Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMA

Karena masih terlalu dini buat cari jodoh

Tak sedikit orang setuju kalau masa SMA adalah masa-masa paling indah dan penuh kenangan. Salah satunya karena pada saat berstatus sebagai siswa putih abu-abu, di kala itu pula seseorang memasuki masa transisi dari anak-anak ke remaja. Gak mengherankan, jika masa SMA sekaligus jadi ajang memadu kasih alias cinta-cintaan.

Gonta-ganti pacar ketika duduk di bangku SMA sepertinya dianggap lumrah. Sampai ada pula segelintir orang yang merasa makin keren kalau punya pacar, yang entah itu satu atau berbeda sekolah.

Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang memilih sendiri saja dulu sewaktu SMA. Bukan karena gak laku atau tidak ada yang naksir lho ya, namun ini semata-mata demi lebih fokus pada tujuan utama sebagai pelajar saja.

Nah, kalau kamu termasuk kaum jomblo putih abu-abu, gak perlu sedih apalagi minder karena 5 hal positif berikut bakal didapat dan patut untuk kamu syukuri.

1. Punya banyak teman

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMAUnsplash/ Eliott Reyna

Tak terikat hubungan pacaran dengan siapapun, tentu membuatmu bebas berteman dengan siapa saja. Baik itu berkawan dengan teman sesama jenis maupun yang berlawanan, tanpa harus was-was kalau ada yang cemburu. Sehingga gak heran kalau kamu termasuk orang yang memiliki banyak teman.

Selain itu, lingkup pergaulanmu juga bakal semakin luas, lho.

2. Dekat dengan keluarga

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMAUnsplash/Dan Gold

Selain teman yang banyak di mana- mana, memilih sendiri tanpa pacaran saat SMA juga bakal mendekatkanmu dengan keluarga. Bagaimana tidak, saat ada waktu luang dan gak ada kegiatan di luar rumah seperti les atau eskul, kamu lebih memilih tinggal di rumah. Komunikasi dengan orangtua dan saudara tentu bakal menjadi lebih hangat. Kalau ada masalah apapun, kamu jadi gak segan-segan buat mencurahkannya ke orangtua atau kakak-kakakmu.

Baca Juga: 10 Status Anak Kecil Pacaran Ini Bikin Jomblo Geleng-geleng Kepala!

3. Lebih fokus pada pendidikan

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMAUnsplash/ Ben White

Percaya deh, ketika punya pacar sedikit banyak kamu bakal mengalami yang namanya drama. Entah karena rasa cemburu atau masalah-masalah lain yang kerap menghampiri sepasang kekasih di usia remaja seperti sekarang ini.

Sementara jika kamu memilih berstatus jomblo, tentu persoalan-persoalan tentang percintaan itu gak bakal mengganggu hidupmu. Kamu pun jadi lebih fokus pada pendidikan yang tengah ditempuh.

Ketika teman-teman lain larut dalam cinta monyet, kamu justru sudah mantap akan lanjut kuliah di mana dan ambil jurusan apa setelah lulus nanti. Keren deh!

4. Hidupmu jauh dari drama percintaan

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMAUnsplash/ Thought Catalog

Sama halnya dengan yang disebut pada awal poin sebelumnya, berstatus jomblo otomatis menjauhkan kehidupanmu dari yang namanya drama. Pasti ada kan satu-dua orang teman yang sering curhat ke kamu soal masalah asmaranya. Terkadang, mereka datang sambil mewek. Belum lagi ketika putus cinta, mendadak dunia serasa gak ada artinya lagi alias jadi sedih berlarut-larut dan meratapi nasib.

Percaya deh, itu gak asik sama sekali. Ya, memang sih gak semua hubungan pacaran akan berujung air mata. Tapi, daripada ambil risiko dengan mengurus masalah cinta-cintaan, mending fokus dulu saja sama masa depan dan perbanyak teman. Setuju?

5. Prestasimu akan lebih cemerlang

5 Hal yang Patut Kamu Syukuri Ketika Memilih Jomblo Saat SMAUnsplash/Matthew_T_Rader

Tak terlibat dengan hubungan asmara membuatmu punya banyak waktu untuk fokus pada tanggung jawab sebagai seorang siswa SMA. Tentu saja itu adalah belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal. Selain memperoleh nilai memuaskan dalam semua mata pelajaran di sekolah, kamu juga bisa mengembangkan bakat yang dimiliki lewat jalur non akademis, seperti eskul atau kursus.

Percaya deh, kemampuan yang kamu asah sejak dini akan bermanfaat buatmu di kemudian hari. Siapa tahu kan dari hobi menggambar kamu bisa jadi komikus atau ilustrator nantinya.

Pacaran saat duduk di bangku SMA bukannya tidak boleh. Namun sebelum memutuskan memiliki kekasih, ada baiknya kamu pertimbangkan dulu risikonya. Selama kamu dan dia bisa berkomitmen untuk saling mendukung dan mengutamakan pendidikan, tentu masa pacaran bisa berjalan menyenangkan dan minim drama.

Namun sebaliknya, jika mempunyai kekasih hanya akan menghambatmu untuk mengembangkan diri, menjadi jomblo bukanlah keputusan yang memalukan kok. Terpenting, kamu harus bisa berkomitmen dengan pilihan yang telah diambil.

Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Jomblo

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya