Comscore Tracker

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosip

Banyak ruginya deh

Teman-teman di sekelilingmu tentu punya karakter, sifat, dan kepribadiannya masing-masing. Ada yang pendiam, super cerewet, kepo, sensitif, galak, sampai doyan bergunjing tentang orang lain, alias gemar bergosip. Nah, tipe yang terakhir ini sebaiknya kamu waspadai, kalau bisa jaga jarak deh sama dia.

Sebab, dekat dengan teman yang hobi bergosip, ternyata bisa membawa dampak negatif buatmu, lho. Makanya kamu perlu tahu lima sebab berikut, kenapa baiknya kamu menjauhi teman yang jadi biang gosip.

1. Membuang waktu untuk membahas yang gak perlu

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosipunsplash/ Priscilla Du Preez

Ngobrol bersama si biang gosip, tentu pokok pembicaraannya gak akan lepas dari membahas kehidupan atau masalah pribadi orang lain. Bagi dia, selalu ada saja gosip baru yang enak untuk digunjingkan. Terlepas dari berita itu benar atau tidak, dia seakan gak peduli dan terus saja mencecarmu dengan berbagai macam gosip. Kalau dipikir-pikir itu hanya buang-buang waktu saja, lho. 

2. Rahasiamu gak bakal aman di tangannya

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosipunsplash/ Ben White

Hati-hati kalau membicarakan tentang masalah pribadi ke teman yang senang bergosip. Sebab rahasiamu itu gak bakal aman di tangannya. Di samping itu, dia juga akan mengorek informasi sebanyak-banyaknya darimu. Semakin masalahmu terlihat rumit, dia justru semakin bersemangat mendengarkannya. Bukan karena peduli, tapi selalu ada niat tersembunyi di balik itu. 

3. Meskipun kalian dekat, bukan jaminan kamu gak bakal jadi bahan ghibah-nya juga

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosipunsplash/Trung Thanh

Mau tau maksud tersembunyinya itu apa? Yap, tak lain dan tak bukan adalah akan menjadikan ceritamu itu sebagai bahan gosip selanjutnya. Bahkan jika dirasa kurang menarik, dia gak segan-segan menambahi karangan fiktif agar terdengar lebih greget. Duh, kalau sudah begitu bisa jadi fitnah, lho. Orang lain yang gak mengenalmu secara personal, akan berpikiran kurang baik akibat mendengar gosip dari temanmu ini.

Baca Juga: 5 Zodiak Terindikasi Sebagai Tukang Gosip, Kamu Bukan Nih?

4.Percaya atau gak, kebiasaan bergosip bisa bikin kamu ketagihan

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosipunsplash/ Trung Thanh

Tidak dipungkiri, kalau yang namanya bergosip itu bisa bikin ketagihan. Bagaimana tidak, dengan membicarakan orang lain, kamu jadi bebas mengomentari dan menghakimi mereka semena-mena. Selain itu, kamu juga bakal merasa lebih baik dari orang yang kamu gosipkan itu. Tak jarang kamu akan dengan mudah menilai orang lain buruk, tanpa cari tahu dulu kebenarannya. Sementara temanmu senang-senang saja dong, karena dapat partner ghibah yang seru, yaitu kamu. 

5. Kamu jadi suka mencari-cari keburukan orang lain dan lupa introspeksi diri

5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosipunsplash/ Alicia Steels

Buntut dari kecanduan bergosip adalah, kamu jadi suka mencari-cari kesalahan serta kekurangan orang lain untuk dijadikan bahan bergosip. Dengan begitu, kamu akan terbiasa melihat segala sesuatu dari sudut pandang negatif. Kamu jadi gak bisa menghargai orang lain, dan kebaikan yang mereka punya. Terpenting kamu bisa dapat bahan untuk dibahas bersama temanmu, si biang gosip itu.

Sekarang coba renungkan, apakah kamu mau jadi korban gosip yang tidak benar? Bayangkan orang yang kalian gosipkan itu, dia pasti jadi satu-satunya orang yang dirugikan, lho.

Seharusnya, setelah baca artikel barusan kamu jadi semakin mantap untuk bisa lepas dari pengaruh buruk temanmu itu. Sekarang pilihan ada di tanganmu, pikirkan dan putuskan dengan bijak, ya. 

Baca Juga: 6 Kerugian yang Akan Kamu Dapat Jika Gemar Bergosip

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You