Comscore Tracker

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lain

Ibarat air tenang yang menghanyutkan~

Di kehidupan sehari-hari, kamu pasti bertemu banyak karakter orang yang beraneka ragam. Salah satunya, seseorang yang punya sifat pendiam atau gak banyak bicara. Ketika orang-orang di sekitarnya asik melempar candaan, atau mengobrolkan banyak hal, dia masih saja betah diam dan irit kata. 

Terkadang kehadirannya sampai gak terasa, saking pasifnya bersosialisasi. Namun demikian, gak selamanya orang yang memiliki sifat pendiam ini, punya sikap yang negatif lho. Walaupun terlihat cuek dan anti sosial, kenyataannya banyak sisi positif yang sering kali diabaikan oleh orang lain. Seperti enam di antaranya berikut ini nih.

1.Tepat dalam menganalisa suatu masalah

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Lucrezia Carnelos

Orang pendiam lebih suka mengamati sesuatu di dalam hati dan pikirannya. Dia gak benar-benar cuek, meskipun terkadang terlihat tidak memperhatikan. Memang untuk beberapa hal yang dianggap tidak menarik, dia akan mengabaikannya. Namun jika sebaliknya, dia akan berusaha menganalisa dengan cermat dan saksama. Sampai mendapatkan solusi yang pada akhirnya akan dikemukakan bila diperlukan.

2. Gak mudah dibohongi apalagi dimanfaatkan

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Toa Heftiba

Berkat keahliannya menganalisa masalah dengan cermat, tenang dan hati-hati, maka tipe orang seperti ini akan sulit untuk dipengaruhi. Apalagi sampai dibohongi dan dimanfaatkan. Walaupun kelihatan lemah dan gak sanggup melawan, namun jangan salah,dia gak akan ragu untuk mengambil jarak ketika bertemu orang yang punya niatan buruk kepadanya.  

3. Biasanya mereka termasuk kategori orang yang pintar

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Zhong Liguo

Tentu saja, kebanyakan orang pendiam justru memiliki otak yang cerdas. Seperti peribahasa yang mengatakan, "Tong kosong nyaring bunyinya", orang yang banyak cakap biasanya menunjukkan kalau dia kurang pintar. Sebaliknya, orang yang banyak diam adalah orang yang pintar. Untuk menunjukkan kepintarannya ini, dia gak perlu banyak bicara dan lebih memilih melakukan tindakan nyata yang berguna.

Baca Juga: 7 Tipe Karakter Unik Pegawai Saat Sedang ‘Debat Santai’ di Kantor

4. Si pendiam ini memang punya sedikit teman. Tapi, persahabat mereka benar-benar berkualitas

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Seth Doyle

Tak banyak bicara, dan kerap dipandang sebagai seorang anti sosial, membuat si pendiam ini cuma memiliki beberapa teman dekat saja. Akan tetapi walau jumlahnya tak banyak, persahabatan mereka bisa dikatakan solid dan tulus. Orang yang pendiam, gak akan sembarangan menerima orang lain masuk ke lingkup pertemanannya. Hanya orang-orang yang dianggapnya baik, bisa saling menerima kondisi masing-masing, dan tulus mau berkawan saja yang bisa menjadi teman dekatnya. 

5. Tentu saja mereka adalah pendengar yang baik

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Roberto Nickson

Pernahkah kamu mencoba curhat pada seorang teman yang pendiam? Jika iya, tentu saja kamu akan merasa benar-benar didengarkan. Terkadang, di saat kamu tengah menghadapi satu masalah yang menyita pikiran, berkeluh kesah adalah cara paling ampuh untuk membuat batinmu lebih tenang. Apalagi jika orang yang diajak bicara tersebut, mau mendengarkanmu dengan sabar. 

Makanya gak heran, kalau kamu bakal balik lagi padanya ketika butuh seseorang untuk mendengarkan curhatanmu.

6. Sekalinya bicara, perkataannya sangat berbobot alias gak sekedar basa-basi

6 Kelebihan si Pendiam yang Justru Jarang Disadari Orang Lainunsplash.com/Priscilla Du Preez

Punya sifat pendiam, bukan berarti dia membisu selamanya. Suaranya bakal muncul di saat-saat yang tepat. Ditambah lagi, apa yang dia katakan itu selalu singkat, padat, jelas, dan penting. Dia gak akan banyak bicara panjang lebar, atau sekedar berbasa-basi, namun langsung menuju pada intinya. Sehingga siapa pun yang mendengarnya akan langsung paham apa maksud yang akan disampaikan, tanpa harus buang-buang waktu untuk pembicaraan yang gak perlu.

Tiap orang tumbuh dengan karakter dan sifatnya masing-masing. Sangat tidak bijak bila kita terlalu gegabah menilai seseorang, dari apa yang nampak di hadapan mata saja. Siapa tahu, di balik sikapnya yang dianggap kurang menarik itu, tersimpan potensi yang luar biasa. 

Baca Juga: Tak Harus Menawan, 6 Karakter Perempuan yang Jadi Tipe Idaman Pria

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya