Comscore Tracker

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas Dirimu

#GoodLife Percayalah, kamu juga punya kesempatan yang sama!

Selepas menyelesaikan masa belajar di bangku SMA, kita pasti dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu, melanjutkan menuntut ilmu ke Universitas atau mencoba peruntungan di dunia kerja. Bila sudah punya rencana mau masuk kampus mana, siapapun pasti akan mati-matian memperjuangkan almamater idamannya. Sebaliknya, ada juga beberapa orang yang memilih menyudahi masa study-nya, cukup 12 tahun aja. 

Banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang gak meneruskan langkahnya, sebagai mahasiswa. Di antaranya, bisa karena masalah ekonomi keluarga atau memang ingin segera memiliki pekerjaan.

Nah, buatmu yang kebetulan memilih lepas dari pendidikan formal setelah lulus SMA, gak perlu berkecil hati ya. Karena nyatanya ilmu bisa didapatkan dengan berbagai cara, kok. Seperti dengan melakukan 5 kegiatan positif berikut ini.

1. Mengambil kelas kursus

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas DirimuUnsplash/Maarten van den Heuvel

Walaupun gak merubah status diri dari siswa menjadi mahasiswa, bukan berarti kamu berhenti belajar, ya. Ambillah satu atau dua macam kursus demi mengasah kemampuanmu. Misalnya, kursus menjahit atau memasak. Tak menutup kemungkinan, lho nantinya dirimu bisa membuka jasa jahit atau katering sendiri. 

2. Kerja part time

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas DirimuUnsplash/ Nathan Dumlao

Daripada langsung mencari kerja full time, lebih baik kamu mulai sebagai pekerja paruh waktu terlebih dahulu. Meskipun penghasilan yang didapat belum bisa dibilang cukup, tapi di sisi lain kau jadi punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas positif yang lainnya.

3. Gabung ke komunitas

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas DirimuUnsplash/William White

Tentunya kamu tahu dong, minat dan bakatmu cenderung condong kemana. Nah, cobalah kembangkan kemampuan itu dengan gabung ke komunitas yang bisa mendukungmu untuk mengasah talenta yang dimiliki. Bila kamu suka main alat musik, bisa join sama komunitas pecinta musik atau iseng-iseng buat group band bareng kawan-kawanmu yang punya minat serupa. Selain seru dan menambah wawasan, kamu juga bakal punya banyak teman.

Baca Juga: 5 Aktivitas Positif yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Masuk Perguruan Tinggi

4. Sesekali ikut kegiatan sosial

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas DirimuUnsplash/ rawpixel

Jika para mahasiswa kerap kali mengadakan penggalangan dana untuk amal, kamu juga bisa melakukan kebaikan yang sama. Coba deh sesekali ikut jadi relawan untuk kemanusiaan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan akan lebih bersyukur atas apa yang kau miliki sekarang. Bisa membantu sesama itu menyenangkan sekali, lho.

5. Merintis usaha sendiri

Meski Gak Kuliah, 5 Kegiatan Positif ini Bisa Menambah Kualitas DirimuUnsplash/ Roman Kraft

Bagimu yang memang punya cita-cita jadi pebisnis muda, inilah saatnya. Setelah digembleng dengan mengambil kursus, pengalaman kerja part time juga bertemu banyak karakter orang, melalui komunitas dan kegiatan sosial kamu merasa mantab untuk membuka usaha sendiri.

Gak perlu muluk-muluk dengan biaya yang fantastis. Mulai aja dulu, sesuai kemampuan dan dana yang ada. Ingat, semua usaha yang besar pasti berawal dari bawah, kok. Terpenting, adalah tetap tekun, jangan mudah putus asa ketika menemui kegagalan dan tak lupa dibarengi dengan doa.

Gimana, sekarang makin mantap kan buat menjalani pilihanmu untuk gak lanjut kuliah? Apa pun itu kepetusannya, yakinlah bahwa selalu ada jalan untuk menjadi lebih baik.

Bergelar sarjana atau bukan setiap orang punya kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Tergantung dari pribadi masing-masing tentunya, kalau kata orang bijak, "Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil". Jadi, semangat ya!

Baca Juga: 7 Kualitas Diri Ini Akan Kamu Peroleh Kalau Merantau

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya