara banyaknya forum berita online dan koran yang ada di Indonesia, salah satunya yang jadi favorit generasi milenial adalah IDN Times. Sebagai wadah anak-anak muda di Indonesia agar dapat terus berkarya melalui tulisan, IDN Times menghadirkan IDN Community, tempat menulis artikel dengan berbagai macam topik. Buat para penulis fiksi seperti cerita pendek (cerpen) dan puisi juga tetap bisa lho ikut aktif menulis di sini. 

Terus gimana caranya agar tulisan kamu bisa ditukar dengan uang? Kamu cukup submit beberapa tulisan yang sudah berhasil terbit di IDN Times, nantinya tulisan ini dapat ditukarkan dengan poin disetiap event bulanan IDN Community. Akumulasi jumlah poin dan pembaca artikel ini lah yang bisa ditukarkan dengan sejumlah uang. Contohnya saja, untuk setiap 10 tulisan yang berhasil terbit setara dengan dengan 2500 poin atau Rp 250.000 rupiah. 

2. Mengisi survei online

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi mengisi survei (unsplash.com/Celpax)

Kalau cara yang satu ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan uang. Namun, effort yang dikeluarin juga gak seberapa besar kok, tenang aja. Adapun beberapa situs dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengisi survei online seperti ysense, id.toluna, nusasearch, opinionsworld dan masih banyak lagi.

Kebanyakan dari situs yang tersedia di internet ini menggunakan bahasa inggris ya, sehingga uang yang akan dihasilkan adalah dalam bentuk mata uang dolar. Jadi jangan lupa siapkan akun Paypal kamu! 

3. Manfaatkan skill kamu dan jadi freelancer sukses

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi work from home (Julia M Cameron)

Freelancer atau pekerja lepas adalah orang yang mengerjakan pekerjaan dari klien, tapi tidak terikat dengan kontrak jangka panjang. Untuk menjadi freelancer sebenanya cukup mudah tapi juga gak sembarangan, kamu butuh skill atau keahlian khusus yang benar-benar kamu kuasai. Misalnya desain gambar 3D dengan aplikasi AutoCAD atau mungkin keahlian membuat website, menjadi penerjemah dan lain sebagainya tergantung permintaan dari klien. 

Untuk menemukan pekerjaan freelance kamu dapat membuka beberapa situs terpercaya seperti Sribulancer, 99Design, Gobann Upwork, Fiverr, Freelancer dan lain-lain. Di sana nantinya berbagai klien dari seluruh dunia akan mengunggah penawaran pekerjaan, pilih pekerjaan yang sesuai dan harga sesuai dengan kualifikasimu. Selanjutnya kamu dapat mengirimkan resume dan lampiran tulisan alasan klien perlu mempekerjakanmu, usahakan tulis hal-hal yang membuatmu menonjol dibanding freelancer lain. 

Baca Juga: #IDN Yuk, Bantu Kesembuhan Indonesia dengan 5 Langkah Ini

4. Ikutan magang berbayar

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi magang di kantor(unsplash.com/Smartworkscoworking)

Magang atau internship jadi salah satu kegiatan yang bisa kamu ikuti saat di bangku kuliah. Di beberapa kampus pun, magang termasuk ke dalam mata kuliah lho. Jadi boleh banget dicoba, hitung-hitung memperkaya CV supaya lebih berkualitas.

Apalagi sejak setahun ke belakang terdapat program Kampus Merdeka dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, proses administrasi hingga pelaksanaan magang pun jadi lebih mudah. Program tersebut dapat kamu temukan di website kampus merdeka dari Kemdikbud. Di sana kamu akan menemukan berbagai perusahaan ternama yang membuka lowongan magang untuk mahasiswa di seluruh Indonesia, contohnya saja Telkom, Shopee, Kimia Farma, Unilever, Bank Mandiri dan masih banyak lagi. Tentu saja seleksinya gak mudah karena pesaingnya adalah mahasiswa di seluruh Indonesia, tapi gak ada salahnya kamu coba dulu deh! 

5. Mulai bisnis online

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi belanja online dari (unsplash.com/Laura Choutte)

Kalau cara yang satu ini, semua orang pastinya sudah tahu, yup mulai berbisnis online. Bagi kamu mahasiswa pastinya pernah dong mengikuti mata kuliah kewirausahaan dari kampus, dan sering kali tugasnya mewajibkan kamu membuat bisnis bareng teman-teman se-kelompok. Ide-ide bisnis yang sudah kamu jalankan sebenarnya bisa banget lho kamu lanjutkan. Selain sudah mengerti dengan jelas target pasar dan produknya, kamu juga dapat bimbingan langsung dari dosen pengampu mata kuliah tersebut. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini, orang-orang mulai beralih belanja menggunakan  sistem digital, entah e-commerce maupun media sosial. Bisnis kamu pastinya bakalan berjalan lebih mudah jika telah mengerti cara marketing yang tepat. Untuk membantu usaha kamu tetap berjalan, pemerintah juga telah menyalurkan bantuan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Jadi, manfaatkan peluang ini dengan sebaik mungkin ya! 

6. Ikut lomba dan kompetisi gratis

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi orang mengambil foto (Pexels.com/Sam Forson)

Buat kamu yang punya bakat-bakat terpendam, yuk jangan malu buat ikut lomba. Selain dapat hadiah dengan ikut lomba kamu juga bisa tahu sejauh mana kemampuanmu. Dalam skala nasional maupun internasional lomba dan kompetisi ini sudah banyak sekali tersedia. Mulai dari menulis karya ilmiah, fotografi, desain, menyanyi hingga lomba ide bisnis, semuanya ada. Apalagi di hari-hari nasional dan waktu festival kampus, pasti bakalan lebih banyak lomba yang bisa diikuti.

Kuncinya cuma satu, coba dulu siapa yang tahu kali ini rezekimu buat menang! Gak menang pun gak papa banget, karena kamu pastinya sudah memberikan usaha yang terbaik. Terapkan mindset kalau kekalahan ini bisa dijadikan feedback dan pelajaran buat lomba-lomba selanjutnya. 

7. Daftar jadi asisten dosen atau asisten laboratorium

7 Cara Survive Finansial di Masa PPKM, Cocok Buat Mahasiswa!Ilustrasi asisten lab (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Ini dia cara yang cocok dan efektif banget buat kamu para mahasiswa yang fokus ke akademik. Karena dijamin persyaratan akademiknya macam-macam, bisa jadi IPK, kemampuan mengoperasikan software tertentu, atau wawasan kamu mengenai mata kuliah terkait. Buat kamu yang berminat, mulai dari sekarang ayo makin aktif di kelas, supaya dosen mudah mengingat keberadaanmu.

Jangan lupa juga coba ikuti seleksi asisten laboratorium. Soalnya dijamin di akhir semester nanti kegiatanmu ini bakal diapresiasi kok, mulai dari sertifikat hingga uang biasanya akan diberikan oleh pihak kampus.

Melalui cara-cara di atas, sedikit-sedikit kamu pasti bisa bantu keluarga untuk survive secara finansial. Terlebih kegiatan-kegiatan ini dapat kamu lakukan dari rumah secara online, jadi #IndonesiaPulih bisa terwujud lebih cepat. Namun apabila dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di atas kamu terpaksa berada di luar rumah, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.

Apa pun keadaanmu sekarang, usahakan selalu memiliki mindset yang positif, serta yakin semua ini akan berlalu dan ada hikmah yang bisa diambil. Bersama-sama kita pasti bisa melalui pandemik ini. Jangan pernah merasa tidak adil dengan orang-orang diluar sana yang acuh dengan aturan yang berlaku. Dimulai dari diri sendiri, #IndonesiaPulih pasti akan datang. Jangan patah semangat ya!

Baca Juga: #IDN 5 Langkah Bijak Hadapi Pandemik yang Tak Kunjung Berakhir

Andriana Rahayu Photo Verified Writer Andriana Rahayu

Penikmat K-pop terutama Day6, pecinta film, anime, dan astronomi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya