Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihan

#IDNTimesLife Bisa bikin kamu sendiri insecure, lho!

Siapa, sih yang gak senang mendapatkan pujian dari orang lain? Tentu kamu sendiri juga bakal merasa bahagia jika ada yang menyanjungmu, dong. Asal pujian yang diberikan itu gak berlebihan, ya. Karena sejatinya segala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus, meskipun niat sebenarnya baik.

                                                                           Kok bisa, sih? Nah, berikut lima dampak buruk terlalu berlebihan dalam memuji seseorang. Renungkan dulu, ya karena bisa jadi efeknya buruk bagimu juga, lho. 

1. Membuat orang yang dipuji jadi besar kepala dan takabur sama dirinya sendiri

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihanilustrasi persahabatan (pexels.com/SHVETS production)

Padahal apa yang dia lakukan itu termasuk tindakan wajar. Misalnya, nih kamu tahu temanmu ini selalu membuang sampah pada tempatnya. Bahkan jika dia tidak menemukan tempat sampah di sekitarnya, bungkus makanan itu bakal dibawa lagi sampai ketemu tempat sampah. Melihat tindakannya itu, kamu pun dibuat kagum.

Alhasil pujian yang bertubi-tubi meluncur begitu saja dari mulutmu. Bahkan kejadian ini sampai kamu beberkan ke teman-teman yang lain. Otomatis dia jadi dikenal sebagai orang yang cinta kebersihan dan patut dicontoh. Wah, kalau gak kuat iman temanmu ini bisa besar kepala dan takabur sama dirinya sendiri, lho. 

2. Pujianmu bisa saja diterima negatif oleh orang lain, dan membuat mereka risi

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihanilustrasi persahabatan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Meski niatmu baik, tapi ternyata gak semua orang suka dipuji, lho. Ada juga yang malah merasa kurang nyaman atau risi mendengar sanjungan darimu yang berlebihan itu. Apalagi yang kamu soroti sudah gak sesuai fakta. Alias dibesar-besarkan.

Dia gak mau orang yang mendengar sanjunganmu tentangnya ini jadi salah paham. Mengira dia melakukan kebaikan demi mendapatkan pujian semata. Makanya, hati-hati kalau mau memberikan penghargaan ke orang, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri Rendah, Gak Bisa Terima Pujian

3. Lama-lama kamu bakal merasa insecure dan mulai membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihanilustrasi persahabatan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kebiasaan suka melebih-lebihkan kebaikan orang lain, lama-lama bisa membuat kamu rendah diri, lho. Mulai, deh kamu membandingkan keadaan dirimu dengan dia. Karena bagimu kemampuanmu ini belum seberapa bila dibandingkan dengannya.

Bahkan mau sekeras apa pun kamu berusaha, tetap sulit untuk dapat menyamainya. Padahal sebenarnya masing-masing dari kalian punya kelebihan, lho. Kalau kamu terus fokus ke orang lain, justru dirimu sendiri jadi benar-benar terabaikan.

4. Beberapa orang akan menganggapmu sedang 'menjilat' mereka, lho!

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihanilustrasi persahabatan (pexels.com/Amina Filkins)

Parahnya lagi, ada saja orang yang menilai buruk niat baikmu ini. Bukannya berterima kasih sudah diberikan pujian yang begitu tinggi, eh mereka malah beranggapan kamu hanya sedang 'menjilat'. Pikirnya, pasti ada udang di balik batu, nih. Kamu menyanjung karena memang ada maunya.

Bukan sepenuhnya salah mereka, sih sampai punya pemikiran semacam itu. Ini akibat dari sikapmu yang memberinya pujian secara berlebihan, sih. Makanya, kalau memang niat menyanjung, ya sewajarnya saja biar gak bikin salah paham begini. 

5. Kamu jadi lebih fokus memperhatikan orang lain ketimbang dirimu sendiri

5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihanilustrasi persahabatan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Bagimu, memberikan pujian adalah cara terbaik untuk menunjukkan perhatian ke orang-orang terdekatmu. Sampai pada akhirnya kamu lupa memperhatikan dirimu sendiri. Daripada sibuk mengagumi prestasi orang lain, bukannya lebih baik kamu mencoba mencetak pencapaian serupa, ya? Jangan puas dengan hanya berada di bangku penonton saja, dong.

Percaya kan sekarang kalau segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Termasuk dalam hal memberikan pujian. At least, selain memuji secukupnya kamu bisa menjadikan kelebihan orang itu sebagai pemicu semangatmu. Supaya bisa melakukan tindakan serupa. Siapa tahu nanti gantian kamu yang mendapatkan pujian.

Baca Juga: 5 Karakter Ini Hanya Melekat pada Orang yang Gak Haus Pujian 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya