Comscore Tracker

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!

Tidak peduli penilaian orang lain dan bersyukur yang dipunya

Parameter bahagianya seseorang adalah ketika ia mampu menikmati hidupnya. Kenyataan hidup kita berdampingan dengan manusia lainnya tak jarang menjadi penyebab sulit menikmati hidup, karena terus membandingkan yang dimiliki orang lain dan selalu memikirkan sudut pandang orang lain. Terlebih di zaman saat ini di mana kita memiliki banyak 'jendela' untuk melihat yang membuat sulit memaknai rasa cukup. 

Lalu, apa aja, sih? Tanda tanda seseorang sudah menikmati hidupnya, simak poin-poin berikut!

1. Tidak tertarik dengan hidup orang lain  

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!Ilustrasi wanita dan pekerjaannya (Pexels.com/Ana Nekrasevich)

Tertarik menjadi orang lain adalah salah satu sumber kamu tidak bisa bersyukur, merasa iri, insecure dengan kehidupan orang lain membuatmu sulit untuk menikmati hidup.

Berkutat pada kekurangan tanpa menoleh kelebihan yang dipunya akan membuatmu melupakan hal kecil sampai hal besar yang sudah kamu capai, selalu berusaha menyamai bahkan mengalahkan. Dengan demikian, hidupmu akan sulit untuk tenang. 

2. Sibuk dalam urusan atau pekerjaannya

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!Ilustrasi seseorang bekerja (Pexels.com/Ketut Subianto)

Untuk bahagia dan menikmati hidup kita perlu mengupayakan agar waktu kita terpakai dengan baik dan sesuatu yang disenangi, sehingga tidak punya waktu untuk dongkol pada keadaan dan dapat bersyukur dengan apa yang ada yang sedang dijalani.

Maka, penting sekali mencari sesuatu yang sesuai dengan kesenanganmu agar nyaman dan terasa nikmat. 

Baca Juga: 7 Sikap Rendah Diri yang Patut Dihindari, Biar Lebih Menikmati Hidup

3. Tidak mempermasalahkan penilaian orang lain

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!Ilustrasi wanita melukis (Pexels.com/Ana Sverts)

Ketika kamu fokus pada dirimu melakukan yang terbaik versi diri sendiri, maka kamu akan menikmati hidup, karena terkadang sumber dari gelisah, bimbang, dan cemas karena kita lalu mengkhawatirkan apa yang dikatakan orang lain. 

4. Selalu bersyukur dan merasa cukup atas apa yang dipunya dan didapat 

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!Ilustrasi bersyukur (Pexels.com/Monstera)

Kunci dari menikmati hidup adalah selalu bersyukur atas apa yang dipunya, ikhlas menerima kenyataan, orang yang merasa cukup tidak akan memaksaan sesuatu yang di luar kemampuan, ketika ikhlas akan terhindar dari dengki dengan milik orang lain. 

Sekecil apa pun yang didapat akan terasa bermakna ketika ketika kita bersyukur. Sebesar apa pun harta kekayaan yang kamu punya 

5. Selalu ingin berbagi dan berbuat kebaikan

5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!Ilustrasi berbagai (Pexels.com/Rodnae Productions)

Seseorang yang menikmati hidupnya merasa cukup dengan yang dimiliki, ketika untuk dirinya merasa cukup, maka ia akan berusaha selalu berbuat kebaikan bagi orang lain seperti berbagi, membantu.

Hal itu dilakukan karena ia dengan urusan dirinya sudah selesai, sehingga berbuat kebaikan kepada orang lain menjadi pilihan selanjutnya. 

Ketika kamu ingin damai dan menikmati hidup, pastikan kamu memperhatikan dan melakukan lima hal di atas. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Menikmati Hidup, Gak Kepo dengan Urusan Orang Lain

Aneu Rizky Yuliana Photo Verified Writer Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya